Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

8 Kebiasaan yang Harus Ditanamkan pada Anak Agar Sukses

Memiliki anak yang sukses adalah impian setiap orang tua. Peran orang tua dalam hal ini tentu sangat besar. Namun tidak ada cara atau trik pasti mengenai bagaimana cara membesarkan anak menjadi orang sukses.

Beberapa penelitian telah mengkaji hal ini dan menemukan beberapa faktor yang mungkin bisa membantu. Inilah beberapa kebiasaan yang bisa diterapkan orang tua sejak dini agar anak-anak mereka tumbuh menjadi seseorang yang sukses.

  • Suka Membaca

Setiap orang sukses memiliki satu kesamaan: membaca. Bill Gates, Warren Buffet, hingga Mark Zuckerberg tidak pernah melewatkan hari mereka tanpa membaca. Menurut survei yang dilakukan terhadap milyuner Amerika Serikat yang berhasil membangun kekayaan mereka sendiri, 63% di antaranya dibiasakan membaca oleh orang tua sejak kecil.

Tanamkan kebiasaan membaca anak sejak kecil. Bisa dimulai dari membacakan cerita sebelum tidur untuk menumbuhkan minat mereka dalam membaca. Anak yang suka membaca akan dipenuhi rasa ingin tahu yang besar terhadap segala sesuatu. Ketika mereka dewasa, mereka akan tumbuh menjadi anak yang terus ingin belajar dan menemukan sesuatu yang baru.

  • Membantu Pekerjaan Rumah

Berangkat dari logika “Jika anak-anak tidak mencuci piring mereka sendiri, orang lain yang melakukannya untuk mereka”, Julie Lythcott-Haims, mantan dekan di Stanford University mengatakan bahwa anak-anak harus menjadi bagian dari hidup untuk meraih kesuksesan. Salah satunya adalah dengan membantu orang tua mengerjakan tugas-tugas rumah tangga seperti mencuci piring, membersihkan rumah, hingga mencuci baju mereka sendiri.

Anak-anak yang tumbuh dengan terbiasa melakukan pekerjaan rumah dapat beradaptasi dengan lebih baik di lingkungan kerja dan memiliki rasa empati yang lebih tinggi. Mereka mengerti harga sebuah kerja keras untuk mendapatkan sesuatu serta menyelesaikan tugas-tugas dan masalah mereka sendiri.

  • Latih Kemampuan Bersosialisasi

Hal yang satu ini tidak diajarkan di sekolah manapun, namun sangat penting dalam kehidupan semua orang. Penelitian yang dilakukan oleh Duke University dan Pennsylvania State University membuktikan bahwa anak-anak dengan kemampuan sosialisasi yang baik punya peluang lebih besar untuk meraih kesuksesan.

Anak-anak yang mampu bersosialisasi dengan baik mampu bekerja sama dengan orang lain, mudah membantu orang lain, mengerti perasaan mereka, dan menyelesaikan masalah mereka sendiri dengan baik. Di usia 25 tahun, anak-anak ini akan menyelesaikan pendidikan mereka dan mendapatkan pekerjaan tetap. Sementara anak-anak yang tidak memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik akan kesulitan meraih semua itu.

  • Pemahaman Bahwa Usaha Lebih Penting Daripada Hasil

Kesuksesan bukanlah sesuatu yang bisa diraih dalam sekejap. Itulah mengapa orang tua harus mendidik anak-anaknya sejak kecil agar ia dapat meraih kesuksesan di masa depan. Anak-anak akan menemui banyak kegagalan dalam hidupnya, dan disinilah peran orang tua sangat diperlukan.

Orang tua harus memberikan pemahaman kepada anak bahwa usaha dan keberanian mereka leih penting daripada apapun. Oleh karena itu, orang tua sebisa mungkin tidak memberikan beban kepada anak. Misalnya, dorong anak untuk ikut lomba menyanyi atau mewarnai, namun jangan tekan mereka untuk menjadi juara. Sekalipun mereka tidak menang, yang terpenting adalah telah menunjukkan keberanian dan usahanya. Dengan demikian, anak akan tumbuh menjadi seseorang yang terus mencoba dan berusaha, serta tidak mudah kecewa dengan kegagalan.

  • Dorongan Untuk Bangkit dari Kegagalan

Orang yang sukses telah mengalami ribuan kegagalan sebelumnya. Tidak mudah untuk bangkit dari kegagalan dan memulai lagi, bahkan untuk orang dewasa sekalipun. Berikan anak semangat saat ia gagal, dan dorong ia untuk mencoba lagi. Anak yang terbiasa menghadapi kegagalan dan bangkit memiliki kesempatan sukses yang lebih besar di masa depan. Anak akan mengerti bahwa untuk mencapai sesuatu, diperlukan kerja keras dan ia tidak akan bisa mendapatkannya dengan mudah.

  • Hubungan yang Sehat dengan Orang Tua

Penelitian yang dilakukan di University of Illinois menemukan bahwa sangat penting bagi anak-anak untuk tumbuh dalam keluarga harmonis tanpa konflik. Hubungan yang baik antara kedua orang tua, anak dengan orang tua, dan antar saudara memiliki prestasi yang lebih baik di sekolah.

Masih dalam penelitian yang sama, ditemukan bahwa anak-anak yang mendapatkan kasih sayang di tiga tahun pertama kehidupannya adalah mereka yang lahir di bawah kemiskinan. Jika anak memiliki keluarga harmonis, ia bisa meraih pencapaian yang baik di usia 30-an.

  • Tahu Pentingnya Sebuah Pendidikan

Tidak dapat dipungkiri bahwa pendidikan adalah aspek terpenting untuk meraih kesuksesan. Anak-anak harus menyadari bahwa berprestasi di bidang akademik berpengaruh pada kesuksesan mereka, meski itu bukanlah satu-satunya faktor penentu.

Jika orang tua ingin anak-anak mereka bersemangat untuk sekolah hingga menyelesaikan kuliah, berikan contoh terlebih dahulu. Selesaikan pendidikan Anda agar anak-anak termotivasi untuk meraih hal yang sama, bahkan lebih baik dari Anda.

  • Perkenalan dengan Matematika Sedini Mungkin

Matematika seringkali menjadi “momok” menakutkan bagi sebagian besar murid. Mereka merasa begitu kesulitan menguasai matematika dan sulit memahami pelajaran tersebut di sekolah. Perkenalkan anak dengan matematika sedini mungkin, bahkan sebelum mereka masuk sekolah formal.

Pendidikan matematika ini nantinya tidak hanya berguna untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam bidang tersebut. Lebih dari itu, seorang anak yang terbiasa dengan matematika sejak kecil memiliki kemampuan membaca yang lebih tinggi dari anak-anak lain seusianya.

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa diajarkan oleh orang tua kepada anak sejak kecil untuk membantunya meraih kesuksesan. Tidak ada ramuan yang pasti. Lebih penting bagi orang tua untuk memahami masing-masing anak secara pribadi. Mendidik anak menjadi orang yang sukses adalah proses panjang yang tidak bisa dilakukan hanya dalam waktu semalam.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 8 kebiasaan yang harus ditanamkan pada anak agar sukses, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Anak Mau Punya Skill Bisnis? Ini Tip Buat Orangtua!
Bingung Cara Menjelaskan Kapitalisme pada Anak? Ini Caranya!
Kebiasaan-kebiasaan Ini Tanpa Disadari Termasuk Pemborosan
5 Pengusaha Mancanegara yang Sukses Setelah Umur 40 Tahun
Efek Smartphone Sering Diberikan Kepada Anak
Cara Mengajari Anak Menabung
Hal-hal ini yang Membuat Orang Sukses
Rahasia agar Sukses dalam Segala Hal
Kemiskinan Membuat Anak Stres dan Mengalami Gangguan Otak
Kebiasaan-kebiasaan Positif yang Bagus untuk Diikuti


Bagikan Ke Teman Anda