Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Dapps?

Dapps merupakan istilah dalam dunia mata uang crypto. Merupakan singkatan dari Decentralized Applications, Dapps secara harafiah bisa diartikan sebagai aplikasi yang terdesentralisasi. Dapps adalah program atau aplikasi digital yang aktif dan bekerja di blockchain atau jaringan komputer P2P. Jadi Dapps tidak bekerja di komputer single. Dapps berada di luar kontrol dan otoritas perorangan.

Di dalam Dapps terdapat jaringan terpusat yang berisi gabungan antara tampilan antarmuka dan kontrak pintar. Kontrak pintar Ethereum transparan dan bisa diakses siapa saja. Di Dapps, sistemnya lebih terbuka. Jadi kontrak pintar yang pernah dibuat orang lain sebelumnya juga bisa diakses oleh siapa saja yang mengakses Dapps.

Mengenal Dapps Lebih Dalam

Aplikasi standar seperti Twitter misalnya, berjalan dengan sistem komputer yang dioperasikan oleh sebuah organisasi. Jadi sistemnya terpusat, dimiliki dan dijalankan oleh organisasi. Merekalah yang memiliki otoritas penuh akan aplikasi dan cara kerjanya. Pengguna aplikasi memang ada banyak, tapi bagian backend atau di baliknya dikontrol oleh satu organisasi saja.

Sebuah Dapp punya kode backend yang bekerja aktif di jaringan peer to peer yang tidak terpusat. Ini berbeda dengan aplikasi yang menggunakan kode backend dengan server yang terpusat atau hanya dikontrol oleh satu pihak saja, seperti Twitter (contoh di atas).

Sebuah Dapp bisa memiliki tampilan antarmuka dan kode frontend yang dituliskan dalam bahasa apa pun (sama saja dengan aplikasi kebanyakan). Kode frontend bisa terhubung dengan kode backend. Kode frontend bisa dikontrol oleh penyimpanan terdesentralisasi seperti IPFS.

Hubungan Dapps dan Jaringan Mata Uang Crypto

Dapps bisa beroperasi di jaringan P2P atau jaringan blockchain, contohnya BirTorrent, Tor, dan Popcorn Time. Ketiganya adalah aplikasi yang berjalan di komputer yang menggunakan jaringan P2P. Di dalam jaringan ada beberapa peserta yang secara bersama-sama mengonsumsi konten, mengirim atau menerima konten, atau melakukan kedua aktivitas tersebut.

Dalam hubungannya dengan mata uang crypto, Dapps berjalan di jaringan blockchain yang ada di lingkungan terbuka dan tidak terpusat. Jaringan ini bebas dari kontrol dan gangguan dari otoritas tunggal.

Sebuah Dapp bisa dibuat oleh sebuah developer. Tapi jika sudah dimasukkan ke dalam blockchain, maka aplikasi ini bisa digunakan siapa saja yang ada di blockchain. Jadi semua yang ada di sana bisa mengaksesnya. Jika sudah mengunggah sesuatu, tidak akan ada yang bisa menghapusnya. Meskipun itu adalah kreator atau developernya.

Karakteristik Dapps

Sebuah aplikasi bisa dikatakan terdesentralisasi dan termasuk ke dalam kategori Dapps apabila memiliki beberapa karakteristik. Di antaranya adalah:

  1. Terdesentralisasi

Artinya aplikasi ini tidak terpusat. Ia berjalan secara mandiri, tanpa ada kelompok yang mengontrol aplikasi tersebut.

  1. Fungsinya Sama

Aplikasi tersebut menjalankan fungsi yang serupa, meski berada di jaringan atau lingkungan yang berbeda. Sehingga semua yang terhubung akan saling terkait.

  1. Turing Complete

Turing complete merupakan sebuah konsep yang ada di komputer teoritis. Sebuah aplikasi bisa masuk dalam kategori Dapp jika mampu menerjemahkan algoritma apapun (turing complete). Jika sebuah Dapp diberikan sumber-sumber yang dibutuhkan, maka Dapp bisa melakukan tindakan apa saja.

  1. Terisolasi

Artinya aplikasi dijalankan di lingkungan virtual tertentu, tidak bisa diakses di mana saja. Misalnya hanya pada blockchain tertentu. Salah satu contohnya adalah Mesin Virtual Ethereum. Karena terisolasi, jadi jika sebuah kontak pintar terkena masalah (misalnya punya bug), maka tidak akan menyebar. Bug tidak akan mengganggu fungsi normal jaringan blockchain.

Kontrak Pintar dalam Dapps

Dalam Dapps ada kontak pintar. Ini adalah kode yang bekerja di dalam jaringan blockchain Ethereum. Kontak pintar berjalan dan berfungsi sesuai dengan apa yang sudah diprogramkan sebelumnya. kalau kontak pintar sudah digunakan dalam sebuah jaringan blockchain, maka tidak ada yang bisa merubahnya.

Dapps bisa bekerja tanpa terpusat pada satu organisasi karena aplikasi ini dikontrol oleh apa yang telah tertulis di dalam kontrak. Bukannya apa yang diatur oleh perseorangan atau satu perusahaan saja. Karena itu, sangat penting untuk mendesain kontrak dengan hati-hati sebelumnya. Jangan sampai membuat kontrak tanpa dipikirkan terlebih dahulu dan asal meluncurkannya. Begitu sudah diluncurkan, tidak ada cara untuk mengubahnya.

Keunggulan Dibuatnya Dapps

Hadirnya Dapps tentu bukan tanpa alasan. Ada beberapa keunggulan Dapps dibanding dengan aplikasi lainya:

  1. Tidak Ada Downtime

Begitu Dapp sudah berjalan di jaringan blockchain tertentu, jaringan secara keseluruhan bisa berinteraksi dengan klien. Karena itu, risiko bagi pengguna yang berusaha menyalahgunakan aplikasi bisa dihindari. Dibandingkan aplikasi biasa, Dapps relatif lebih aman dalam hal ini.

  1. Lebih Privat

Pengguna tidak perlu memberikan identitas yang sesungguhnya untuk menggunakan aplikasi ini. Jadi menggunakan Dapps bisa terasa lebih pribadi.

  1. Tidak Ada Sensor

Dalam arti, tidak ada yang bisa membatasi pengguna untuk menggunakan aplikasi. Entah itu membaca data, mengunggah sesuatu, dan lain-lain.

  1. Data Lengkap dan Terintegrasi

Karena berada di jaringan kriptografi, maka data yang telah tersimpan di dalam blockchain tidak bisa diganggu gugat. Risiko pengguna yang berniat memalsukan data bisa jauh lebih berkurang.

  1. Data Komputasi yang Terpercaya

Kontrak pintar bisa dianalisa dan terjamin. Metode lama tidak ada yang menggunakan cara ini. karena biasanya pengguna harus tunduk pada sebuah sistem yang telah dibuat sebelumnya oleh satu pihak.

Implikasi Pengembangan Dapps

Bagaimanapun juga, Dapps belum sempurna. Masih ada beberapa hal yang bisa berpotensi menjadi masalah dalam pengembangan Dapps. Misalnya saja dari segi maintenance atau perawatan.

Dapps bisa cukup sulit dijaga karena data yang sudah terpublikasi di jaringan blockchain lebih sulit untuk dimodifikasi. Jadi developer akan lebih sulit untuk memperbarui aplikasi, meskipun di versi lama ada bug yang harus dihilangkan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu dapps, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Bagaimana Masa Depan Cryptocurrency?
Apa Itu Stable Coin?
Apa itu Mata Uang Cryptocurrency?
Apa Itu Shitcoin?
Inilah 10 Cryptocurrency Terpopuler Saat Ini
Masalah-Masalah yang Ada pada Mata Uang Crypto, Pertimbangkan Sebelum Investasi
Apa Itu Bitcoin Halving?
Apa Itu Altcoin?
Sejarah Litecoin, Awalnya dari Mantan Pegawai Google
Apa Itu NFT (Non Fungible Tokens)?


Bagikan Ke Teman Anda