Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

7 Tip Menghemat Biaya Tiket Pesawat

Siapa sih yang tidak ingin travelling keliling dunia, atau setidaknya mengunjugi negara favorit yang menawarkan pesona alam, budaya, dan tempat-tempat bersejarah yang menarik? Tentu semua orang ingin memiliki kesempatan itu, pasti juga termasuk Anda. Namun, keinginan untuk travelling sering kali terkendala dengan biaya tiket pesawat yang mahal harganya. Apalagi harga tiket pesawat untuk penerbangan domestik yang saat ini mengalami lonjakan cukup tajam, sehingga mengharuskan para traveller berpikir dua kali untuk melakukan perjalanan menggunakan pesawat.

Bagai oase di tengah gurun. Di tengah tingginya harga tiket pesawat pun masih terselip harapan untuk melakukan perjalanan dan travelling dengan menghemat biaya tiket pesawat. Bagaimana bisa? Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memperoleh tiket pesawat dengan harga murah. Berikut tipsnya.

1. Booking tiket pesawat sedini mungkin

Harga tiket pesawat sifatnya tidak tetap, tetapi fluktuatif. Hanya selang satu hari bisa saja harga tiket pesawat mengalami perubahan. Umumnya setiap maskapai sudah mulai melakukan penjualan tiket jauh-jauh hari, bahkan tujuh bulan sebelum hari H-nya. Uniknya, harga tiket yang diberlakukan oleh maskapai tidaklah sama. Harga tiket yang dibeli di awal atau jauh-jauh hari sebelum penerbangan sering kali lebih murah dibandingkan dengan harga tiket yang dibeli di saat sudah mendekati atau bahkan di saat hari H penerbangan. Sebab itu, booking atau pemesanan tiket sedini mungkin menjadi salah satu tips untuk menghemat biaya tiket pesawat dalam rencana perjalanan atau travelling Anda.

2. Fleksibel dalam menentukan waktu perjalanan

Penentuan harga tiket pesawat dipengaruhi oleh tingkat permintaan dan juga momentum. Artinya, harga tiket pesawat senantiasa mengalami perubahan di waktu-waktu tertentu, misalnya musim liburan, perubahan iklim atau cuaca, dan lain sebagainya. Sebab itu, harga tiket pesawat tidaklah statis.

Harga tiket pesawat di masa-masa liburan umumnya melonjak cukup tajam. Benar saja, karena di masa tersebut tingkat permintaan semakin tinggi. Banyak orang yang melakukan perjalanan atau travelling di masa-masa tersebut. Terbang ketika banyak orang yang melakukan penerbangan bukanlah keputusan yang tepat untuk menghemat biaya tiket pesawat, sebab harga tiket cenderung mahal.

Untuk melakukan perjalanan dengan menghemat tiket pesawat, Anda harus fleksibel dalam menentukan waktu perjalanan. Terbanglah di luar musim di mana banyak orang melakukan penerbangan guna menghindari tingginya harga tiket pesawat. Jika orang lain bepergian di masa liburan sekolah, tahun baru, atau momen lainnya, maka Anda bisa memilih melakukan penerbangan sebelum atau sesudah musim tersebut.

3. Fleksibel dalam menentukan destinasi

Melakukan penerbangan dengan menghemat biaya tiket pesawat memang tidak sebebas jika terbang dengan kesiapan budget yang memadai. Untuk menghemat biaya tiket pesawat, Anda harus fleksibel dalam menentukan destinasi atau tujuan perjalanan. Di era teknologi canggih seperti sekarang ini, banyak mesin pencari maskapai yang bisa membantu Anda untuk mencari tiket termurah dengan berbagai destinasi. Jika Anda ingin menghemat biaya tiket pesawat, maka pilihlah negara di mana maskapai menawarkan harga tiket murah untuk menuju ke sana. Tak perlu kaku dalam memilih tujuan travelling, sebab intinya Anda bisa melakukan perjalanan dengan biaya tiket pesawat yang murah.

4. Hindari jalur penerbangan langsung

Jalur penerbangan langsung memang bisa menyingkat waktu, di mana Anda bisa tiba lebih cepat pada tujuan. Namun di sisi lain, maskapai justru memberlakukan harga tiket yang lebih mahal pada jalur penerbangan langsung. Solusinya, hindari jalur penerbangan langsung. Carilah jalur penerbangan tidak langsung yang mengharuskan Anda untuk transit terlebih dahulu sebelum mencapai tujuan. Biasanya, jalur penerbangan tidak langsung menawarkan harga tiket pesawat yang lebih murah. Konsekuensinya memang waktu untuk sampai pada tujuan menjadi lebih lama, namun Anda bisa menghemat biaya tiket pesawat. Bukankah itu yang dicari?

5. Pilih maskapai bertarif hemat

Rute penerbangan tidak hanya didominasi oleh satu atau beberapa maskapai sehingga menjadikan harga tiket pesawat untuk rute tersebut mahal. Saat ini banyak maskapai yang membuka dan melayani rute penerbangan antar daerah, antar negara, bahkan antar benua dengan harga tiket bersaing. Banyak maskapai murah yang melayani rute penerbangan jarak jauh. Hal ini tentu memudahkan Anda yang ingin travelling untuk memilih maskapai yang menawarkan harga tiket lebih murah sehingga Anda bisa menghemat biaya perjalanan.

Harga tiket pesawat yang murah biasanya berimbas pada minimnya fasilitas yang ditawarkan seperti kapasitas bagasi dan lainnya. Wajar saja, maskapai murah ini tidak membebankan fasilitas pada harga tiket, tetapi membebankan biaya tersendiri pada fasilitas-fasilitas yang disediakannya. Oleh sebab itu, Anda harus jeli dalam memilih dan menentukan maskapai. Beberapa maskapai bertarif rendah membebankan biaya untuk bagasi, cetak boarding pass, penggunaan kartu kredit, tas jinjing, dan lainnya. Jadi, jangan sampai Anda mendapatkan harga tiket yang murah tetapi justru membayar biaya berbagai fasilitas yang ada, sehingga akumulasi harganya justru mahal.

6. Bandingkan harga tiket antar maskapai

Untuk menghemat pembelian, Anda tentu membandingkan harga barang yang sama di toko satu dengan yang lain. Demikian pula untuk menghemat tiket pesawat, Anda perlu membandingkan harga tiket antar maskapai guna memperoleh harga yang paling murah. Memang dibutuhkan usaha, waktu dan tenaga untuk membandingkan harga tiket antar maskapai, setidaknya Anda harus mengunjungi situs resmi dari maskapai terkait dan situs dari agen travel online. Sebab, tak semua agen travel online menampilkan harga tiket seluruh maskapai. Wajar saja, agen travel online tentu hanya menampilkan informasi tentang harga tiket dari maskapai yang bekerja sama dengannya saja. Sebab itu, untuk menghemat biaya tiket pesawat, Anda harus rajin-rajin membuka situs resmi dari berbagai maskapai dan membandingkannya, mana yang lebih murah.

7. Berlangganan milis dari maskapai dan agen travel online

Biasanya setiap situs maskapai dan agen travel online membagikan milis atau newsletter melalui email yang berisi beragai informasi, termasuk penawaran promo harga tiket pesawat. Jika Anda tidak ingin repot dan kehabisan waktu mengecek situs maskapai satu per satu, Anda bisa berlangganan milis dari maskapai dan agen travel online. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan informasi setiap ada promo harga tiket murah yang ditawarkan oleh maskapai.

Biaya tiket pesawat merupakan biaya yang cukup banyak menyita porsi anggaran biaya perjalanan. Padahal dalam setiap perjalanan jarak jauh antar pulau, antar negara, bahkan antar benua, biaya tiket pesawat harus disediakan. Agar perjalanan travelling yang dilakukan tidak berat di ongkos pesawat, maka biaya tiketnya harus dihemat. Dengan menerapkan tips-tips di atas, menghemat biaya tiket pesawat dalam perjalanan Anda bisa dengan mudah diwujudkan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 7 tip menghemat biaya tiket pesawat, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



6 Cara Mengelola Keuangan Keluarga Secara Efektif
Perkiraan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Australia
Tipe Orang yang Akan Gagal Mengelola Uang
7 Tip Perencanaan Keuangan Pribadi dan Investasi
Punya Gaji Tinggi, Bagaimana Tetap Rendah Hati?
Belajar Cara Mengatur Uang Ala Orang China
Cara Mengembangkan Kecakapan Finansial
Nasehat Finansial ini Patut Diajarkan ke Generasi Selanjutnya
Kenali Ciri-ciri Investasi Bodong!
Tagihan Mana yang Harus Dibayar Dulu?


Bagikan Ke Teman Anda