Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

20 Negara yang Pernah Memindahkan Ibu Kotanya

Wacana pergantian ibu kota Indonesia telah menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Ada yang menyambut hangat ide tersebut, namun ada pula yang kurang setuju. Namun sejatinya, sudah ada banyak Negara yang mengganti ibu kota mereka.

Beragam alasan menjadi latar belakangnya, untuk lebih jelas silahkan disimak daftar Negara yang mengganti ibu kotanya.

Daftar Negara yang Mengganti Ibu Kotanya

1. Brasil

Pada tahun 1960, Brasil memindahkan ibu kotanya dari Rio de Janeiro ke Brasilia. Guna mendukung langkah tersebut, Brasilia telah dipersiapkan menjadi ibu kota baru sejak tahun 1956. Brasilia pun mengalami pertumbuhan yang cepat dan menjadi inspirasi negara-negara lain untuk memindahkan ibu kotanya.

2. Australia

Selama abad ke-19, dua kota besar di Australia yaitu Melbourne dan Sydney bersaing untuk menjadi ibu kota Australia. Guna menjaga perdamaian, maka Australia memutuskan menunjuk Canberra menjadi ibu kota baru pada tahun 1913.

3. Amerika Serikat

Tahun 1785 hingga 1790, New York menjadi ibu kota Amerika Serikat, hingga tahun 1800 ibu kota baru dirancang dan didirikan di Washington DC. Alasan terpilihnya Washington DC adalah sebagai kompromi yang melibatkan negara-negara utara yang mengadvokasi pembayaran hutang perang dan negara selatan yang mempunyai kepentingan ekonomi pada budak.

4. Myanmar

Pemindahan ibu kota Myanmar dari Rangoon ke Pynmana pada tahun 2005 tergolong mengejutkan dan serba mendadak. Bahkan pegawai pemerintah setempat hanya punya waktu sekitar 2 hari untuk memboyong keluarga mereka ke ibu kota yang baru.

5. Afrika Selatan

Afrika Selatan tidak hanya memiliki satu ibu kota, namun tiga, diantaranya adalah Pretoria, Bloemfontein, dan Cape Town.

Pretoria berfungsi sebagai ibu kota administrasi Negara, Bloemfontein berfungsi sebagai kota pengadilan, sedangkan Cape Town berfungsi sebagai ibu kota legislatif.

6. Nigeria

Karena dianggap terlalu ramai, maka pada tahun 1991, Lagos tidak lagi menjadi ibu kota Negara Nigeria. Perannya digantikan oleh Abuja.

7. Bolivia

Sucre awalnya menjadi ibu kota Bolivia dengan pertimbangan memiliki akses jalan yang memadai untuk sampai pada tambang perak di Negara tersebut. Namun pada tahun 1898, diketahui bahwa tambang perak telah habis dan muncullah wacana untuk memindahkan ibu kota  Bolivia ke La Paz.

8. Georgia

Selama beberapa tahun lima kota berbeda telah menjalankan fungsinya sebagai ibu koya Georgia: Savannah, Augusta, Louisville, Milledgeville, dan Atalanta. Namun setelah perang saudara, tepatnya sejak 1868, Georgia menetapkan ibu kotanya yaitu Atalanta.

9. Rusia

Secara bergantian kota Moskow dan St Petersburg telah menjadi ibu kota bagi Rusia. St. Petersburg menjadi ibu kota Rusia pada periode 1712 – 1918, sebelum pemerintah kembali menjadikan Moskow sebagai ibu kotanya.

10. Pakistan

Pada tahun 1959, Pakistan memutuskan untuk memindahkan ibu kotanya dari Karachi ke Islamabad. Butuh waktu hingga tahun 1961 untuk membangun Islamabad menjadi ibu kota baru.

11. Kazakhstan

Peran Almaty sebagai ibu kota Negara Kazakhstan digantikan oleh Astana pada tahun 1997. Namun hingga kini Almaty tetap menjadi pusat komersial serta pusat populasi terbesar di Kazakhstan.

12. Tanzania

Transisi ibu kota dari Dar es Salaam ke Dodoma tidak berjalan dengan lancar sebab sebagian besar kementrian dan kedutaan asing masih menetap di Dar es Salaam. Rencana untuk ibu kota baru Tanzania akhirnya diselesaikan pada tahun 1980 an.

13. Pantai Gading

Awalnya ibu kota Pantai Gading terletak di kota terbesarnya yaitu Abijan. Namun pada tahun 1960 an, Pemimpin pasca kemerdekaan Felix Houphouet-Boigny memiliki rencana untuk memindahkan ibu kota ke Yamoussoukro, yang merupakan tanah kelahirannya.

14. Jerman

Saat Jerman terbelah pasca perang dingin menjadi jerman Barat dan Jerman Timur, masing-masing memiliki ibu kota sendiri. Bonn untuk ibu kota Jerman Barat dan Berlin untuk ibu kota Jerman Timur.

Baru setelah penyatuan Jerman kembali, Berlin ditunjuk kembali menjadi ibu kota resmi negara tersebut.

15. India

Calcutta telah menjadi ibu kota India sampai tahun 1911, namun saat Raja George V yang menguasai India pada waktu itu memutuskan untuk mendirikan distrik baru di kota Delhi sebagai ibu kota. Maka New Delhi pun menjadi ibu kota baru bagi India.

16. Prancis

Ketika Jerman menguasi Prancis pada tahun 1940, pemerintah boneka dari wilayah pendudukan Prancis dipindahkan ke Vichy. Namun saat Sekutu datang membebaskan Paris di tahun 1944, maka Paris sekali lagi menjadi ibu kota Prancis hingga kini.

17. Kanada

Kanada memiliki banyak ibu kota sebelum Ottawa. Adalah Kingston yang sempat menjadi ibu kota Kanada pada tahun 1841 hingga 1844, kemudian dilanjutkan oleh Montreal pada tahun 1844 hingga 1849.

Ibu kota Kanada berpindah lagi dari Montreal ke Toronto pada kurun waktu 1949 hingga 1952, selanjutnya beralih ke Quebec dari 1852 hingga 1856 sebelum kembali ke Toronto dari 1956 hingga 1858.

Pada 1859 hingga 1866, Quebec terpilih lagi menjadi ibu kota Kanada, dan akhirnya Ottawa dari 1866 hingga 1867.

18. Jepang

Selama kurun waktu 1000 tahun, Kyoto telag menjadi ibu kota Jepang. Namun Kaisar Meiji memutuskan untuk menjadikan Edo sebagai ibu kota Jepang yang baru. Kota Edo inilah yang kita kenal sebagai Tokyo pada saat ini.

19. Turki

Setelah Perang Dunia I dan runtuhnya Kekaisaran Ottoman, Turki memindahkan ibu kotanya ke Ankara. Sebelumnya kota sejarah Konstatinopellah (kini Istambul) yang menjadi ibu kota Turki.

20. Thailand

Thailand pun pernah memindahkan ibu kotanya. Semula negeri ini memiliki Ayutthaya sebagai pusat pemerintahannya, sebelum pindah ke Bangkok hingga sekarang.

Masih banyak negara-negara di dunia yang memindahkan ibu kotanya, dan meskipun ada yang sempat menimbulkan ketidaknyamanan, namun negara-negara tersebut telah berhasil melaluinya.

Bagaimana dengan Indonesia? Kita tunggu saja…

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 20 negara yang pernah memindahkan ibu kotanya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Negara-Negara Paling Tidak Bahagia Sedunia
Apa itu Depresi & Great Depression?
10 Negara dengan Jumlah Pengangguran Besar
10 Negara dengan Kekuatan Milter Terbesar
10 Negara Paling Kelaparan di Dunia
10 Negara dengan Upah Minimum Terbesar
10 Negara Terbodoh di Dunia
Mengapa Asuransi Mobil Diwajibkan di Beberapa Negara?
Mengapa Asia Timur Lebih Maju Dibandingkan Asia Tenggara?
10 Negara Paling Suka Minum Bir


Bagikan Ke Teman Anda