Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Perkiraan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Harvard University

Siapa yang tidak tahu Harvard University, salah satu universitas ternama di dunia yang memiliki segudang prestasi. Tak heran jika banyak pelajar bermimpi untuk sekolah di sana. Menurut QS World University Rangkings edisi 2019, Harvard University menduduki peringkat tiga sebagai universitas terbaik di dunia, posisi ini berada di bawah Massachusetts Institute of Technology (MIT) da Stanford University. Ketiga universitas tersebut berada di negara yang sama, yaitu Amerika. Memang ya, Amerika adalah negara yang sangat kompetitif dalam bidang pendidikan. Bahkan, 33 dari 100 universitas terbaik di dunia berada di Amerika.

Namun, di berbagai lembaga pemeringkatan universitas lainnya, terkadang Harvard University justru meraih peringkat teratas. Inilah mengapa banyak pelajar, baik pelajar asli Amerika maupun luar Amerika menjadikan Harvard University sebagai sasaran. Kualitasnya tidak diragukan lagi dan dunia pun sudah mengakuinya.

Harvard University terletak di Cambridge, Massachusets, Amerika Serikat dan dibangun pada tahun 1636. Hal ini yang menjadikan Harvard University sebagai universitas tertua di Amerika. Universitas dari negeri Paman Sam ini telah menghasilkan tokoh-tokoh besar dunia, dibuktikan dari 48 lulusannya yang menjadi pemenang nobel dan 32 lulusannya menjadi kepala negara. Misalnya saja Barack Obama. Saat masuk universitas Harvard, kamu akan mendapatkan salah satu fasilitas terbaiknya, yaitu perpustakaan akademik terbesar di dunia.

Harvard University memiliki 13 sekolah dan institut. Beberapa yang paling terkenal diantaranya adalah sekolah bisnis, sekolah farmasi, dan sekolah kedokteran gigi. Bahkan, sekolah dokter gigi ini sering disebut sebagai sekolah pendidikan gigi terbaik di dunia.

Nah, sebelum memutuskan untuk kuliah di Harvard, kamu pasti penasaran kan berapa biaya kuliah di sana. Meskipun kebanyakan dari kalian mungkin mengincar beasiswa, tapi tidak ada salahnya untuk jaga-jaga dan memperkirakan apakah kamu mampu atau tidak untuk tinggal di sana. Sebab, saat kamu tinggal di sana, kondisinya mungkin tidak akan persis seperti perencanaan, bisa jadi ada hal-hal di luar kendalimu. Jadi langsung saja, akan kami bagikan perkiraan biaya kuliah di Harvard, baik biaya pendidikan maupun biaya hidup.

Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan terlihat semakin tinggi dari waktu ke waktu, namun sejalan dengan itu, beasiswa yang ditawarkan pun juga semakin banyak. Hal ini tercermin dari fakta bahwa sekitar 70% mahasiswa Harvard yang menerima bantuan beasiswa.  Banyaknya kesempatan beasiswa ini adalah salah satu manfaat yang akan kamu dapat ketika kamu mendaftar di sekolah ternama yang telah meluluskan banyak alumni yang sukses. Alumni tersebut memberi feedback atau timbal balik ke universitas yang berupa bantuan dana sehingga mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu juga bisa berkesempatan untuk sekolah di sana.

Bahkan, apabila keluarga mahasiswa bepenghasilan kurang dari 65,000 dollar per tahun, mahasiswa tersebut akan bebas dari biaya pendidikan alias gratis sepenuhnya. Dan apabila keluarga mahasiswa berpenghasilan di rentang 65,000-150,000 dollar per tahun, mahasiswa tersebut hanya perlu membayar 10% dari penghasilan keluarganya.

Dan kabar baiknya, mahasiswa internasional juga diberikan kesempatan untuk mendapatkan bantuan keuangan dari Harvard. Namun, kamu harus mengumpulkan pengajuan bantuan dan mengisikan bagaimana keadaan finasialmu, sehingga pihak Harvard dapat menentukan level bantuan yang tepat untukmu. Saat ini, lebih dari 60% mahasiswa yang mengambil program sarjana telah menerima bantuan finansial dari Harvard.

Sebelum memutuskan untuk kuliah di Harvard, kamu perlu tahu bahwa untuk memenuhi persyaratan imigrasi di Amerika Serikat, siswa internasional harus mampu membuktikan bahwa mereka dapat membayar semua biaya, termasuk biaya kuliah, hidup, dan perjalanan. Terlebih apabila kamu tidak sendiri saat datang ke Amerika, misalnya saja membawa pasangan atau anak, maka biaya yang dibutuhkan juga akan lebih tinggi dan kamu harus mampu menunjukkan bahwa kamu mampu membiayai mereka semua. Kalau tidak, maka kamu tidak akan diijinkan untuk tinggal di sana.

Nah, berikut ini adalah biaya pendidikan yang berlaku pada tahun akademik periode 2019-2020. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa konversi kurs dollar ke rupiah saat artikel ini ditulis adalah adalah 1 dollar=14,322 rupiah.

1. Studi Penuh

Untuk kamu mahasiswa biasa yang mengambil kuliah penuh, perkiraan biayanya adalah 50,144 dollar atau setara dengan 718,174,904 rupiah per tahun akademik. Dan karena kamu adalah seorang siswa internasional, maka kamu diwajibkan untuk mengambil studi penuh. Aturan ini didasarkan oleh undang-undang Amerika supaya kamu bisa mendapatkan visa.

2. Studi paruh waktu

Untuk kamu mahasiswa yang mengambil kursus-kursus tertentu saja, perkiraan biayanya adalah 6,268 dollar per kursus atau setara dengan 89,771,863 rupiah per kursus.

3. Sekolah Doktor

Nah, bagi kamu yang yang ingin mendaftar sekolah doktor, perkiraan biayanya adalah 2,507 dollar per semester atau setara dengan rupiah per 35,905,880 per semester.

Selain dari biaya pendidikan tersebut, ada juga biaya asuransi kesehatan senilai 4,906 dollar atau setara dengan 70,264,958 rupiah per semester.

Dalam web Harvard juga dituliskan bahwa pada periode 2018-2019, total biaya pendidikan tanpa adanya bantuan keringanan adalah 46,340 dollar dengan tambahan fees 4,195 dollar. Namun untuk mahasiswa dengan beasiswa, rata-rata dari mereka hanya membayar biaya pendidikan senilai 12,000 dollar per tahun. Dan hampir 55 persen mahasiswa Harvard juga menerima beasiswa berdasarkan kebutuhan dengan rata-rata 53,000 dollar per tahun.

Nah, untuk lebih tepatnya mengenai perkiraan biaya yang akan kamu butuhkan selama sekolah di Harvard, Harvard sendiri memiliki net price calculator yang dapat kamu akses di web Harvard. Di net price calculator kamu akan diminta memasukkan data finansial keluargamu, dan kalkulator ini akan menghitung perkiraan biaya yang perlu kamu bayarkan

Biaya Hidup

Biaya hidup di Harvard memang terkenal mahal, terlebih Cambridge merupakan daerah dengan rata-rata biaya hidup tertinggi di Amerika. Namun, tetap saja, setiap orang memiliki kebutuhan dan selera yang berbeda jadi sedikit sulit untuk menentukan biaya pasti yang akan kamu keluarkan selama hidup di sana.

Nah, berikut ini adalah perkiraan biaya hidup kuliah di Harvard yang dibagi dua opsi, yaitu on campus dan off campus. On campus apabila kamu memilih untuk tinggal di tempat yang disediakan kampus, sedangkan off campus apabila kamu memilih tinggal di luar.

1. Biaya di Rumah Kampus Harvard

Untuk tempat tinggal, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, saat kamu diterima kuliah di sana, kamu harus menghabiskan tahun pertamamu di asrama yang bernama Harvard Yard. Saat waktu makan, kamu akan makan bersama di ruang makan Annnenberg bersama mahasiswa-mahasiswa Harvard lainnya. Seru, kan?

Nah setelah masa tahun pertama, kamu akan ditempatkan di salah satu dari 12 gedung asrama yang ada di kampus. Sebenarnya ini tidak wajib, tapi  97% mahasiswa memilih untuk tetap tinggal di asrama tersebut. Biaya asrama ini dibagi menjadi dua, yaitu biaya tempat tinggal dan biaya makan. Untuk tempat tinggal, biayanya yaitu 16,660 dollar per tahun atau setara dengan 238,305,473 rupiah per tahun. Dan untuk makan, biayanya yaitu 6,360 dollar per tahun atau setara dengan 90,973,758 rupiah per tahun.

Karena kamu tinggal di area Harvard, kamu tidak perlu pusing untuk memikirkan biaya makan, listrik, transportasi, dan kebutuhan harian lainnya. Tinggal di asrama Harvard dinilai lebih hemat daripada kamu tinggal di luar, makanya banyak pelajar yang memilih untuk tinggal di sini.

Namun, kamu perlu juga menyediakan dana untuk buku dan sarana lainnya yang diperkirakan membutuhkan 1,000 dollar per tahun atau setara dengan 14,322,000 rupiah per tahun. Selain itu, siapkan juga dana untuk jaga-jaga apabila ada kebutuhan lainnya sekitar 42,000,000 rupiah per tahun. Jadi kalau ditotal, mungkin dana yang kamu butuhkan untuk biaya hidup di asrama  kampus Harvard sekitar 20,651 dollar atau setara dengan 295,392,936 dollar per tahun. Sebenarnya, biaya ini cukup tinggi, bahkan jauh lebih tinggi daripada rata-rata nasional yang hanya 14,604 dollar.

Dan juga, biaya on campus di Harvard biasanya akan meningkat sekitar 3.9 persen per tahun. Asumsikan ini terjadi di setiap tahun, maka apabila kamu masuk tahun depan biayanya akan menjadi 22,207 dolar,  tahun  kedua menjadi 23,029 dollar,  tahun ketiga 23,881, dan tahun keempat 24,766 dollar. Jadi, apabila kamu kuliah selama 4 tahun di sana, total biaya tinggal dan makan sekitar 93,883 dollar atau setara dengan 1,3 milyar rupiah.

2. Biaya di Luar Kampus

1. Tempat Tinggal

Ada berbagai faktor mengapa mahasiswa memilih tinggal di luar, misalnya saja menginginkan area yang lebih privat dan kondusif untuk belajar. Nah, apabila kamu salah satunya dan lebih suka tinggal di luar kampus, maka kamu perlu mencari tempat tinggal sendiri. Ada berbagai jenis tempat tinggal yang ada di Amerika. Berikut ini rata-rata biaya berbagai jenis tempat tinggal yang terletak di Boston.

    • Studio: perkiraan biaya sewa yaitu  1,400 dollar/bulan
    • Apartemen satu kamar: perkiraan biaya sewa yaitu  1,900 dollar/bulan
    • Apartemen tiga kamar: perkiraan biaya sewa yaitu  3,500 dollar/bulan

Selain tempat tinggal, kamu juga perlu mempertimbangkan kebutuhan rumah lainnya, seperti listrik dan biaya internet. Untuk listrik, perkiraan biaya adalah 197 dollar/bulan dan untuk internet perkiraan biaya 57 dollar/bulan.

2. Makanan

Berikut ini perkiraan harga makanan sehari-hari :

    • Fastfood 7 dollar
    • Beras 4.79 dollar/kg
    • Ayam potong 8.68 dollar/kg
    • Telur 3.3 dollar/ lusing
    • Makanan restoran 12 dollar
    • Air mineral 1.81 dollar/1.5 kg
    • Susu 1.82 dollar/liter

3. Kebutuhan Sehari-hari

    • Pasta gigi 3 dollar
    • Shampoo 3.97 dollar
    • Deodorant 4 dollar
    • Tissue Toilet 2.63 dollar/ 4 roll

4. Pakaian

    • Celana jeans 46 dollar
    • Sepatu kets 81 dollar
    • Sepatu kulit 79 dollar

Nah, itu dia teman-teman mengenai perkiraan biaya hidup dan biaya sekolah di Harvard. Dari uraian di atas memang dapat disimpulkan bahwa biaya hidup di Amerika sangat mahal, terlebih jika mempertimbangkan konversi kurs dollar ke rupiah yang perbandingannya sangat jauh. Teman-teman bisa menilai sendiri bagaimana perbedaan harga di Indonesia dan Amerika, mulai dari tempat tinggal, makanan, sampai pakaian. Makanya itu, apabila teman-teman sungguh-sungguh berniat sekolah di luar negeri, carilah info beasiswa mulai dari sekarang. Mungkin sekian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang perkiraan biaya kuliah dan biaya hidup di Harvard University, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Negara-Negara dengan Biaya Hidup Termurah
Perkiraan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Malaysia
Berapakah Biaya Hidup di Kota Besar Seperti Jakarta?
Biaya Kuliah di 20 Program MBA Terbaik
10 Kota di Dunia Paling Mahal Biaya Hidupnya 2019
10 Kota Paling Murah Biaya Hidupnya 2019
Perkiraan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Jerman
Perkiraan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di NTU (Nanyang Technological University) Singapura
Singapura Mahal? Ini Dia Biaya Hidup di Singapura
Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di MIT


Bagikan Ke Teman Anda