Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Tambahan?

Dalam hidup, ada saat dimana kondisi keuangan Anda memburuk. Jika sudah begini, banyak kebutuhan yang tidak terpenuhi, bahkan beberapa kebutuhan yang penting dan mendasar karena uang yang terlalu sedikit.

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam kondisi ekonomi sulit adalah memangkas pengeluaran yang dianggap tidak perlu, setidaknya sampai kondisi ekonomi kembali membaik.

Setelah semua cara sudah dilakukan namun masih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, tidak ada pilihan lain bagi Anda selain mencari pendapatan tambahan. Uang yang dihasilkan dari pekerjaan sampingan akan membantu Anda mencicil hutang, membayar tagihan, bahkan menabung.

Tidak perlu sesuatu yang rumit, Anda bisa mendapatkan uang tambahan dari pekerjaan-pekerjaan yang sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahkan beberapa diantaranya mungkin tidak pernah terbersit di pikiran Anda.

Ini dia cara mudah mendapatkan uang tambahan di tengah sulitnya ekonomi Anda.

1. Menyediakan jasa iklan

Anda pasti sering melihat mobil-mobil di jalan yang dibungkus oleh berbagai macam iklan. Tidak semua iklan yang dipajang di mobil adalah dijalankan oleh pemiliknya sendiri.

Bahkan sebagian besar dari mereka hanya menyewakan mobilnya untuk ditempeli iklan. Tentu saja mereka mendapatkan bayaran karena telah ikut mempromosikan produk atau usaha tertentu. Sangat mudah bukan?

Tarif iklan yang Anda dapatkan tergantung tempat di mana Anda tinggal dan berapa banyak pengiklan berani membayar Anda. Semakin jauh Anda bepergian, semakin besar kota tempat Anda tinggal, maka bayaran Anda akan semakin besar.

2. Menjual kerajinan

Seni kerajinan tangan selalu mendapat tempat di hati konsumen. Terlebih lagi jika Anda adalah orang kreatif yang bisa membuat kerajinan sendiri. Manfaatkan kreativitas Anda untuk membuat karya yang unik untuk dijual nantinya.

Sebagai langkah awal, Anda bisa menjual kepada keluarga, teman, dan saudara. Anda juga bisa memasarkan produk Anda dengan mudah melalui internet. Anda bisa menghasilkan uang tanpa harus mengeluarkan modal besar.

3. Lakukan kerja freelance

Menjadi pekerja lepas bisa mendatangkan uang tambahan yang tidak terduga. Anda bisa melakukan semua jenis pekerjaan, tidak selalu harus sesuai dengan keahlian Anda. Tawarkan kemampuan Anda melalui berbagai jenis website freelancer yang mudah ditemukan. Jika Anda berhasil, Anda bisa menjadikan freelancing sebagai pekerjaan tetap.

4. Menjadi fotografer lepas

Beruntunglah jika Anda mempunyai hobi atau keahlian seperti fotografi. Anda bisa menjual semua hasil jepretan Anda di berbagai situs seperti Shutterstock atau Fotolia.

Apabila foto Anda berseni tinggi, pasti aka nada orang yang bersedia membayar untuk foto Anda. Selain itu Anda juga bisa menjadi fotografer lepas untuk acara pernikahan, ulang tahun, atau foto pre wedding. Anda bisa mendapatkan uang tambahan dengan jumlah cukup besar melalui pekerjaan sampingan ini.

5. Sewakan kamar Anda

Jika Anda masih punya kamar kosong di rumah, Anda bisa menyewakannya untuk wisatawan yang berkunjung.

Berapa tarif yang harus dibayar untuk menginap selama semalam tentu bisa Anda tentukan sendiri. Anda bisa bergabung di AirBnB untuk pemasaran yang lebih baik. Pastikan rumah Anda cukup nyaman untuk ditinggali sehingga banyak orang tertarik untuk menginap di sana.

6. Jual beli mobil bekas

Memulai bisnis mobil bekas memang memerlukan banyak uang untuk modal awal. Namun jangan khawatir, dalam waktu singkat seluruh modal Anda akan kembali.

Belilah mobil dengan harga semurah mungkin, lakukan beberapa perbaikan kecil yang tidak memakan biaya lalu jual dengan harga berlipat agar keuntungan Anda semakin besar. Pasar mobil bekas jauh lebih menjanjikan dari yang bisa Anda bayangkan, dan jika Anda bisa mengelola bisnis dengan baik, Anda bisa menjadikan ini sebagai lapangan usaha secara permanen.

7. Berjualan secara online

Berjualan online kini sedang marak. Dengan modal yang sangat minimal dan keuntungan yang besar, tidak heran sektor ini menjadi lahan bisnis yang menjanjikan. Anda bisa menjual apa saja mulai dari pakaian, barang-batang elektronik, hingga perhiasan.

Kini orang-orang juga lebih nyaman berbelanja online, sehingga ini akan menjadi peluang yang sangat baik buat Anda untuk mendapatkan uang tambahan saat ekonomi sedang sulit.

8. Jual barang-barang bekas

Anda punya banyak barang yang tidak digunakan lagi tetapi kondisinya masih bagus? Jual saja jika memang Anda sedang membutuhkan uang. Semua barang mulai dari pakaian, sepatu, peralatan masak, dan lain sebagainya bisa Anda jual secara secondhand.

Jangan khawatir, banyak orang yang mencari barang bekas karena harganya yang murah, agar jualan Anda laris, pastikan barang yang dijual masih layak pakai dan memiliki kualitas yang baik.

9. Menawarkan jasa sopir

Manfaatkan semua ketrampilan yang Anda miliki untuk menghasilkan uang sebanyak mungkin. Termasuk jika Anda bisa mengemudi mobil. Tawarkan jasa untuk teman atau kerabat yang ingin bepergian keluar kota dan membutuhkan sopir. Bayaran yang diberikan bisa sangat tinggi jika Anda disewa selama beberapa hari.

10. Menjadi ojek online

Layanan ojek online kini sedang menjamur di Indonesia. Pekerjaan ini sangat cocok buat Anda yang sedang mencari pendapatan tambahan. Jika Anda memenuhi target, Anda bisa menghasilkan uang hingga ratusan ribu rupiah dalam sehari. Bisa-bisa penghasilan dari pekerjaan sampingan ini melebihi penghasilan utama Anda.

11. Menulis artikel

Kunjungi beberapa situs khusus freelancer, di sana Anda akan menemukan banyak lowongan untuk penulis artikel. Tidak perlu ketrampilan menulis tingkat tinggi, asalkan Anda bisa merangkai kata hingga menjadi kalimat yang nyaman dibaca, Anda bisa mencoba menulis artikel di beberapa blog atau situs. Pekerjaan ini sangat sederhana dan bisa memberikan penghasilan tambahan buat Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara mendapatkan uang tambahan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Daftar Mitos-mitos tentang Kekayaan
Kalau Mau Jadi Milyader, Harus Mulai dari Mana?
Tipe Orang yang Akan Gagal Mengelola Uang
Tip Mengelola Keuangan untuk yang Punya Anak Kembar
Mencari Penghasilan Sampingan? 9 Terobosan ini Patut Kamu Coba
Cara Membuat Anggaran Sederhana
Kesalahan Finansial yang Dialami Orang Berumur Setengah Baya
10 Fakta tentang Uang yang Belum Kamu Ketahui
Cara Terburuk Menyia-nyiakan Uang dan Hidup Anda
Tips Keuangan untuk Anak Muda


Bagikan Ke Teman Anda