Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Pengertian Sistem Ekonomi Kapitalis yang Harus Anda Tahu

Pernahkah Anda penasaran mengenai hukum atau aturan ekonomi yang ada di sebuah negara? Setiap negara yang ada di seluruh dunia pastinya memiliki sistem ekonomi yang berbeda. Dimana sistem ekonomi inilah yang mengatur tentang alokasi atau pemanfaatan sumberdaya alam dan sumber daya manusia yang ada di negara tersebut.

Penanganan pada SDA dan SDM ini mulai dari kegiatan untuk memproduksi sesuatu hingga memasarkan barang hasil produksi tersebut. Dimana kegiatan produksi dan penjualan bisa dilakukan oleh pemerintah negara tersebut secara langsung maupun oleh masyarakatnya sendiri. Tergantung sistem ekonomi jenis apa yang dipakai dan di terapkan oleh negara tersebut.

Pengertian Sistem Ekonomi Kapitalis

Jenis sistem ekonomi di seluruh dunia ada banyak sekali. Salah satu jenis sistem ekonomi yang dari dulu hingga sekarang sudah digunakan adalah sistem ekonomi kapitalis. Pengertian dari sistem ekonomi kapitalis adalah sebuah sistem ekonomi yang membebaskan masyarakatnya untuk mengatur ekonominya masing-masing sesuai yang mereka inginkan.

Jadi bisa dibilang jika sistem ekonomi kapitalis ini merupakan kebalikan dari sistem ekonomi terpusat atau komando. Dimana jika sistem ekonomi komando membatasi masyarakat di suatu negara untuk mengembangkan ekonomi mereka sendiri. Sedangkan sistem ekonomi kapitalis justru membebaskan masyarakatnya untuk bisa mengelola ekonominya sendiri sehingga bisa ikut berkembang secara individualnya.

Pengertian Sistem Ekonomi Kapitalis Menurut Para Ahli

Sistem ekonomi merupakan sebuah sistem yang penting dalam suatu negara. Tanpa adanya sistem ini maka tidak ada aturan yang bisa mengatur mengenai perekonomian negara tersebut. Alhasil SDM dan SDA nya menjadi terbengkalai. Sedangkan pengertian sistem ekonomi kapitalis menurut para ahli, yaitu:

  1. Tom G. Palmer

Tom G. Palmer mengatakan pendapatnya jika kapitalisme merupakan sebuah sistem hukum, sosial, ekonomi, dan budaya yang mendorong kesetaraan hak, meritokrasi, desentralisasi inovasi, dan proses pembelajaran (trial and error) melalui proses kesukarelaan pada mekanisme pasar.

  1. Soekarno

Sedangkan menurut Ir. Soekarno sistem ekonomi kapitalisme yaitu sistem sosial di masyarakat yang muncul dari cara produksi dan memisahkan kaum buruh dengan alat-alat produksi yang ada.

  1. Ebenstein William

Ebenstein William menyatakan apabila sistem kapitalisme adalah sistem sosial yang lebih menyeluruh bahkan lebih dari tipe perekonomian tertentu.

  1. Adam Smith

Adam Smith mengatakan jika sistem perkonomian kapitalisme adalah sistem yang bisa menciptakan sebuah kesejahteraan pada masyarakat. Karena pemerintah tidak melakukan intervensi terhadap kebijakan dan mekanisme pasar.

  1. Max Weber

Menurut Max Weber, sistem ekonomi kapitalis yaitu sebuah sistem ekonomi yang ditujukan kepada suatu pasar serta dipacu agar bisa menghasilkan keuntungan dari kegiatan pertukaran yang ada di pasar tersebut.

Negara yang Memakai Sistem Ekonomi Kapitalisme

Sistem ekonomi kapitalis juga dikenal sebagai sistem ekonomi liberal. Seiring dengan berkembangnya waktu, sistem ekonomi kapitalisme juga ikut berkembang. Bahkan mulai banyak negara yang melirik jenis sistem ekonomi satu ini. Adapun negara-negara yang memakai sistem ekonomi kapitalisme adalah:

  1. Negara di Benua Amerika

Ada banyak sekali negara di Benua Amerika yang memakai sistem ekonomi kapitalis. Seperti Amerika Serikat, Suriname, Puerto Riko, Peru, Paraguay, Panama, Republik Dominika, Bahamas, Aruba, Meksiko, Kanada, Honduras, Ekuador, Venezula, Uruguay, Nikaragua, Kolombia, Kuba, Chili, Grenada, Greenland, Bolivia, Brasil, Rika, Kosta, dan Argentina.

  1. Negara di Benua Eropa

Sedangkan negara-negara di Benua Eropa yang menggunakan sistem ekonomi adalah United Kingdom, Serbia Montenegro, Rusia, Romania, Slovenia, Slovakia, Portugal, Polandia, Norwegia, Lithuania, Latvia, Italia, Islandia, Hungaria, Luxembourg, Yunani, Jerman, Perancis, Firlandia, Estonia, Denmark, Netherlands, Moldova, Macedonia, Kroasia, Ukraina, Switzerland, Swedia, Spanyol, Bulgaria, Republik Cekoslovakia, Cyprus, Belgia, Austria, Armenia, dan Albania.

  1. Negara di Benua Asia

Benua Asia juga tidak kalah dengan benua yang lain karena di benua ini ada negara yang memakai sistem ekonomi kapitalis. Negara tersebut yaitu Selandia Baru, Australia, Singapura, Hongkong, Kamboja, Myanmar, Malaysia, Turki, Thailand, Jepang, Israel, Iran, Taiwan, Filipina, Korea Selatan, serta India.

  1. Negara di Benua Afrika

Lalu negara di Benua Afrika yang menggunakan sistem ekonomi kapitalis yaitu Zimbabwe, Zambia, Tunisia, Tanzania, Seychelles, Mozambik, Maroko, Equatorial Guinea, Côte DIvoire, Mantol Verde, Burkina Faso, Malawi, Kenya, Ghana, Gambia, Benin, Angola, Aljazair, Afrika Selatan, Senegal, dan juga Mesir.

Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Kapitalis

Ada beberapa ciri-ciri yang dimiliki oleh sistem ekonomi kapitalis dan bisa Anda gunakan untuk mengenali sistem ekonomi ini lebih mudah. Adapun ciri-ciri dari sistem ekonomi kapitalis, yaitu:

  1. Masyarakat mempunyai hak penuh pada kegiatan ekonominya

Di sistem ekonomi kapitalis setiap masyarakat diberikan hak secara penuh untuk bisa mengelola sistem ekonominya sendiri. Sehingga setiap kemampuan individu sangat dihargai oleh pemerintah negara tersebut.

  1. Alat produksi ekonomi milik perseorangan

Tentunya karena setiap orang harus mengadakan alat produksinya sendiri mengingat mereka yang mengatur sendiri perekonomiannya.

  1. Tidak ada campur tangan dari pemerintah

Pada sistem ekonomi kapitalis, pemerintah tidak di bolehkan ikut campur pada perekonomian masyarakat. Karena pemerintah hanya bertugas sebagai pengawas kegiatan ekonomi tersebut.

  1. Modal menjadi penentu di kegiatan perekonomian

Modal merupakan penentu apakah ekonomi yang ada di masyarakat bisa maju atau justru gulung tikar.

  1. Tujuan ekonomi adalah keuntungan

Semua kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat tujuan utamanya adalah agar bisa mendapat keuntungan.

  1. Harga barang/jasa sesuai pasar bebas

Harga barang dan jasa yang di produksi oleh masyarakat di tentukan oleh pasar bebas bukan pemerintah.

  1. Adanya persaingan

Karena masyarakatnya sendiri yang menentukan jenis usahanya maka pasti ada persaingan antar masyarakat.

Semoga informasi mengenai sistem ekonomi kapitalis diatas bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang pengertian sistem ekonomi kapitalis, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Itu Sistem Ekonomi Komando?
Apa itu Sistem Ekonomi? Ini Dia Jenis dan Macam Sistem Ekonomi!
Apa itu Sistem Ekonomi Tradisional?
Apa itu Sistem Ekonomi Feodalisme?
Apa itu Sistem Ekonomi Pasar?
Sistem Ekonomi di Jaman Pra Sejarah
Apa itu Sistem Ekonomi Terpusat?
Apa itu Sistem Ekonomi Welfare State?
Apa itu Sistem Ekonomi Kapitalis?
Apa Itu Sistem Ekonomi Liberal?


Bagikan Ke Teman Anda