Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Strategi Menabung Sesuai dengan Kondisi Ekonomi

Menabung adalah salah satu cara menghemat uang yang paling jitu. Namun, kebiasaan menabung yang sudah dibiasakan oleh orang tua sejak kecil ternyata sangat sulit untuk dilakukan. Bagi sebagian orang, menabung adalah sesuatu yang sangat menantang. Banyaknya kebutuhan hidup menjadi halangan terbesar seseorang untuk menabung.

Tentu saja itu tidak boleh menjadi alasan bagi siapa saja untuk menabung. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari menabung, terutama sebagai simpanan masa depan dan dana yang bisa dipakai untuk situasi darurat.

Melihat banyaknya orang yang sulit melakukannya, terbukti bahwa menabung bukanlah sebuah persoalan sepele. Diperlukan strategi yang jitu agar Anda bisa menabung sesuai dengan kebutuhan dan kondisi ekonomi Anda. Inilah beberapa tips bermanfaat yang bisa diterapkan.

1. Catat Semua Pengeluaran

Sebelum mulai menabung, tentu Anda harus paham seberapa besar pengeluaran bulanan Anda. Catat setiap uang yang Anda keluarkan – termasuk untuk hal-hal kecil seperti memberi tip pada pelayan hingga membeli kebutuhan pokok.

Kategorikan pengeluaran menjadi beberapa kelompok seperti cicilan hipotek dan kendaraan, kebutuhan sehari-hari, dan kebutuhan sampingan lainnya. Dengan mencatat pengeluaran secara rinci, Anda akan tahu bagian mana yang bisa dipangkas untuk menabung.

2. Tentukan Budget Bulanan dan Sasaran Pribadi

Keuntungan dari mencatat pengeluaran secara rinci adalah Anda bisa mulai membuat menentukan budget untuk setiap bulannya. Anda akan tahu berapa selisih pendapatan dengan pengeluaran, sehingga Anda bisa membatasi berapa uang yang Anda habiskan agar jangan sampai melebihi pemasukan.

3. Pilih Kebutuhan yang Penting, Pangkas yang Tidak Penting

Anda pasti selama ini berpikir mengapa rasanya begitu sulit menabung. Setelah melihat kembali catatan pengeluaran bulan lalu, Anda akan menemukan ujung yang bisa dipangkan supaya bisa lebih berhemat.

Lakukan analisis terhadap keuangan Anda melalui laporan pengeluaran yang Anda buat sendiri. Pilih kebutuhan mana yang tidak bisa dihilangkan dan digantikan, serta kebutuhan mana yang bisa dipangkas sama sekali. Tidak perlu melakukan perubahan yang terlalu besar jika itu memberatkan Anda.

Mulailah dengan memangkas 1 item pada bulan ini, lalu ditambah lagi dengan 1 item yang lain di bulan berikutnya. Tanpa terasa Anda akan terbiasa dan menganggap menabung sebagai sesuatu yang menyenangkan.

4. Tidak Perlu Mencontoh Cara Orang Lain

Jika Anda mencari info di internet ata membaca berbagai macam tips menabung, Anda pasti bingung dibuatnya. Setiap orang memiliki kondisi keuangan dan tujuan menabung yang tidak sama, sehingga Anda tidak perlu menuruti apa yang dikatakan dan diterapkan orang lain.

Anda-lah yang paling memahami kondisi Anda, jadi buatlah strategi menabung Anda sendiri yang paling pas dengan situasi keuangan. Berapa persen dari penghasilan yang harus ditabung, model menabung apa yang akan dilakukan dan lain sebagainya harus Anda tentukan sendiri.

5. Tentukan Tujuan Menabung

Sama seperti cara berbeda bagi setiap orang untuk menabung, maka tujuan masing-masing untuk menabung juga berbeda. Menentukan tujuan mengapa Anda menabung sangat penting sebagai motivasi agar Anda terus bersemangat dalam melakukannya.

Nah, sekarang tanyakan pada diri Anda mengapa Anda ingin menabung. Untuk berkeliling dunia? Membeli rumah? Membeli mobil baru? Apapun itu, pasang pengingat di setiap sudut rumah, ponsel, dan di mana saja yang mudah Anda lihat. Misalnya memasang destinasi wisata impian atau mobil impian bisa menjadi “pengingat” saat Anda mulai menyerah.

6. Diskusikan dengan Keluarga

Jika Anda sudah menikah atau hidup bersama dengan keluarga Anda, maka sebaiknya Anda melibatkan setiap orang yang ada di rumah dalam rencana tabungan Anda. Diskusikan tentang cara-cara menabung yang paling pas untuk semua orang, serta kebutuhan apa saja yang harus dihemat.

Lain halnya jika Anda hidup seorang diri, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mengendalikan keuangan.

7. Menghemat Air dan Listrik

Air dan listrik adalah dua kebutuhan yang tidak dipangkas, apapun alasannya. Tapi Anda bisa menekan biaya yang harus dikeluarkan setiap bulan untuk membayar air dan listrikk. Caranya adalah dengan menghemat penggunaannya.

Di pagi hari sebelum pergi ke kantor, matikan listrik rumah langsung dari pusatnya. Jika udara tidak terlalu panas, maka tidak perlu menyalakan AC. Demikian pula dengan penggunaan air.

8. Batasi Penggunaan Kartu Kredit

Ini mungkin selalu Anda dengan saat Anda membaca atau mendengar tips tentang cara menabung yang baik. Tidak dapat dipungkiri bahwa kartu kredit menawarkan banyak kemudahan. Pada saat yang bersamaan, kartu kredit menjadi ancaman terbesar bagi siapa saja yang ingin menabung.

Anda akan sulit untuk mengontrol keuangan jika terlalu sering menggunakan kartu kredit. Jika Anda benar-benar membutuhkan kartu kredit, sebaiknya batasi penggunaanya agar tidak melebihi limit. Jika Anda tidak begitu membutuhkannya, menghentikan penggunaan kartu kredit adalah pilihan terbaik.

9. Berbelanja Cerdas

Sebelum Anda membeli sesuatu – apapun itu, termasuk kebutuhan yang penting – biasakan untuk membandingkan harga antara 1 tempat dengan tempat yang lain. Sebagai contoh, Anda lebih suka berbelanja online karena harganya relatif lebih murah daripada membeli langsung di toko.

Bandingkan harga antara satu toko online dengan toko online yang lain. Satu produk biasanya dijual dengan harga yang berbeda-beda di internet. Kemudian pilih toko yang menawarkan keuntungan lebih bagi Anda.

Misalnya, di toko A harga barang lebih murah dibandingkan dengan toko B. Namun jika membeli di toko A Anda harus membayar ongkos kirim, sementara toko B memberikan gratis pengiriman bagi pembeli. Hitunglah berapa biaya yang harus Anda bayar dengan menyertakan promosi toko. Dengan catatan, kualitas barang di kedua toko ini sama.

Itulah dia beberapa strategi menabung yang bisa Anda terapkan. Tapi ingat, tidak semua tips yang Anda baca cocok untuk diterapkan. Cari tahu mana yang pas dan mana yang kurang tepat, sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang strategi menabung sesuai dengan kondisi ekonomi, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Keuntungan Orang Hidup “Living Below Your Means”
Menjalani Hidup Sesuai Kemampuan Finansial Kita
12 Cara Menghentikan Pengeluaran Uang dalam Jumlah Banyak
Nasehat Finansial ini Patut Diajarkan ke Generasi Selanjutnya
Aturan Finansial Pribadi yang Tidak Boleh Dilanggar
Tip Keuangan untuk Kamu yang Baru Lulus dari SMA
Mengapa Kamu Gagal Mengelola Uang?
Tips Mandiri untuk Kamu yang Masih Nebeng Orang Tua
Tip Menyiapkan Pendidikan Anak
10 Tip Pengaturan Keuangan di Umur 40an


Bagikan Ke Teman Anda