Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

15 Buku Terbaik untuk Mengelola Keuangan Pribadi

Dengan gaji yang jika dihitung relatif besar dan pengeluaran yang tidak boros-boros amat, ternyata keuangan kamu begitu-begitu saja. Hanya ada peningkatan yang tidak kentara. Padahal kamu sudah kerja siang malam. Investasipun kamu tidak milikinya. Seperti ada yang salah dengan cara kamu mengelola keuangan pribadi.

Percayalah, mengatur finansial itu dibutuhkan pengetahuan yang cukup agar uang tidak terpakai percuma sekaligus juga ppunya memiliki nilai tambah. Perlu diingat bahwa kesejahteraan masa depan tergantung cara pengelolaan finansial saat ini.

Untuk bisa mengelola keuangan pribadi secara tepat, salah satu yang bisa kamu lakukan adalah meningkatkan pengetahuan. Kamu bisa membaca salah satu buku finansial planning mengenai cara cerdas dan efektif untuk mencapai perekonomian pribadi yang mapan berikut ini:

  1. Why Didn’t They Teach Me This in School?

Penulis Cary Siegel mendapat ide untuk memulai menulis buku ini ketika menyadari bahwa sekolah formal tidak memberikan ilmu mengenai finansial. Awalnya, Why Didn’t They Teach Me This School: 99 Personal Money Management Principles to Live ditujukan untuk rentang usia 20-an. Namun, tidak ada salahnya mereka yang berusia di atas 30-an turut mempelajarinya.

Cary Siegel merangkum 99 cara mengelola uang dengan singkat dan jelas. Buku ini tidak terlalu tebal, sekitar kurang dari 200 halaman. Pengetahuan mengenai dasar-dasar finansial ditulis menggunakan istilah yang mudah dipahami oleh siswa sekolah menengah. Siapa saja dapat mempelajari keuangan dari karya yang luar biasa ini.

  1. Rich and Poor Dad

Rich and Poor Dad: What the Rich Teach Their Kids About Money That the Poor and Middle Class Do Not! merupakan buku finansial paling laris yang pernah ada. Kiyosi menyelipkan kisah masa kecil dalam karyanya tersebut. Terdapat kedudukan yang kontras antara ayah penulis yang hidup sederhana dan teman ayahnya yang kebetulan orang terkaya di Hawai.

Melalui buku ini, Kiyosi berpendapat bahwa hutang tidak selalu buruk. Selain itu, pembaca dapat memahami bagaimana seseorang menjadi kaya meskipun gaji yang didapat tidak terlalu besar.

Penulis mengemas pengetahuan mengenai finansial dengan gaya tulisan menyenangkan. Pembaca dapat menambah wawasan dengan membandingkan kehidupan 20 tahun lalu dan masa kini.

  1. The Total Money Make Over

Siapa yang tidak mengenal Dave Ramsey? Setiap kali pakar keuangan ini berbicara semua orang pasti mendengarkan dengan seksama. Setelah sukses dengan program radio, Ramsey meluncurkan lima buku tentang finansial terlaris New York Time. Salah satu karya paling populer adalah The Total Money Make Over Classic Edition: A Proven Plan for Financial Fitness.

Di dalam buku ini terdapat beberapa kalimat kasar khas Ramsey, termasuk ketika membahas mengenai pemborosan dalam rumah tangga atau cara membayar tagihan saat anak-anak memasuki perguruan tinggi.

Buku ini bukan mengenai cara cepat menjadi kaya, tapi pengetahuan dasar tentang menyimpan uang untuk dana darurat. Tujuannya agar seseorang dapat menikmati masa pensiun tanpa mengalami gangguan finansial.

  1. The Automatic Millionaire

Lugas tanpa basa-basi yang tidak penting, seperti itulah gambaran The Automatic Millionaire: A Powerful One-Step Plan to Live and Finish Rich. Buku ini hampir mirip buku fiksi. Menceritakan pasangan dengan penghasilan sederhana, namun memiliki dua rumah tanpa hipotek dan tabungan pensiun yang signifikan. Penulis David Bach menjelelaskan proses satu langkah untuk mendapatkan posisi seperti pasangan tersebut.

Seperti judulnya, memperbaiki finansial dapat dilakukan dengan cara sederhana. Contohna, bagaimana seseorang menabung dengan tepat dan melunasi hutang.

Penulis memiliki pendapat bahwa mengatur keuangan untuk mengatur diri sendiri dapat membantu menumbuhkan kekayaan beberapa tahun ke depan. Buku ini juga memaparkan perencanaan yang memberikan dampak positif dalam jangka panjang.

  1. Your Money or Your Life

Penulis Your Money or Your Life: 9 Step to Transforming Your Relationship with Money and Achieving Financial Independence berani mengungkap bahwa hidup hemat membuat hidup seseorang menjadi lebih bahagia.

Misal, seseorang bingung diantara dua pilihan, mengambil pekerjaan dengan gaji kecil atau gaji besar. Robin dan Daminguez memberikan solusi cara memilih pekerjaan yang paling tepat.

Pilihlah pekerjaan yang disenangi dan tidak merasa terbebani saat menjalankannya. Inti dari buku setebal 368 ini adalah memberikan saran dari berbagai aspek agar seseorang mandiri secara finansial. Meluruskan pola pikir yang salah hingga langkah investasi yang harus dilakukan. Bukan hanya itu, pembaca dapat mempelajari kapan waktu yang tepat untuk pensiun.

  1. The Millionare Next Door

William D. Danko dan Thomas J. Stanley mengeksplorasi tujuh sifat umum para jutawan. Penelitian dilakukan selama bertahun-tahun hingga akhirnya terbil buku dengan judul The Millionaire Next Door: The Surprising Secrets of America’s Wealthy.

Salah satu hasil survey paling menarik adalah para jutawan dalam objek penelitan tersebut justru tidak tinggal di lingkungan elit atau mengendarai mobil mewah.

Para jutawan mendapatkan kekayaan dari bekerja keras, menjalani hidup hemat, dan menabung sebagian besar penghasilannya. Bertentangan dengan penggambaran jutawan yang terlihat glamour.

Sebaliknya buku ini menekankan bahwa menjadi kaya tidak selalu membutuhkan pekerjaan mentereng. Itulah alasan karya ini sangat laris dipasaran sejak pertama kali terbit pada tahun 1998.

  1. Broke Millennial

Seperti judulnya, buku ini memang ditujukan untuk kaum dewasa muda rentang usia 20 hingga 30an. Broke Millenial: Stop Scrapping By and Get Your Financial Life Together berisi tentang ilmu keuangan.

Erin Lowry menulis cara seseorang agar dapat terlepas dari belenggu hutang, serta panduan cerdas dalam membuat anggaran. Buku ini juga berisi tentang pengetahuan agar terhindar dari bangkrut dan menjadi ahli finansial.

Berbeda dari buku finansial lainnya, penulis menyelipkan situasi rumit dalam kehidupan yang melibatkan uang, seperti cara mahasiswa mengelola uang dengan baik atau membagi tagihan dengan teman. Karya Lowry ini benar-benar menawarkan cara mengelola keuangan pribadi dengan menyenangkan. Sangat cocok dipelajari oleh para pemula.

  1. You are a Baddas at Making Money

You are a Baddas at Making Money: Master the Mindset of Wealth karya Jen Sincero, merupakan buku kedua dari penulis nomor 1 New York Time. Berbeda dari seri sebelumnya, panduan finansial ini mengambil lebih banyak sudut pandang keuangan. Jauh dari kesan serius, pembaca akan dibuat tertawa oleh bahasa khas yang kocak.

Meskipun demikian buku ini memberikan ilmu yang sangat banyak. Menceritakan pengalaman pribadi Sincero dari menjalani hidup susah hingga mencapai kesuksesan. Pembaca dapat memahami konsep finansial sederhana untuk menangani masalah keuangan.

  1. How to Retire Happy, Wild, and Free

How to Retire Happy, Wild, and Free: Retirement Wisdom That You Won’t Get from You Financial Advisor bukan tentang keuangan yang menjajikan dalam persiapan pensiun, melainkan mengenai pensiun dengan baik. Menariknya lagi, Ernie J. Zelinski tidak mempromosikan bekerja lebih keras dan lama untuk mencapai itu.

Buku ini menawarkan nasehat inspiratif tentang cara menikmati hidup sepenuhnya. Kunci untuk mencapai pensiun yang aktif dan memuaskan, lebih dari sekadar memiliki sumber keuangan memadai. Hal ini mencakup aspek lain seperti kegiatan waktu luang, kesejahteraan fisik dan mental, serta menerima dukungan sosial.

  1. Secret of Six Figure Women

Di jaman serba modern ini sudah banyak ditemukan wanita mandiri yang menjadi jutawan, bahkan di usia sangat muda. Bagaimana para wanita ini dapat unggul dalam dunia bisnis? Barbara Stanny mewawancarai beberapa wanita dengan penghasilan tinggi, dan menemukan bahwa mereka memiliki kemiripan karakteristik.

Hasil penelitian tersebut dibubukan dalam Secret of Six Figure Women: Surprising Strategies of the Succesful High Earners. Buku ini sangat sempurna untuk para wanita yang kesulitan dalam mencapai kesuksesan. Penulis menyampaikan pola pikir para jutawan. Ulasan positif dari pembaca dan sesama penulis banyak ditujukan untuk karya luar biasa ini.

  1. Smart Women Finish Rich

Satu lagi karya David Bach populer di pasaran, Smart Women Finish Rich. Pakar keuangan ini menerbitkan buku khusus untuk wanita, tetapi siapa saja yang ingin mengendalikan keuangan dapat belajar dari buku ini. Seperti karya lainnya, di dalam buku ini penulis menjelaskan bahwa untuk mencapai tabungan besar hanya dibutuhkan perubahan sederhana.

Penulis akan menjelaskan investasi kecil sekarang dapat membuahkan hasil suatu hari nanti. Buku ini terjual lebih dari satu juta eksemplar dan menjadi buku finansial wanita paling populer yang pernah ditulis. Ilmu didalamnya dapat membantu seseorang yang ingin memulai investasi, mengelola uang pribadi, dan semua kendali terkait finansial.

  1. The Financial Diet

The Financial Diet merupakan buku keuangan pribadi ditujukan untuk orang-orang yang tidak peduli dengan keuangan. Orang-orang dalam golongan ini membutuhkan detoksifikasi karena sudah terlalu dalam terkubur dalam hutan.

Bukan hanya itu, Chelsea Fagan juga menjelaskan cara mengelola gaji pertama. Singkatnya buku ini merupakan alat untuk membuat anggaran, memahami investasi, dan menangani kredit.

Chelsea Fagan mencari lebih banyak narasumber agar pengetahuan keuangan lebih luas. Seperti contohnya, menabung tidak hanya tentang menyimpan uang di bank.

Ada cara lebih cerdas dari itu dalam menyisihkan sebagian pendapatan. Mulai dari cara tepat mengisi lemari pakaian, makanan yang sebaiknya selalu ada di dapur, biaya untuk hangout, dan masih banyak lagi.

  1. Get a Financial Life

Edisi keempat buku terlaris New York Time yang sudah banyak direvisi dan diperbaharui. Get a Financial Life: Personal Finance in Your Twenties and Thirties dirancang untuk memandu dewasa muda untuk mengelola keuangan pribadi. Orang-orang pada rentang usia 20 hingga 30an lebih membutuhkan pengetahuan untuk mengatur finansial.

Rentang usia ini juga disebut dengan milenal, dimana pada usia tersebut seseorang sudah memiliki kekhawatiran terhadak krisis ekonomu yang akan melanda dirinya.

Tidak sedikit yang bertahan dengan cara salah, misalnya meminjam untuk biaya kuliah, atau tanggungan sewa tempat tinggal yang tinggi. Agar dapat berjuang dalam ekonomi terbatas sudah seharusnya mereka memiliki buku ini sebagai pendamping.

  1. Think and Grow Rich

Buku karya penulis legendaris Napoleon Hill ini cukup tua, pertama kali diterbitkan pada tahun 1937. Meskipun demikian teori klasik mengenai keuangan ini masih memberikan nasihat abadi.

Tulisan ini memiliki fokus pada pola pikir di balik membangun kekayaan. Disajikan dengan cara unik, yaitu menggabungkan kisah beberapa bangsawan pada akhir abad 19 dan awal abad 20.

Bukan hanya cara mengelola keuangan, buku ini dapat membantu seseorang dalam meluruskan cara pandang, menemukan jati diri, atau menemukan tujuan dalam hidup. Gaya bahasa buku ini sedikit lebih berat, sehingga banyak pembaca yang menyarankan untuk membaca dan memahami buku ini berkali-kali. Sudah banyak pembaca mencapai kesuksesan setelah membaca karya Napoleon Hill.

  1. When She Makes More

Saat ini banyak ditemukan wanita sukses dalam karirnya, tapi tidak sedikit pula yang memilih menjadi ibu rumah tangga setelah menikah. Sehubungan dengan hal ini bermunculan kasus wanita depresi. Penyebabnya tidak lain keuangan rumah tangga tidak sesuai bayangan. Kemungkinan terburuknya, kondisi ini menyebabkan perselingkuhan hingga perceraian.

Melalui When She Makes More: 10 Rules for Breadwinning Women, Farnoosh Torabi menyajikan kisah-kisah wanita yang berkaitan dengan ketidakseimbangan hubungan karena masalah finansial. Ibu rumah tangga sekalipun harus memegang ilmu dasar mengelola gaji suami. Buku ini sangat cocok dibaca wanita lajang maupun yang sudah menikah.

Setiap hari kita pasti bersinggungan dengan keuangan, karena itu memiliki ilmu terbaik dalam mengelolanya adalah pilihan paling bijak.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 15 buku terbaik untuk mengelola keuangan pribadi, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Hal-Hal yang Menyebabkan Orang “Gagal Kaya”
Tips Finansial untuk Buruh Kelas Menengah ke Bawah
10 Kesalahan Keuangan yang Dilakukan oleh Milenial
Untung Rugi Menjual Mobil Secara Pribadi
10 Tips Keuangan bagi Pelajar yang Baru Lulus Sekolah
Pengaturan Keuangan yang Perlu Diperhatikan Pada Usia 30
Bagaimana Orang Bisa Menjadi Kaya?
Persiapan Pribadi Menghadapi Resesi yang Akan Datang
Cara Mengelola Uang Seperti Seorang Jutawan
Daftar Persiapan Menghadapi Masa Pensiun


Bagikan Ke Teman Anda