Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mengapa Jangan Tergantung pada Pendapatan Tunggal?

Kebutuhan hidup terus meningkat setiap harinya dan semakin membutuhkan banyak biaya. Namun Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang. Bisa saja perusahaan tempat Anda bekerja tiba-tiba bangkrut dan Anda dipecat dari pekerjaan. Jika sudah demikian, bagaimana Anda bisa menutup semua pengeluaran untuk hidup?

Itulah mengapa Anda tidak boleh mengambil resiko dengan hanya bergantung pada satu sumber pendapatan saja. Saat kondisi ekonomi sedang memburuk, akan sulit bagi Anda untuk bertahan.

Tidak peduli apakah Anda karyawan atau menjalankan bisnis Anda sendiri, Anda harus punya sumber pendapatan lain. Semua hal bisa terjadi. Bisnis yang Anda bangun bisa saja runtuh secara tiba-tiba.

Ada banyak alasan mengapa Anda tidak boleh menggantungkan diri pada satu jenis sumber pendapatan saja. Anda harus mulai membangun banyak sumber pendapatan pasif untuk diri Anda sendiri sehingga Anda bisa meningkatkan jumlah pendapatan Anda.

  • Sulit membangun kekayaan

 Anda mungkin bisa mencukupi kebutuhan keluarga dengan gaji yang Anda dapatkan. Namun akan sulit bagi Anda untuk menjadi kaya. Para miliuner setidaknya memiliki 6 sumber pendapatan yang berbeda. Tentu saja Anda bisa menjadi kaya hanya dengan satu sumber pendapatan saja, namun hal itu sangat langka, sulit, dan seringkali tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup.

  • Terlalu beresiko

Resiko finansial yang harus Anda tanggung saat Anda kehilangan satu-satunya sumber pendapatan Anda sangatlah besar. Di saat yang bersamaan, Anda tidak memiliki kendali yang kuat atas perekonomian Anda sendiri. Dengan memiliki banyak sumber pendapatan, resiko yang harus Anda tanggung akan semakin ringan dan Anda memiliki kendali lebih besar pada perekonomian Anda sendiri.

Anda pasti menyadari bahwa Anda tidak memiliki kendali atas pekerjaan Anda sekarang dan berapa gaji yang Anda terima. Anda hanya menggantungkan diri pada perusahaan yang bisa bangkrut dan memecat Anda kapan saja.

Hal ini berarti bahwa Anda juga tidak memiliki kendali atas keputusan-keputusan penting seperti harus mendaftarkan anak Anda sekolah di mana. Pendapatan Anda-lah yang memutuskan semua itu untuk Anda.

  • Jaminan pekerjaan adalah jebakan

Tidak ada yang menjamin keamanan dan keberlangsungan Anda sebagai karyawan, terlebih lagi jika perekonomian sedang sulit. Setiap karyawan memiliki ketakutan bahwa mereka bisa dipecat sewaktu-waktu.

Kekhawatiran semacam ini tentu akan berkurang jika Anda memiliki lebih dari satu sumber penghasilan untuk hidup. Saat Anda kehilangan pekerjaan, Anda masih punya sumber pendapatan lain untuk bersandar.

Anda bisa mengendalikan hidup Anda dengan lebih baik, memberikan Anda kesempatan untuk memilih kehidupan seperti apa yang Anda inginkan, kebutuhan penting apa yang harus Anda dahulukan dan yang terpenting, Anda bisa bekerja dengan sebaik mungkin tanpa takut memikirkan bagaimana nasib Anda jika dipecat suatu saat nanti.

  • Tidak mampu mencukupi kebutuhan

Singkatnya, bergantung hanya pada satu sumber pendapatan saja tidak akan cukup untuk Anda dan keluarga. Banyak hal tidak terduga yang mungkin terjadi seperti kecelakaan hebat, penyakit yang serius, bencana alam yang membuat Anda harus pindah ke luar kota dalam waktu lama, dan masih banyak lagi.

Pada keadaan di mana Anda membutuhkan banyak uang seperti itu, Anda tidak punya banyak pilihan kecuali meminjam uang dalam jumlah besar. Hal tersebut akan menimbulkan permasalahan baru: bagaimana Anda bisa melunasi hutang dan bagaimana Anda bisa menghidupi keluarga dengan jumlah uang yang sedikit itu?

Anda mungkin bisa mendapatkan pekerjaan baru, Namun tanggung jawab Anda bertambah karena Anda harus membayar hutang. Tekanan seperti ini bisa menyebabkan stress pada diri Anda dan berpengaruh pada kinerja Anda di kantor.

  • Tidak dapat mencoba hal baru dalam hidup

Menghabiskan hidup hanya dengan satu pekerjaan mungkin terdengar sangat membosankan, apalagi jika Anda adalah orang yang berjiwa bebas. Terkadang Anda ingin mencoba pengalaman baru di tempat lain dan keluar dari pekerjaan Anda. Tentu saja Anda berharap pekerjaan baru ini akan mendatangkan penghasilan yang lebih besar.

Tetapi resiko itu terlalu besar jika Anda hanya bergantung pada pekerjaan Anda untuk biaya hidup. Pada akhirnya, mau tidak mau Anda harus bertahan dengan pekerjaan yang tidak Anda sukai. Kasusnya akan berbeda jika Anda punya pendapatan lain yang bisa menyokong biaya hidup Anda dan keluarga.

Dengan uang cadangan yang Anda miliki, Anda bisa mencari pekerjaan baru yang sesuai dengan minat dan bakat yang Anda miliki.

  • Kebutuhan sampingan sulit terpenuhi

Dalam hidup, Anda tidak bisa hanya membayar tagihan, cicilan, dan biaya-biaya lain yang sifatnya mendasar. Anda juga perlu bersenang-senang dan membahagiakan diri. Berlibur bersama keluarga adalah kegiatan yang tidak bisa Anda sepelekan.

Hal tersebut nyaris mustahil rasanya jika pendapatan Anda terbatas dan banyak kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Jangankan pergi berlibur, gaji Anda mungkin tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sampingan. Meski sifatnya tidak wajib, namun banyak kebutuhan sampingan yang harus Anda perhatikan untuk mengurangi stress dan tekanan dalam hidup Anda.

Membuat Sumber Pendapatan Lain

Hal apa yang harus Anda lakukan agar Anda memiliki sumber pendapatan lain? Banyak usaha sampingan yang bisa Anda bangun seperti menjual barang-barang secara online, menyewakan kamar di rumah atau apartemen Anda, membuat bisnis kecil-kecilan, menulis blog niche, dan lain sebagainya.

Pekerjaan sampingan sifatnya lebih fleksibel dan seharusnya tidak memberi banyak tekanan bagi Anda. Akan lebih baik jika pekerjaan sampingan yang Anda lakukan sekaligus untuk menyalurkan hobi dan mengurangi stress akibat pekerjaan utama Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang alasan mengapa jangan tergantung pada pendapatan tunggal, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



7 Kebiasaan ini Akan Membuatmu Jadi Milyuner
9 Tips Keuangan untuk Keluarga Kecil Berbahagia
Menjalani Hidup Sesuai Kemampuan Finansial Kita
Persiapan Bila Usaha Mengalami Bencana Alam
Tips Ibu Rumah Tangga Jepang dalam Menyimpan Uang
Cara Mengembangkan Kecakapan Finansial
Dasar-Dasar Keuangan Pribadi (Personal Finance)
Ide Resolusi Finansial Tahun 2019
Tip Menyiapkan Pendidikan Anak
10 Kesalahan Mengatur Keuangan Pribadi yang Harus Dihindari


Bagikan Ke Teman Anda