Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Hardware Wallet?

Saat ini ada berbagai macam bentuk uang, tidak hanya fisik tetapi juga uang digital. Konsumen semakin dipermudah dalam transaksi sehari-hari dengan adanya uang digital. Dengan menggunakan uang digital, kendali keuangan sepenuhnya ada di tangan masing-masing individu. Salah satu bentuk uang digital adalah bitcoin dan mata uang kripto lainnya.

Punya kendali akan keuangan pribadi memang terdengar menyenangkan. Tetapi beda dengan uang biasa yang disimpan di bank, di mana kita harus menyimpan aset digital kita? Hardware wallet adalah salah satu pilihan yang tepat. Apa itu dan bagaimana cara kerja hardware wallet? Benarkah lebih aman dari dompet online lainnya?

Mengenal Hardware Wallet

Ini adalah sebuah dompet yang serupa dengan akun bank digital. Lewat dompet ini, pemegangnya bisa mengirim, menerima, dan mengatur mata uang kripto milik mereka. Yang perlu diingat adalah hardware wallet bukanlah dompet digital. Hardware wallet adalah dompet fisik. Hardware wallet tersedia dalam berbagai bentuk dan juga ukuran. Salah satunya ada yang bentuknya mirip dengan USB.

Hardware wallet dianggap sebagai salah satu metode yang paling aman untuk menyimpan mata uang kripto. Jika menggunakan hardware wallet, akses menuju simpanan kita dienkripsi oleh perangkat tersebut. Inilah yang menjadikannya lebih aman jika dibandingkan dengan dompet online.

Akses menuju dompet online disimpan secara online. Jadi apabila situs dompet online diretas, misalnya, ada risiko koin akan hilang. Risiko ini bisa dihindari jika menggunakan hardware wallet, karena data disimpan secara offline.

Sebagai tambahan keamanan, hardware wallet juga dilengkapi dengan PIN. Dengan begitu, penggunaan yang tidak sah bisa dihindari. Meskipun dompet hilang, dompet tetap tidak bisa diakses jika PIN tidak diketahui. Jadi dompet akan tetap aman meski terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti hilang atau dicuri.

Kelebihan Hardware Wallet

Kenapa harus pakai hardware wallet? Kalau masih belum yakin, beberapa alasan di bawah ini mungkin akan mengubah pikiran:

  1. Super Aman

Meskipun komputer kita, baik milik pribadi ataupun yang digunakan di tempat kerja, tidak aman, tapi hardware wallet tetap aman. Dompet ini memberikan lapisan pengamanan ekstra dari berbagai ancaman negatif. Kita bisa menghindari beberapa bahaya seperti serangan cyber, situs penipuan, atau kesalahan lainnya di sistem komputerisasi.

  1. Banyak Aset, Satu Lokasi

Sebuah hardware wallet bisa digunakan untuk beberapa blockchain dalam waktu yang sama. Penggunanya bisa menggunakan 1 dompet saja untuk mengatur mata uang kripto di beberapa tempat. Semua data bisa dicadangkan dengan mudah.

  1. Sangat Nyaman

Hardware wallet adalah jenis dompet yang sangat nyaman. Selain ukurannya yang pada umumnya kecil, bentuknya biasanya merupakan perangkat plug ini yang nirkabel. Pemiliknya bisa mengakses aset kriptonya kapan saja dan di mana saja tanpa ribet.

Harus buat banyak akun di setiap aplikasi? Dengan hardware wallet, ini tidak perlu lagi dilakukan. Dengan 1 dompet saja, pemiliknya bisa mengakses ke banyak aplikasi tanpa perlu buat akun baru. Bahkan hardware wallet bisa digunakan untuk mengakses aplikasi reguler seperti Google dan Facebook.

  1. Transaksi Antar Wallet

Dengan hardware wallet, pemiliknya bisa melakukan transaksi langsung. Ini adalah cara yang paling aman untuk memperdagangkan aset digital sekaligus mempertahankan hak asuh terhadap token atau perangkat milik kita.

Aset kripto yang diperdagangkan tidak perlu melewati media lain atau dompet pertukaran saat bertransaksi. Dengan begitu, pemakainya tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan saat menyetor atau melakukan penarikan.

  1. Aman Meski Hilang

Karena untuk mengakses hardware wallet harus menggunakan PIN, ini membuatnya aman meski dompet hilang. Entah itu karena dompet hilang atau dicuri, dompet tetap aman. Kenapa? Karena untuk bisa mengaksesnya harus mengetahui nomor PIN yang tidak terekam secara digital. Karena tidak terekspos di internet, maka PIN tidak bisa dicuri. Hal ini membuat hardware wallet disebut juga sebagai penyimpanan beku.

Jika dompet sampai hilang, pemiliknya tidak perlu kuatir karena ada cara untuk mengembalikannya. Pemilik harus memasukkan daftar kata-kata untuk mendapatkan kunci pribadi, daftar kata-kata ini disebut seed phrase. Daftar ini biasanya berisi 12 sampai 24 kata Cara ini bisa digunakan untuk memindahkan data ke dompet yang lain.

Sangat disarankan bagi pemilik dompet untuk menuliskan sheed phrase di secarik kertas dan disimpan di tempat yang aman. Dengan begitu, pemilik tidak akan kesulitan saat hendak memulihkan dompet yang hilang.

Apakah Punya Hardware Wallet Itu Wajib?

Jawabannya, tergantung. Bagi seorang yang sering menggunakan mata uang kripto, maka kepemilikan hardware wallet jadi sangat penting. Data pemiliknya bisa dijauhkan dari internet, sehingga tidak terekam dan mudah dicuri. Data pemilik tidak akan bisa diretas. Transaksi pun bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun.

Cara Mendapatkan Hardware Wallet

Dompet ini bisa dibeli oleh siapa saja di beberapa situs milik produsennya langsung atau dari retailer. Hardware wallet bisa langsung didapat, tetapi ada kalanya juga harus menunggu. Ini terjadi di saat permintaan akan mata uang kripto sedang tinggi.

Banyak orang yang tiba-tiba membutuhkan hardware wallet untuk menyimpan aset mereka. Karena itu, keberadaannya menjadi langka. Namun di saat normal, dompet ini mudah didapat.

Cara Menggunakan Hardware Wallet

Bentuk dan ukuran dompet ini memang berbeda-beda. Tetapi pada dasarnya cara penggunaannya hampir sama. Ini dia caranya:

  • Tancapkan perangkat ke komputer dan buka dengan PIN pribadi
  • Lakukan transaksi di salah satu aplikasi, lalu konfirmasi di layar komputer
  • Transaksi selesai, tanpa ada bahaya karena data terekam secara online.

Kini tinggal kamu yang putuskan, apakah akan menggunakan hardware wallet atau tidak. Tentu tergantung kebutuhan kamu.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu hardware wallet, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Sejarah Dogecoin, Berawal dari Meme
Apa itu Airdrop dalam Crypto?
Ini Dia Ancaman yang Mungkin Terjadi Dalam Cryptocurrency
Apa Itu NFT (Non Fungible Tokens)?
Apa Itu Proof Of Stake (POS)
Apa Itu Decentralized Exchange?
Apa Itu Airdrop? Cara Promo Mata Uang Kripto
Kesalahan Umum Dalam Investasi Cryptocurrency
Apa itu Crypto Wallet?
Apa itu Mata Uang Cryptocurrency?


Bagikan Ke Teman Anda