Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Airdrop? Cara Promo Mata Uang Kripto

Dalam dunia bisnis mata uang kripto ada istilah Airdrop. Apa itu Airdrop? Airdrop merupakan sebuah bentuk promosi untuk memasarkan mata uang kripto tertentu dengan cara mengirimkan koin atau token ke dompet digital tertentu. Dengan begitu, si pemilik dompet digital jadi tahu akan keberadaan mata uang tersebut. Biasanya ini dilakukan untuk koin atau token yang baru dibuat.

Jumlah koin atau token dikirimkan kepada anggota aktif dalam komunitas blockchain tertentu. Jadi pengirimannya juga sudah dipilih agar tidak sia-sia mengirim mata uang ke pemilik dompet digital yang tidak aktif. Jumlah yang dikirimkan tentu dalam nominal kecil saja, karena ini merupakan bentuk promosi. Biasanya koin atau token baru ini dikirim sebagai imbalan atas servis tertentu. Misalnya meretweet sebuah cuitan di Twitter mengenai mata uang kripto baru ini.

Airdrop di Dunia Mata Uang Kripto

Metode pemasaran dengan menggunakan Airdrop ini biasanya dilakukan oleh perusahaan start up yang menggunakan blockchain sebagai dasar usaha mereka. Metode Airdrop dilakukan dengan tujuan membangun kesadaran akan adanya proyek mata uang kripto tertentu. Diharapkan nantinya ada lebih banyak orang yang berdagang di dalamnya ketika mata uang terdaftar di bursa sebagai Initial Coin Offering (ICO) atau penawaran koin awal.

Pada umumnya, aktivitas Airdrop dipromosikan secara terbuka di situs resmi perusahaan penerbitnya. Promosi juga disebarkan di berbagai forum mata uang kripto, agar lebih banyak anggota aktif blockchain bisa mengetahui promonya. Selanjutnya koin atau token akan dikirimkan pada pengguna dompet digital yang masih aktif. Biasanya yang dipilih adalah pemegang Bitcoin atau Ethereum.

Alasan Proyek Kripto Melakukan Airdrop Sebagai Promosi

Proyek kripto bisa memberikan hadiah besar lewat promosi Airdrop. Kenapa? Sebab merekalah yang akan mendapat manfaat besar dari aktivitas ini. setidaknya ada empat alasan mengapa start up kripto menggunakan metode ini sebagai cara promosi. Diantaranya:

  1. Membangun Kesadaran

Ini adalah alasan utama kenapa Airdrop dilakukan. Di awal pengumpulan modal, ICO jadi pusat perhatian. Di saat ini muncul berbagai perusahaan start up dengan mata uang barunya. Kebanyakan hanya muncul dengan promosi yang cukup membosankan. Akibatnya, para investor tidak tertarik untuk berinvetasi.

Karena itu, dibutuhkan cara lain untuk promosi. Membagikan koin gratis adalah metode yang paling mudah. promosi Airdrop bisa memompa kepopularitasan dengan baik. Anggota aktif blockchain yang aktif di media sosial juga setuju bahwa bagi-bagi koin gratis ini merupakan cara promosi yang mereka nantikan.

  1. Memberi Hadiah Bagi Pengguna

Dalam komunitas mata uang kripto, terdapat realitas yang cukup menyedihkan. Para pengguna dompet digital tidak terlalu mementingkan daya tahan sebuah proyek kripto. Karena itu, mereka sering berpindah dari satu proyek kripto ke proyek lainnya. Yang paling penting adalah mendapat keuntungan dari setiap proyek.

Untuk mengurangi terjadinya hal ini, maka beberapa start up menggunakan Airdrop untuk memberi imbalan bagi pengguna setia proyek mereka. Yang mendapat Airdrop adalah pengguna yang telah lama menggunakan platform tersebut atau yang memiliki sejumlah besar koin mereka dalam periode tertentu.

  1. Mendesentralisasi Distribusi Mata Uang

Pemilik mata uang kripto yang modalnya besar bisa dengan mudah mendapatkan koin baru dengan harga murah di awal peluncurannya. Beberapa dari mereka akan menimbun dalam jumlah besar, sehingga membuat keberadaan koin tersentralisasi. Tidak tersebar dengan baik.

Dengan metode Airdrop, koin bisa lebih tersebar kepemilikannya. Jadi tidak hanya dimiliki oelh pihak tertentu saja. Jadi Airdrop berguna untuk menyeimbangkan distribusi mata uang.

  1. Mendatangkan Investasi

Metode Airdrop adalah salah satu bentuk pemasaran yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Justru sebaliknya, Airdrop bisa mendatangkan banyak penawaran. Dengan Airdrop, maka akan timbul buzz di komunitas blockchain. Jika berhasil, maka banyak pemegang dompet digital yang tahu akan mata uang kripto baru ini. Dengan begitu, harga koin bisa naik.

Aidrop Gratis dan Bersyarat

Perusahaan penerbit mata uang kripto baru mengincar pemegang dompet digital yang memiliki Bitcoin atau Ethereum. Tapi tidak semua orang bisa mendapatkan koin dan token baru dari metode promosi Airdrop di dompetnya. Sebab perusahaan tidak memberikan Airdrop secara gratis kepada semua orang. Agar bisa mendapatkannya secara gratis, biasanya ada syarat kepemilikan jumlah minimum koin kripto di dompet digital.

Tapi bukan berarti yang tidak memenuhi syarat minimal koin tidak bisa mendapatkan koin dan token Airdrop. Siapa saja yang melihat promosi Airdrop bisa memiliki kesempatan mendapatkannya, tapi harus memenuhi tugas tertentu. Tugas yang dimaksud misalnya mengunggah postingan tentang mata uang di forum media sosial, menulis posting untuk blog tertentu, atau terhubung dengan anggota tertentu dari proyek blockchain.

Airdrop yang Sah dan Aman

Perlu diingat bagi semua pemilik dompet digital adalah Airdrop mata uang kripto baru ada yang aman dan ada yang tidak. Diharapkan tetap berhati-hati akan adanya kemungkinan skema pump and dump. Ini adalah metode penipuan mata uang kripto dengan menaikkan isu mata uang baru hanya untuk mendapat perhatian, lalu nantinya akan dijual dan ditinggalkan oleh penerbitnya.

Airdrop mata uang kripto yang sah tidak akan mencari keuntungan, seperti investasi modal untuk mata uang. Tujuan Airdrop adalah murni untuk promosi. Pada dasarnya, pengiriman mata uang kripto ke dompet digital secara gratis harus tetap diwaspadai. Jika Airdrop dipromosikan dengan luas dan benar-benar tidak meminta lebih dari pemilik dompet digital, maka ini merupakan Airdrop yang sah.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu Airdrop, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Membedakan Emas Asli Atau Palsu, Nomor 3 Tanpa Alat Apapun!
Cara Agar Selamat Dari Jurang Resesi
Cara Mudah Memangkas Pengeluaran
Apa Itu Trading Crypto? Simak Tips dan Cara Melakukannya
Cara Agar Tetap Termotivasi Sebagai Solopreneur
Cara Menghitung Internal Return Rate
Bagaimana Cara Memulai Sebuah Bisnis Les Privat?
Cara Membayar Pengeluaran Tidak Terduga
Cara Bank Memperoleh Keuntungan
Cara Mempersiapkan Dana Pendidikan Untuk Anak


Bagikan Ke Teman Anda