Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Besar Gaji Presiden Tiap Negara

Kita tahu menjadi pimpinan tertinggi di sebuah perusahaan pasti akan dibayar dengan gaji yang tinggi. Lalu bagaimana dengan pemimpin negara, apakah gajinya juga tinggi? Tentu saja tinggi, karena tugas yang diemban pun sangat berat. Dilihat hitungan rata-ratanya, pemimpin negara pada umumnya memiliki penghasilan 6 kali lebih besar dibandingkan dengan rakyat biasa. Tentu ini tidak termasuk kalangan pengusaha yang kaya raya.

Berapa gaji pemimpin negara yang paling tinggi? Cek daftarnya di bawah ini dan siap-siap tercengang.

  1. Arab Saudi

Sebagai negara yang sangat kaya, wajar saja jika pemimpin negaranya mendapatkan gaji yang tinggi. Penghasilan raja Arab Saudi adalah US$ 9,600,000,000 atau sekitar Rp 137 triliun, yang termasuk penghasilan sebagai kaum bangsawan. Sementara itu, penghasilan para menterinya adalah sekitar US$ 132,400 atau Rp 1.9 miliar.

Arab Saudi adalah negara paling besar di Semenanjung Arab yang kaya akan minyak. Meskipun kaya akan persediaan minyak, negara ini tanggungannya sangat banyak karena proyek pembangunan 2 pusat ibadah di saat mata uangnya sedang turun. karena hal itulah Arab Saudi masih menanggung beban besar hingga saat ini.

  1. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab merupakan sebuah negara federasi yang terdiri dari 7 emirat. Negara ini sangat kaya akan minyak bumi. Karena itu, tak heran jika pemimpin negaranya memiliki penghasilan tinggi. Uni Emirat Arab dipimpin oleh seorang presiden yang penghasilannya adalah US$ 4,608,273,000 atau sekitar Rp 65 triliun. Pemerintahan Uni Emirat Arab dipimpin oleh Perdana Menteri yang penghasilannya adalah US$ 261,400 atau sekitar Rp 3.7 miliar.

Meski perbedaan gaji antara pemimpin negara dan pemimpin pemerintahan sangat besar, tapi keduanya tetap tinggi. Ibu kotanya, Dubai, sering dikira kaya akan sumber minyaknya. Namun sebenarnya pendapatan terbesar Dubai berasal dari pelabuhan, real estate, dan penerbangan. Bahkan minyak bumi hanya menyumbang 7% saja dari total kekayaan negara.

  1. Brunei Darussalam

Letak negara ini berdampingan dengan Indonesia, namun dari segi penghasilan dan kesejahteraan memang berbeda jauh. Negara ini kaya akan cadangan minyak dan gas alam. Brunei Darussalam dipimpin oleh seorang presiden yang memiliki penghasilan sebesar US$ 1,986,768,000 atau sekitar Rp 28.3 triliun.

  1. Kuwait

Perekonomian negara ini sangat bergantung dari sektor perminyakan. Cadangan minyak Kuwait memang sangat tinggi. Bahkan 10% cadangan minyak dunia berada di Kuwait. Negara ini merupakan penentu harga minyak dunia. Ini karena Kuwait diperkirakan memiliki total minyak hingga 104 miliar barel. Kuwait dipimpin oleh seorang emir yang pendapatannya adalah US$ 165,000.000 atau sekitar Rp 2.3 triliun.

  1. Inggris

Inggris berbentuk kerajaan dan negaranya dipimpin oleh kalangan bangsawan secara turun-temurun. Namun secara pemerintahan, negara yang terletak di Eropa Barat ini dipimpin oleh seorang perdana menteri. Penghasilan pemimpin negara yang saat ini adalah seorang ratu adalah US$122,442,508 atau sekitar Rp 1.7 triliun. Sementara penghasilan perdana menteri Inggris adalah sebesar US$ 185,500 atau sekitar Rp 2.6 miliar.

  1. Thailand

Pemimpin negara Thailand berada di deretan pemimpin negara dengan gaji paling tinggi. Thailand masih berbentuk kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja. Pendapatannya adalah US$ 84,000,000 atau sekitar Rp 1.2 triliun. Sementara pemimpin pemerintahannya adalah seorang perdana menteri yang memiliki penghasilan US$ 49,728 atau sekitar Rp 709 juta.

Meski kepala negaranya memiliki penghasilan yang sangat tinggi, tapi Thailand tidak bisa dikatakan sebagai negara kaya. Diperkirakan ini bisa terjadi karena keluarga kerajaan telah menimbun kekayaan sejak dulu, sehingga menyebabkan gap yang besar antara keluarga kerajaan dengan rakyat biasa. Bahkan antara pemimpin negara dengan pemimpin pemerintahan perbedaannya sangat besar. Ini berbeda jauh dengan kerajaan Inggris misalnya, yang keluarga kerajaannya kaya raya, tetapi kesejahteraan rakyatnya juga terjamin.

  1. eSwatini

Ini adalah negara yang terletak di sebelah selatan benua Afrika. Dulunya eSwatini bernama Swaziland. Negara ini berbentuk kerajaan yang dipimpin oleh keluarga bangsawan secara turun-temurun. Raja eSwatini saat ini bernama Raja Mswati III yang sudah memimpin sejak tahun 1986, menggantikan ayahnya Raja Shobuza II.

eSwatini adalah negara kecil yang rakyatnya miskin dan penghasilannya rendah. Tapi raja mereka termasuk salah satu raja di dunia yang super kaya. Penghasilan raja negara ini adalah Us$ 56,051,336 atau sekitar Rp 800 miliar. Sementara perdana menterinya berpenghasilan US$ 51,600 atau sekitar Rp 736 jutaan.

  1. Monaco

Monaco sudah lama dikenal sebagai negara kecil yang kaya. Di negara ini banyak diadakan pesta kaum jet set yang super mewah. Tak sedikit kalangan atas dari berbagai negara di dunia memilih tinggal di Monaco karena kenyamanannya. Salah satu alasannya adalah penghapusan pajak penghasilan di negara ini sejak tahun 1869. Presiden Monaco memiliki penghasilan sebesar US$ 52,063,000 atau sekitar Rp 743 miliar.

  1. Qatar

Dengan segala kekayaan alamnya, Qatar termasuk negara paling kaya di dunia. Cadangan minyaknya sebenarnya tidak sebesar negara lain Semenanjung Arab, tapi jumlah penduduk negara ini jauh lebih sedikit. Inilah alasan kenapa tingkat kesejahteraannya lebih tinggi. Qatar dipimpin seorang Emir yang gajinya US$ 36,000,000 atau sekitar Rp 513.9 miliar.

  1. Norwegia

Ini adalah negara yang memiliki penduduk dengan tingkat kebahagiaan tertinggi di dunia. Sejak dulu, kesejahteraan di Norwegia sangat terjamin. Negara ini dipimpin oleh seorang raja dengan penghasilan US$ 33,237,000 atau sekitar Rp 474.5 miliar.

Lalu bagaimana dengan Presiden Indonesia? Dengan mengurus wilayah luas dan rakyat termasuk terbanyak di dunia, ternyata posisi gaji presiden kita jauh di bawah negara-negara kecil seperti Malaysia, Mali ataupun Malta. Padahal Presiden Indonesia adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 besar gaji presiden tiap negara, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Defisit Negara?
15 Negara Penghasil Timah Terbesar di Dunia
10 Negara dengan Penduduk Gemar Makan Daging
10 Negara dengan Inflasi Tertinggi di Dunia
10 Negara dengan Jumlah Billionare Terbanyak
10 Negara Termiskin Di Dunia
10 Negara dengan Penduduk Terbanyak di Dunia
Deretan Pekerjaan Menyenangkan yang Gajinya Bagus
Negara-Negara Paling Tidak Bahagia Sedunia
7 Tips Kredit Mobil bagi Karyawan Gaji Pas-Pasan


Bagikan Ke Teman Anda