Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Bagaimana Masa Depan Cryptocurrency?

Di jaman teknologi canggih seperti sekarang, semua dibuat serba digital. Bahkan, uang pun kini mengalami digitalisasi. Uang digital ini disebut juga dengan cryptocurrency. Cryptocurrency dapat didefinisikan sebagai aset digital yang didesain untuk berfungsi sebagai alat pertukaran dengan menggunakan kriptografi untuk menjamin transaksi finansial, mengendalikan pembentukan unit tambahan, dan memverifikasi transfer aset.

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang menggunakan kontrol desentralisasi, berlawanan dengan sistem perbankan sentral.

Awal Kemunculan Cryptocurrency

Salah satu bentuk awal dari cryptocurrency adalah Bitcoin yang sudah muncul sejak lebih dari 10 tahun yang lalu. Ketika itu, masyarakat yang banyak yang bertanya, apa fungsi dari cryptocurrency?

Kini ketika publik sudah sadar teknologi, banyak yang memprediksi cryptocurrency akan menggantikan uang kertas di masa mendatang. Namun ada pula beberapa pendapat yang mengatakan bahwa Bitcoin hanya digunakan oleh kalangan tertentu dan tidak akan bisa menjangkau khalayak umum. Dengan dua pendapat berbeda ini, bagaimana sesungguhnya masa depan cryptocurrency sendiri?

Mengapa Harus Cryptocurrency

Untuk transaksi yang bersifat online, bank masih berperan sebagai pihak yang menjembatani pembayaran antara penjual dengan pembeli melalui internet. Bagi pengguna yang memiliki rekening bank yang terkoneksi dengan internet, tentu saja hal ini bukanlah halangan.

Namun bagaimana dengan pembeli yang ingin bertransaski secara online namun tidak dapat membuka rekening bank. Kasus semacam ini banyak terjadi di negara miskin yang sistem perbankan-nya masih belum matang, juga kalangan tertentu dari negara berkembang. Di seluruh dunia, terdapat setidaknya 1 milyar orang yang masuk ke dalam kedua kategori ini.

Aplikasi cryptocurrency yang paling sederhana memang diterapkan pada jual beli online. Cryptocurrency dapat memfasilitasi pembeli dengan lebih mudah. Tanpa perlu menuliskan informasi pribadi secara detail, pengguna sudah bisa melakukan pembayaran.

Manfaat Cryptocurrency

Tujuan utama dari cryptocurrency adalah sebagai pengganti sistem perbankan yang tersentralisasi, dimana setiap transaksi yang terjadi berada di bawah pengawasan bank. Sebenarnya, keberadaan bank sebagai pihak ketiga dapat dihapuskan, seperti sistem yang diterapkan oleh cryptocurrency.

Dengan demikian, proses jual beli menjadi lebih sederhana dan dapat mengurangi biaya transaksi melalui bank yang dibebankan pada pembeli. Beberapa manfaat yang diberikan cryptocurrency antara lain:

  • Tidak adanya pihak ketiga sebagai perantara, yaitu bank.
  • Pembeli tidak perlu menaati peraturan yang diterapkan oleh bank, dan sebaliknya bank tidak dapat memaksakan regulasi mereka kepada pembeli.
  • Pedagangan memiliki kuasa otonomi yang lebih tinggi.
  • Tidak akan akun yang dibekukan.
  • Tidak ada biaya perantara seperti yang berlaku di eBay dan Etsy.
  • Pelanggan mendapatkan perlindungan privasi yang lebih baik.
  • Pembeli bisa melakukan transaksi secara internasional tanpa menggunakan nilau tukar mata uang.
  • Tingkat perlindungan yang lebih tinggi terhadap transaksi palsu atau penipuan.

Kritik Terhadap Cryptocurrency

Meski penggunanya terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun, cryptocurrency seperti Bitcoin memang baru menjangkau kalangan terbatas saja. Masih banyak kritik yang dilayangkan pada cryptocurrency dan kegunaannya di masa depan. Bitcoin hingga kini masih menjadi cryptocurrency yang paling populer. Namun nilai Bitcoin bisa menurun dengan kemunculan alternatif lain yang nilainya semakin meningkat.

Di samping Bitcoin, ada lebih dari 500 cryptocurrency yang telah dikembangkan saat ini. Beberapa yang mulai populer adalah Ripple, Litecoin, dan Stellar. Nilai dasar dari cryptocurrency murni hanya pada kekuatan jual dan beli saja. Inilah yang membuat nilai cryptocurrency menurun secara drastis setiap harinya.

Munculnya Pesaing Bitcoin

Sebagai cryptocurrency yang muncul pertama kali, Bitcoin secara otomatis menjadi yang paling populer di ranahnya. Berkat Bitcoin, masyarakat mulai memahami kompleksitas cryptocurrency dan blockchain secara umum.

Blockchain adalah sistem pencatatan atau database yang tersebar luas di jaringan. Seiring berjalannya waktu, muncul banyak pesaing Bitcoin yang mampu menawarkan fitur yang lebih baik. Salah satunya adalah Ripple. Ripple dinilai mampu menunjukkan kegunaan blockchain yang sebenarnya pada pada pengguna. Karena kelebihan ini, Ripple tidak hanya menarik investor institusional sebagai cryptocurrency saja, namun sebagai formulasi blockchain dalam praktik kehidupan sehari-hari.

Masa Depan Cryptocurrency

Di saat belum banyak orang yang menggunakan Bitcoin, jumlah barang yang bisa dibeli dengan crypto terus bertambah. Hingga kini, ada lebih dari 13 ribu toko dan outlets yang menerima pembayaran dengan menggunakan Bitcoin. Tentu saja angka itu masih jauh untuk menjangkau masyarakat luas. Bisa jadi Bitcoin memang tidak akan sampai ke titik itu karena ketersediaan yang masih terbatas dan distribusi tidak merata.

Kritik tanpa henti terhadap cryptocurrency adalah indikasi bahwa banyak hal yang harus diperbaiki untuk menunjukkan kelebihan cryptocurrency yang sebenarnya. Cryptocurrency masih dianggap relative baru dalam dunia finansial, dan masa depannya masih belum bisa dipastikan. Jika terus dikembangkan dan diperbaiki, bukan tidak mungkin cryptocurrency muncul menjadi metode pembayaran baru di masa depan.

Namun untuk menjangkau dunia finansial secara luas, cryptocurrency dinilai masih berada di tahap sangat awal. Namun banyaknya minat dan perhatian masyarakat terhadap cryptocurrency adalah sebuah sinyal positif untuk keberlangsungan di masa mendatang.

Peningkatan yang Harus Dilakukan oleh Cryptocurrency

Dianggap sebagai transaksi digital di masa modern, cryptocurrency masih harus memperbaiki diri di berbagai aspek. Seiring dengan berjalannya waktu, cryptocurrency harus mampu meningkatkan kegunaannya sebagai platform transaksi. Banyak perusahaan dan pengembang yang mencari platform terdesentralisasi dengan blockchain sebagai dasarnya. Dilihat dari sudut pandang ini, tentu saja cryptocurrency memliki masa depan yang cerah jika mampu mengembangkan pelayanannya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang masa depan cryptocurrency. semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Mata Uang Cryptocurrency?
Rahasia Memiliki Tabungan untuk Masa Depan
Ciri-ciri Orang yang Akan Sukses di Masa Depan
Waspadai Hal-hal Kecil Ini Dapat Menghacurkan Masa Depan
Bagaimana Masa Depan Cryptocurrency?
Ini Dia Ancaman yang Mungkin Terjadi Dalam Cryptocurrency
Apa Itu ICO (Initial Coin Offering)?
Inilah 12 Ciri-ciri Orang yang Akan Kaya di Masa Depan. Apakah Anda Memilikinya?
Apa Itu Mata Uang Libra Facebook?
Masa Depan Bitcoin: Akankah Menjadi Mata Uang Digital Tunggal?


Bagikan Ke Teman Anda