Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Inilah 7 Kebiasaan yang Akan Membuat Anda Semakin Kaya

Di dunia ini, siapa yang tidak ingin menjadi kaya? Ada dua jenis kaya, yaitu kaya pemberian dan kaya dari usaha. Kaya itu bisa diusahakan. Dan usaha menjadi kaya dapat dimulai dari kebiasaan-kebiasaan kecil dalam hidup. Inilah 7 kebiasaan yang dapat membuat seseorang menjadi semakin kaya.

1. Punya Rutinitas Orang Sukses

Menjadi kaya dapat diraih dengan cara menjadi orang sukses. Dan kesuksesan bisa diraih dengan berbagai cara, termasuk dengan hal-hal kecil melalui rutinitas-rutinitas harian.

Rutinitas-rutinitas kecil yang dapat diterapkan adalah dengan memiliki kebiasaan bangun pagi, olahraga tiap pagi, membuat daftar-daftar yang harus dikerjakan, dan lain sebagainya. Orang yang memiliki rutinitas biasanya memiliki hidup yang tertata rapi, sehingga pikirannya juga ikut tertata rapi. Saat pikiran ikut tertata rapi, maka pikiran akan dapat menghasilkan ide-ide cemerlang untuk meniti karier kesuksesan.

2. Mengedukasi Diri

Banyak yang belum menyadari bahwa salah satu kunci menjadi kaya adalah dengan memiliki pendidikan yang tinggi. Pendidikan yang dimaksud bukanlah pendidikan di bangku kuliah, namun bisa lain daripada hal itu. Pendidikan bisa diraih di luar bangku kuliah. Misalnya, seseorang bisa meraih pendidikan dunia bisnis dengan cara langsung terjun di dunia bisnis seperti berdagang kecil-kecilan, dan lain sebagainya.

Itulah yang dimaksud dengan mengedukasi diri dalam poin ini. Salah satu kebiasan yang dapat membuat menjadi semakin kaya adalah dengan cara membuka diri dan belajar akan ilmu-ilmu baru. Misalnya, jika seseorang ingin menjadi pengusaha, ia tak perlu merogoh kocel dalam-dalam untuk belajar di sekolah bisnis. Ia dapat mempelajari bisnis secara otodidak dengan pengalaman berjualan sendiri, ataupun menjalin kerjasama dengan pengusaha sukse. Belajar bisa darimana saja, bukan?

3. Menjaga Pergaulan

Banyak yang tidak menyadari bahwa pergaulan juga berpengaruh pada status ekonomi dari seseorang. Orang-orang positif akan mendatangkan hal-hal positif kepada orang-orang di sekitarnya. Contohnya, orang yang memiliki tujuan hidup di masa depan dan tahu arah tujuan hidup biasanya akanĀ  memiliki gaya hidup yang minimalis. Bergaul dengan orang-orang seperti ini akan mendatangkan banyak manfaat positif. Perlahan-lahan, seseorang akan tertular dengan kebiasaan berhemat dari mereka. Keadaan seperti itulah yang akan membuat seseorang menjadi semakin kaya.

4. Punya Banyak Sumber Penghasilan

Salah satu kebiasaan yang harus ditumbuhkan untuk menjadi semakin kaya adalah kemampuan melihat peluang dalam menghasilkan uang. Kemampuan tersebut akan tercipta seiring dengan meningkatnya kapabilitas diri. Untuk itu, menciptakan banyak sumber penghasilan perlu dilakukan dengan cara meningkatkan edukasi diri, baik dalam pengetahuan dasar, maupun praktiknya. Namun kapabilitas diri tidak akan banyak berarti saat seseorang tidak mempunyai banyak relasi. Untuk itu, seseorang diharuskan pintar dalam bergaul sehingga memiliki banyak relasi, yang mana kelak relasi-relasi tersbeut berguna untuk membuka sumber penghasilan baru.

5. Optimis dan Percaya Diri

Sadar atau tidak, salah satu ciri orang kaya adalah optimisme dan kepercayaan diri yang dimilikinya. Orang-orang kaya tidak takut akan kesalahan, karena kesalahan dapat diperbaiki. Justru yang seharusnya ditakutkan adalah ketakutan dalam memulai mencoba hal baru itu sendiri.

Misalnya, seseorang menyadari bahwa ada peluang bisnis jualan sosis bakar yang menjanjikan. Namun ia begitu takut untuk memulai, atas dasar beragam pertimbangan. Misalnya, ia takut atas pertimbangan tidak punya modal, pesimisme jikalau dagangan tidak laku, hingga memikirkan apa kata orang lain jika ia berjualan sosis. Hal-hal tersebut tidak berlaku pada mental orang kaya. Orang kaya atau calon orang kaya memiliki rasa optimisme dan percaya tinggi yang tinggi, sehingga ia berani mengambil resiko untuk memulai bisnis sosis bakar tersebut.

Jangan percaya orang miskin tidak akan bisa menjadi kaya. Pesimisme adalah dinding penghalang menuju kesuksesan.

6. Mau Dikritik

Salah satu kesalahan fatal pada diri manusia adalah ketidakmauan untuk dikritik. Ketidakmauan untuk dikritik akan mengantarkan seseorang menjadi pribadi yang berpikiran tertutup, sehingga tidak bisa berkembang. Adahal, untuk mencapai status kaya, seseorang perlu untuk memiliki pikiran yang tidak tertutup dan mau berkembang.

Kritik diperlukan seseorang untuk mengetahui letak kekurangan dan kesalahan pada diri. Kekurangan dan kesalahan tersebut bisa saja menjadi penghambat dari kesuksesan seseorang. Keduanya perlu dimusnahkan, dan langkah pertama untuk memusnahkannya adalah dengan mengetahuinya. Bagaimana seseorang bisa memusnahkan kekukarangan dan kesalahannya tanpa mengetahuinya? Dan salah satu cara mengetahuinya adalah dengan cara menerima kritikan.

Dikritik itu membuat berkembang. Orang yang tidak mau dikritik close minded dan susah berkembang.

  1. Pengeluaran yang jauh lebih kecil dari pendapatan

Kebiasaan penting bagi orang kaya

  • Menciptakan banyak sumber penghasilan.
  • Hindari orang-orang negatif, yang boros, yang tidak membuat berkembang.

  1. Istirahat

Manusia memiliki batasan. Dan batasan tersebut jika dipaksa untuk dilalui, justru akan semakin membahayakan diri. Saat seseorang terlalu memaksakan kemampuannya dengan mengerahkan segenap kemampuannya tanpa istirahat, itu akan menyebabkan hal yang buruk bagi kesehatan. Selain bagi kesehatan, juga bagi fikiran. Jiwa yang penat dan raga yang lelah akan menyebabkan fikiran menjadi tidak jernih. Maka dari itu, sisihkan waktu untuk beristirahat selepas penat bekerja keras. Bekerja keras memang baik. Namun bekerja keras tanpa istirahat justru akan menjadi boomerang yang membahayakan diri.

Itulah 7 kebiasaan yang dapat membuat seseorang menjadi semakin kaya. Kaya memang perlu diperjuangkan, dan tidak ada perjuangan yang instan. Jika memaksa ingin menapaki perjuangan instan, bersiaplah dengan resiko berupa hasil yang hanya sementara.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 7 kebiasaan yang akan membuat semakin kaya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengapa Orang Kaya Lebih Memilih Mobil Bekas?
Kiat-kiat Menyiapkan Anak Menjadi Seorang Kaya
7 Habit/Kebiasaan agar Meraih Sukses di Kantor
Bagaimana untuk Menjadi Kaya?
Kebiasan yang Harus Dikembangkan agar Jadi Orang Sukses
Mengapa Ada Orang yang Kaya dan Ada Orang yang Miskin di Dunia?
Anda Pengin Kaya? Ini yang Harus Anda Lakukan!
Kebiasaan-kebiasaan Ini Tanpa Disadari Termasuk Pemborosan
7 Kebiasaan ini Akan Membuatmu Jadi Milyuner
Kebiasaan-kebiasaan Positif yang Bagus untuk Diikuti


Bagikan Ke Teman Anda