Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Menghemat Uang dari Marie Kondo

Akhir-akhir ini nama Marie Kondo semakin sering didengar. Tahukah Anda Marie Kondo? Wanita asal Jepang ini berhasil menggemparkan dunia dengan teknik declutter (penyusutan) yang kini dipraktikkan oleh semua orang dari berbagai macam kalangan dan latang belakang.

Setelah digali lebih dalam, ternyata KonMari, metode yang diperkenalkan Marie Kondo, bisa digunakan di semua aspek kehidupan. Bukan soal merapikan rumah dan kamar saja, KonMari juga sangat membantu menata kondisi finansial seseorang.

Siapa Marie Kondo?

Marie Kondo, wanita asal Jepang kelahiran 9 Oktober 1984 ini adalah seorang organizing consultant dan pengarang. Buku Kondo yang paling terkenal adalah The Life-Changing Magic of Tidying Up yang diterbitkan pada tahun 2011. Buku ini sangat laris, telah dipublikasikan di lebih dari 30 negara dan masih menjadi sumber referensi hingga kini.

Berkat kesuksesan bukunya, Marie Kondo berhasil masuk ke dalam 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time pada tahun 2010. Buku Marie Kondo sendiri menjado best-seller di Jepang dan Eropa.

Metode KonMari

Dalam buku The Life-Changing Magic of Tidying Up, Kondo memperkenalkan metode KonMari, yaitu cara menata rumah paling efektif hingga Anda tidak perlu membersihkannya setiap hari. Metode KonMari bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja.

Kondo memberikan gambaran mengenai pembersihan lemari pakaian dengan cara KonMari. Pertama, kumpulkan semua pakaian yang Anda miliki, termasuk kaos kaki dan dalaman. Jangan melewatkan satu benda pun. Pakaian yang kotor atau belum dicuci juga harus Anda kumpulkan bersama.

Setelah itu, pegang pakaian satu per satu dan tanyakan pada diri Anda, apakah Anda merasa bahagia saat memakainya? Jika tidak, maka singkirkan.

Inti dari metode KonMari adalah menggunakan barang-barang seperlunya saja. Jangan menyimpan barang yang tidak berguna dan tidak membuat Anda bahagia, termasuk barang-barang penuh kenangan yang sebenarnya tidak diperlukan lagi.

Metode KonMari kemudian diperluas dengan pembersihan kamar, pembersihan rumah, hingga membersihkan kantor. Semua orang yang telah mempraktikkan metode KonMari mengaku puas dan merasa lebih bahagia. Mereka juga menyadari betapa banyak barang berguna yang mereka simpan.

Penggunaan metode KonMari ternyata bukan hanya soal merapikan barang-barang dan ruangan saja. Urusan finansial juga bisa menjadi lebih baik dengan menerapkan metode KonMari. Bagaimana caranya?

Menghemat Uang dengan KonMari

Jika selama ini Anda masih bingung mengatur keuangan, cobalah menggunakan prinsip KonMari. Seiring berjalannya waktu, Anda akan menyadari berapa banyak uang yang telah Anda hemat dan bagaimana keuangan Anda menjadi lebih stabil.

  • Bayar Tagihan Tepat Waktu

Tidak ada seorangpun di dunia ini yang suka membayar tagihan. Namun jika ini sampai dilewatkan, maka hidup Anda bisa jadi berantakan. Hentikan kebiasaan menunda pembayaran tagihan, karena semakin lama Anda menunda maka semakin banyak denda yang harus dibayarkan. Bayangkan berapa banyak uang Anda yang hilang karena membayar denda.

Catat tanggal jatuh tempo setiap tagihan, lalu ubah modelnya menjadi auto-payment yang akan langsung dipotong dari rekening bank Anda. Pasang pengingat pada ponsel agar Anda tidak lupa saat tiba waktunya untuk membayar tagihan.

  • Hentikan Langganan yang Tidak Perlu

Membayar biaya langganan adalah salah satu alasan mengapa pengeluaran Anda membesar setiap bulannya. Coba hitung berapa banyak yang harus Anda keluarkan untuk membayar TV Kabel, Spotify, pusat kebugaran, atau langganan koran. Apakah Anda benar-benar memerlukan semua itu?

Jika Anda menghabiskan setiap hari untuk bekerja, maka setidaknya ada dua hal yang bisa dipangkas: langganan koran dan TV kabel. Anda bisa mengakses berita secara online dan menonton tayangan TV yang diinginkan dengan cara yang sama. Berhenti menghabiskan uang untuk sesuatu yang tidak benar-benar Anda nikmati dan Anda butuhkan.

  • Atur Kembali Penggunaan Kartu Kredit

Kartu kredit adalah akar permasalahan bagi keuangan semua orang. Tidak semua orang membutuhkan kartu kredit, namun banyak dari mereka yang sangat membutuhkannya. Jika Anda termasuk golongan kedua, maka Anda harus mengatur kembali penggunaan kartu kredit agar tidak menimbulkan masalah pada keuangan Anda.

Turunkan suku bunga kartu kredit yang Anda miliki. Hubungi bank yang Anda gunakan lalu mintalah mereka untuk melakukan hal ini. Jangan gunakan beberapa kartu kredit sekaligus. Cukup dengan satu kartu saja, yang penting bisa menguntungkan Anda. Mempertahankan kartu kredit yang memiliki banyak poin hadiah adalah pilihan yang baik.

  • Jangan Menghabiskan Uang Untuk Kebutuhan yang Tidak Penting

Setelah menerapkan metode KonMari, Anda pasti menyadari betapa banyak uang yang sudah Anda habiskan selama ini untuk membeli barang-barang yang tidak perlu. Saat melakukan pembersihan,, pasti ada banyak pakaian, barang, dan kosmetik yang terbuang. Entah itu karena kadaluarsa atau karena Anda tidak membutuhkannya lagi.

Berdasarkan hal itu, pikirkanlah dengan baik saat Anda akan membeli sesuatu. Tanyakan pada diri Anda apakah Anda bahagia jika membeli barang tersebut. Menghemat pengeluaran untuk membeli barang-barang seperti benar-benar sangat bermanfaat untuk memperbaiki kondisi keuangan Anda.

Inti dari metode KonMari adalah melihat segala yang Anda miliki, lalu mencari tahu satu per satu mana yang membuat Anda bahagia. Sesuatu yang membuat Anda bahagia adalah yang memiliki nilai di dalamnya. Dalam hal finansial, metode KonMari digunakan bukan hanya untuk mebebaskan Anda dari lilitan hutang, pembayaran tagihan, dan pembelian barang-barang yang tidak diperlukan. Namun setelah menerapkan metode KonMari dalam keuangan, diharapkan Anda menemukan kedamaian pikiran dan selalu berpikiran positif. Uang yang Anda miliki harus bisa membuat Anda bahagia dengan menggunakannya semaksimal mungkin.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip menghemat uang dari Marie Kondo, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Strategi Menabung Sesuai dengan Kondisi Ekonomi
Tips Berhemat yang Terbukti Mengurangi Pengeluaran Uang
Mengapa Orang Miskin Akan Tetap Miskin?
18 Cara Menghasilkan Uang Saat Liburan
Bagaimana Orang Bisa Menjadi Kaya?
Cara Membuat Anggaran Sederhana
7 Cara Cerdas Mengelola Keuangan
Definisi Uang, Fungsi, dan Jenis Uang
10 Tips Keuangan bagi Pelajar yang Baru Lulus Sekolah
Bagaimana Menghasilkan Uang Tambahan saat Traveling/Liburan


Bagikan Ke Teman Anda