Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Nasihat Jitu nan Efektif bagi Anda yang Berusia 20-an

Usia muda idealnya dimanfaatkan untuk menghasilkan banyak karya, mencoba sesuatu yang bau, berinovasi, membangun jaringan, dan hal-hal positif lainnya. Anak-anak muda yang penuh energi dan memiliki banyak talenta seharusnya mampu mengembangkan diri dan jeli dalam mengambil peluang sehingga berdaya saing tinggi pada sektor-sektor ekonomi yang produktif.

Sayang, kenyataannya tak selalu demikian. Tak sedikit anak muda yang justru terlena akan nikmatnya dunia dan terjerumus dalam tindakan-tindak.an yang tidak berguna. Seolah tak menyadari potensi dalam diri yang seharusnya bisa dikembangkan sehingga kelak bisa memberi manfaat secara ekonomi. Mereka lebih tertarik untuk bertualang sibuk mencari jati diri, sehingga lupa untuk berkarya dan mengembangkan diri. Ketika usia sudah tak muda lagi, barulah menyadari betapa banyak kerugian yang dialami akibat menyia-nyiakan kesempatan yang bisa jadi datang berulang kali.

Sesal kemudian tentu tak akan memiliki arti. Oleh sebab itu, kaum muda harus berani beraksi menentukan jalan menuju masa depan yang pasti. Nah, berikut nasihat jitu sekaligus efektif bagi Anda yang berusia 20-an agar dapat menikmati dunia dalam hal-hal yang positif.

  • Hindari rokok dan alkohol

Tak kenal maka tak sayang. Ungkapan tersebut sebenarnya jauh lebih baik dan aman bagi generasi muda. Sayang, yang terjadi kenyataannya justru kebalikannya. Anak-anak muda bahkan masih tergolong usia belia sudah mengenal dan akrab dengan rokok bahkan minuman beralkohol. Inilah kesalahan yang banyak dilakukan oleh kaum muda. Bukannya tak menyadari dampak negatif dengan mengonsumsi rokok dan minuman alkohol, kebanyakan mereka sadar sepenuhnya, tetapi telah terjerat dengan kenikmatan sesaat yang ditawarkan.

Konsumsi rokok dan minuman beralkohol dalam jangka panjang berisiko merusak organ-organ tubuh, utamanya paru-paru. Risiko tersebut memang tidak langsung dirasakan saat usia masih muda, tetapi perlahan namun pasti akan menggerogoti masa muda Anda menjadi sia-sia. Belum lagi munculnya stigma negatif bagi Anda pecinta minuman beralkohol sebagai pemabuk yang tentu akan mempengaruhi reputasi Anda secara sosial. Menghindari rokok dan minuman beralkohol merupakan langkah tepat bagi Anda kaum muda yang ingin mengisi masa muda dengan segudang prestasi dan karya.

  • Jauhi narkoba

Sudah menjadi kesepakatan umum bahwa narkoba merusak generasi muda. Efek candu yang terkandung di dalamnya sungguh membahayakan. Kaum muda yang sedianya energik dan penuh dengan ide brilian dalam karya, justru menjadi pesakitan yang harus berurusan dengan hukum karena jeratan narkoba. Agar hidup Anda penuh warna, jauhi narkoba. Jangan sekali-kali mendekati bahkan berkeinginan mencoba walau hanya sedikit. Jika sudah ketagihan, Anda tidak akan menyadari dan sulit menemukan jalan untuk berhenti. Dampak negatif dari narkoba jelas merusak jaringan otak. Jangan sampai masa muda Anda harus berakhir di panti rehabilitasi atau penjara hanya karena ingin merasakan nikmatnya narkoba yang hanya sesaat saja.

  • Terapkan pola hidup sehat

Sadarilah bahwa kesehatan sangatlah penting. Oleh sebab itu, terapkanlah pola hidup sehat sejak berusia muda. Makan makanan yang bergizi diimbangi dengan olah raga teratur akan menunjang stamina tubuh agar tetap fit selama beraktivitas. Tak hanya itu, rajin berolah raga juga mampu menghindari stres dan menjaga bentuk tubuh agar senantiasa proporsional. Dengan tubuh dan jiwa yang sehat akan berpengaruh pada tingkat kepercayaan diri yang semakin tinggi.

  • Terapkan gaya hidup hemat dan mulailah menabung

Diakui atau tidak, kebanyakan anak muda lebih tertarik untuk hura-hura dan foya-foya. Agar tidak terjerumus dalam hal-hal yang kurang memberikan manfaat, ada baiknya Anda mulai mengatur keuangan dengan menerapkan gaya hidup hemat. Tak perlu makan di restoran mahal atau membeli barang-barang branded untuk mendapatkan wah, pujian, dan pengakuan dari teman-teman Anda. Akan jauh lebih baik jika Anda berhemat dan mulai mengalihkan uang Anda untuk ditabung atau berinvestasi. Memang hasilnya belum bisa dirasakan dalam waktu dekat, namun ketika teman-teman Anda kelimpungan dalam membiayai hidupnya, Anda telah mencapai kemandirian finansial.

  • Bergaul dan memilih teman dengan bijak

Membangun jaringan di usia muda memang sangat baik dan dianjurkan. Namun, pandai-pandailah bergaul. Teman merupakan aset bagi kehidupan Anda di masa mendatang. Dengan memiliki banyak teman, bisa jadi akan banyak dukungan yang diperoleh kapan pun Anda membutuhkannya. Meski demikian perlu diingat bahwa dalam pertemanan bahkan persahabatan tak menutup kemungkinan terselip pengkhianatan. Oleh sebab itu, bijaklah dalam memilih teman.

Bagaimana caranya? Tipe orang sangatlah beragam. Hindari berteman dengan orang-orang yang hanya ingin bersenang-senang dengan Anda. Jangan berteman hanya karena materi, karena ketika Anda tidak memilikinya maka tak akan ada yang mau dekat-dekat dengan Anda. Pilihlah teman bergaul yang mampu membawa pengaruh positif, yang mampu membawa perubahan yang baik dalam diri Anda.

  • Cintailah pekerjaan Anda

Usia 20-an memang tergolong usia yang muda. Namun, golongan usia tersebut sudah produktif secara ekonomi. Tak perlu ragu bahkan takut untuk berkarya, merealisasikan ide-ide brilian, melangkah, bahkan melompat di awal karir dan kehidupan Anda. Eksplorasi lebih dalam akan memberikan pengalaman yang dapat menjadi guru terbaik dalam kehidupan Anda.

Intinya adalah bertanggung jawab. Belajarlah menghargai segala sesuatu yang Anda dapatkan. Sadari bahwa tidak ada yang gratis, karena semua ada harga yang harus dibayar. Oleh sebab itu, mulailah mencintai segala sesuatu yang Anda kerjakan dan juga hasilkan.

  • Bangun kepercayaan diri

Meski usia tergolong muda, bukan berarti Anda tidak layak untuk memulai suatu usaha dan berkarya. Hargai segala ide brilian yang muncul dalam otak Anda dan realisasikan semaksimal mungkin. Bangunlah kepercayaan diri sehingga Anda berani untuk melangkah dan mulai sesuatu yang ingin Anda wujudkan. Ingatlah bahwa pengalaman merupakan guru terbaik dan untuk memperoleh pengalaman, Anda harus berani mencoba. Jika Anda mampu membangun rasa percaya diri, maka Anda bisa mempengaruhi orang lain untuk percaya akan kredibilitas Anda.

  • Banyak belajar dan bangun komunikasi dengan orang tua

Ilmu tak harus diperoleh melalui lembaga pendidikan formal. Sementara pengalaman tak harus selalu datang dari diri sendiri. Kedua hal tersebut bisa diperoleh dengan banyak belajar dan membangun komunikasi dengan orang-orang yang lebih senior, dalam hal ini orang tua. Bisa jadi orang tua Anda memiliki pendidikan tinggi seperti Anda, namun setidaknya mereka telah berpengalaman dalam mengatasi berbagai situasi dan kondisi yang sulit.

Dengan menjalin komunikasi dengan orang tua secara aktif, tak hanya ilmu tetapi hubungan secara emosional juga semakin dekat. Akhirnya restu orang tua akan membekali langkah Anda dalam menjalani awal karir dan kehidupan Anda.

Beragam nasihat bijak tersebut jika diaplikasikan secara nyata akan mampu mewujudkan jargon “Yang Muda Yang Berkarya”. Generasi muda sebagai penerus bangsa tak lagi menjadi generasi yang lemah dan mudah dibodohi, tetapi mampu menjadi generasi yang cerdas, kuat, produktif, dan berdaya saing tinggi.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang nasihat jitu nan efektif bagi anda yang berusia 20-an, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Tip Keuangan untuk Kamu Usia 20-an
Aktivitas Membuang-buang Waktu yang Banyak Dilakukan di Usia 20-30an
Hal-hal yang Harus Dilakukan di Usia 20-an agar Tidak Menyesal di Usia 30 Hingga 40-an
10 Hal yang Harus Dilakukan Saat Umur 20-an Agar Umur 30-an Lebih Baik
14 Kisah Sukses di Usia Tua yang Begitu Inspiratif
Keunggulan Koperasi Dibandingkan dengan Badan Usaha Lainnya
Perbedaan Credit Union Vs Bank
Sejarah Munculnya Uang
Fungsi dan Contoh Lembaga Keuangan Bukan Bank
Soft Skills yang Harus Dimiliki Kaum Millennial


Bagikan Ke Teman Anda