Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Faktor Apa yang Membuat Entrepreneur Sukses?

Memutuskan untuk menjadi Entrepreneur berarti anda memutuskan untuk memiliki tekad, ketekunan, dan modal yang cukup untuk memulainya. Modal terpenting menjadi wirausahawan yang sukses adalah pantang menyerah dan terus berusaha meski harus diakui banyak yang menyerah sebelum sukses.

Entrepreneur sukses tidak menjadikan masalah sebagai hambatan yang berarti, justru mereka melihat peluang dalam suatu masalah. Seorang Entrepreneur sejati selalu berpikiran positif dan terbuka untuk terus berkreasi dan berinovasi demi bisa mencapai apa yang menjadi tujuannya. Beberapa poin penting menjadi Entrepreneur sukses adalah:

1. Passion

Passion adalah ciri utama Entrepreneur yang sukses. Para Entrepreneur sukses benar-benar mencintai pekerjaan mereka. Mereka bersedia menghabiskan waktu ekstra untuk membuat usaha atau bisnisnya berhasil karena ada sukacita saat menjalani bisnisnya melebihi sebuah keuntungan (profit). Mereka menjadikan bisnis sebagai hobi yang menyenangkan sehingga mereka sangat konsen, konsisten dan loyal terhadap bisnis yang sedang ditekuninya.

2. Kebulatan Tekad

Pengusaha yang sukses tidak melihat kekurangannya sebagai penghalang. Justru mereka melihat kekurangannya sebagai peluang untuk memotivasi agar menjadi Entrepreneur sukses. Tekad mereka sangat besar agar usahanya berhasil, sehingga mereka akan terus mencoba dan terus bangkit hingga yang apa diharapkan terwujud. Entrepreneur sukses percaya bahwa semua hal bisa dilakukan dan tidak ada yang tidak mungkin.

3. Percaya diri

Entrepreneur sejati percaya bahwa dia akan berhasil dan sukses. Dalam benaknya tidak ada keraguan dan kecemasan apakah mereka akan berhasil dan layak untuk sukses. Mereka percaya bahwa pengetahuan yang dimiliki mampu membuat bisnis mereka sukses. Hilangkan sifat ketidakpercayaan diri dan keraguan jika anda ingin berwirausaha, karena akan menghambat anda untuk menjadi Entrepreneur sukses.

4. Berani Mengambil Resiko

Poin ini menjadi momok menakutkan bagi mereka yang ingin memulai berwirausaha. Entrepreneur sukses akan selalu siap dengan risiko dan ketidakpastian usahanya di masa depan. Siap dengan risiko yang dimaksud bahwa pengusaha sukses hanya akan mengambil risiko waktu dan uang untuk hal yang tidak diketahui, namun mereka telah mempunyai rencana, sumber daya, dan bandwith untuk menangani ketidakpastian yang belum diketahui sebagai solusi. Jadi, tidak hanya siap dengan risiko tapi anda harus memiliki rencana apabila risiko itu terjadi.

5. Semangat bersaing

Berikutnya, yang membuat Entrepreneur sukses adalah semangat bersaing. Hidup adalah kompetisi, begitu pun dengan Entrepreneur. Jiwa Entrepreneur adalah jiwa kompetitif dan menyukai tantangan. Memutuskan untuk berbisnis berarti telah siap untuk menghadapi tantangan terbesar dalam hidup mereka. Karena tidak semua orang mampu untuk berbisnis. Kalau tidak siap, silakan berhenti saja karena anda tidak akan pernah sukses tanpa keberanian.

6. Kualitas Kepemimpinan

Seorang pemimpin ialah seseorang yang tetap fokus terhadap tujuannya meskipun banyak hambatan atau ketidaknyamanan atas sebuah karya atau usaha yang sedang diupayakan untuk membawanya menuju apa yang dituju. Seorang pemimpin akan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan kemampuan untuk mengumpulkan orang-orang menuju tujuan bersama dengan cara yang membuat tim termotivasi dan berkerja secara efektif.

7. Perencana yang baik

Kewirausahaan adalah tentang membangun bisnis dari nol hingga mengelola sumber daya yang terbatas (termasuk uang, waktu dan kehidupan pribadi). Entrepreneur membutuhkan komitmen jangka panjang, sehingga anda harus membuat perencanaan yang baik kedepannya. Karena sesuatu yang tidak didasari perencanaan yang matang akan berantakan. Jadi bisnis plan itu penting untuk sebuah usaha.

8. Berpikiran Terbuka

Ciri orang-orang sukses ialah mereka yang mau menerima masukan baik saran atau kritikan dari orang lain, serta memperbaikinya agar lebih baik. Jika anda ingin menjadi pengusaha yang sukses maka anda harus siap menerima segala saran dan kritik orang lain, kemudian dipilih mana masukan yang baik untuk usahamu dan mana masukan yang perlu diabaikan. Bersikap tertutup dan tidak memperdulikan segala masukan adalah pertanda usaha anda tidak akan berkembang atau bahkan malah bangkrut dan gulung tikar.

9. Belajar dari orang lain

Seorang pengusaha yang sukses akan membuka dan belajar dari pengalaman orang lain. Apapun pengalaman seseorang itu baik kesuksesan maupun kegagalan harus dijadikan suatu pelajaran yang berharga sebagai pedoman baginya dalam memulai usaha atau mengembangkan usahanya. Apalagi kalau pengalaman tersebut berasal dari bidang yang sama, tentu bisa menjadi bahan pelajaran yang sempurna.

10. Menjalin Relasi dan Jaringan

Sebagai makhluk sosial manusia membutuhkan bantuan dari orang lain, maka itu anda harus perbanyak membangun relasi dan jaringan. Begitu pun jika anda berniat untuk memulai berbisnis, tidak ada seorang pembinis pun yang mampu berkerja sendiri. Dengan menjalin relasi bisnis yang baik dan terpercaya, maka usaha yang anda tekuni akan berkembang karena dari situ anda bisa bertukar teknologi, informasi, sumber daya dan sumber daya manusia yang berkompeten.

Seorang pengusaha yang sukses pasti memiliki relasi dan jaringan yang luas dan solid, karena dengan relasi bisnis anda bisa mempertahankan eksistensi bisnismu. Membangun relasi bisnis memang tidaklah mudah, tetapi anda bisa memulainya dengan hal yang sederhana, misalnya menjalin relasi dengan saudara, kerabat, keluarga dan dari merekalah relasi dan jaringan anda berkembang.

11. Memahami Hukum Bisnis

Seorang pengusaha yang sukses harus memahami apa itu hukum bisnis. Dalam menjalankan usaha perlu adanya sebuah dokumen legalitas usaha, seperti pengurusan pajak, perjanjian kerjasama, akte pendirian usaha dan lain sebagainya. Jika usaha yang anda tekuni tidak memiliki legalitas bisnis, maka usahamu tergolong sebagai usaha yang illegal. Keuntungan lain jika anda memahami hukum bisnis yaitu:

  • Mendapatkan kepastian dan perlindungan dalam berusaha lokasi yang ditetapkan;
  • Mendapatkan pendampingan untuk pengembangan usaha;
  • Mendapatkan kemudahan pembiayaan dari pemeritah, pemerintah daerah dan/atau lembaga lainnya.

Itulah segudang cara yang membuat Entrepreneur terlahir sebagai Entrepreneur sukses. Kalau anda tak punya sifat-sifat di atas, cobalah bertanya pada diri anda: benarkah anda Entrepreneur sukses?

 Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang faktor yang membuat enterpreneur sukses, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Perbedaan Reseller vs Dropshipper?
Faktor Ini Perlu Menjadi Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah!
Anda Rendah Diri, Pemalu dan Tidak Percaya Diri? Ini Triknya agar Sukses!
9 Soft Skill yang Harus Dimiliki Agar Sukses
Kebiasan yang Harus Dikembangkan agar Jadi Orang Sukses
Hal-hal ini yang Membuat Orang Sukses
7 Kesalahan Entrepreneur Generasi Milineal
Mengapa Orang Kaya dan Sukses Senang Membaca
Mau Memulai Usaha? Hindari Kesalahan Entrepreneur Ini!
Mengapa Orang Yahudi Sukses?


Bagikan Ke Teman Anda