Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Trading Crypto? Simak Tips dan Cara Melakukannya

Digitalisasi yang berkembang pesat juga mempengaruhi dunia investasi, terbukti dengan semakin meroketnya harga crypto. Kini trading crypto menjadi salah satu instrumen investasi yang sangat diminati karena bisa memberikan keuntungan yang besar. Para trader yang bertransaksi bitcoin, ethereum, dan cryptocurrency lainnya makin hari makin bertambah saja.

Seiring dengan tingginya keuntungan yang bisa didapatkan, resiko trading crypto tidak kalah besar lho. Meskipun demikian tidak menyurutkan minat banyak orang untuk terjun ke dalamnya.

Jika kamu juga tergoda untuk melakukan trading crypto juga, sebaiknya kamu pahami dulu konsep jual beli mata uang digital ini agar terhindar dari resiko kerugian yang cukup besar.

Apa Itu Trading Crypto?

Kamu pasti sudah sering dengar istilah trading saham atau jual beli saham bukan? Nah, trading crypto memiliki pengertian yang sama, hanya saja objek transaksinya berupa cryptocurrency.

Cryptocurrency sendiri muncul karena adanya blockchain dan pasar mata uang digital. Beberapa jenis cryptocurrency yang terkenal adalah bitcoin, ethereum, dan dogeĀ  yang nilai mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Para trader akan memperjualbelikan aset crypto yang mereka miliki. Namun perlu diingat bahwa crypto memiliki tingkat volatilitas yang sangat tinggi dan pasarnya bukan selama 24 jam penuh. Ini berbeda dengan pasar saham yang hanya dibuka pada jam kerja saja dan tutup pada hari-hari tertentu.

Artinya, nilai aset crypto bisa berubah setiap saat tanpa peduli waktu dan jam. Jika kamu berkecimpung dalam dunia trading crypto, maka kamu harus sering-sering memantau fluktuasi harga, bahkan di waktu dini hari.

Cara Melakukan Trading Crypto

Melakukan trading crypto sebenarnya tidak sulit, namun membutuhkan strategi yang tepat untuk menghindari kerugian. Berikut ini cara memulai trading cryptocurrency.

  1. Pilih jenis cryptocurrency

Sebelum melakukan trading crypto, kamu harus memahami jenis-jenis cryptocurrency yang dijual di pasar uang digital. Yang paling terkenal adalah bitcoin, ethereum, dan doge. Namun masih banyak mata uang crypto dengan nilai yang lebih rendah seperti ripple, tether, monero, dan lain sebagainya.

Lakukan analisis secara rinci sebelum kamu memutuskan cryptocurrency apa yang akan kamu beli. Lihat tren naik turunya harga selama sebulan hingga setahun terakhir. Jika kamu masih belum berpengalaman atau takut salah, kamu bisa meminta bantuan broker.

  1. Lakukan top-up dana pada akun crypto

Setelah investasi dan trading crypto menjadi sangat populer bahkan di kalangan masyarakat Indonesia, kini melakukan pembelian mata uang crypto jauh lebih mudah. Kamu bisa membelinya melalui aplikasi investasi online yang bisa diunduh secara gratis.

Kemudian, lakukan pendaftaran dan verifikasi identitas. Biasanya kamu akan diminta untuk mengunggah foto KTP dan swafoto sambil memegang kartu identitas tersebut. Kamu baru bisa melakukan top up setelah akunmu disetujui oleh pihak aplikasi.

Memulai trading crypto bisa dibilang sangat terjangkau, karena modal minimal yang dibutuhkan hanya Rp 10.000 saja. Kamu bisa melakukan top-up sesuai budget yang kamu miliki.

  1. Beli cryptocurrency

Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah membeli cryptocurrency yang akan kamu jual nantinya. Berbeda dengan saham, pasar crypto aktif selama 24 jam penuh. Jadi kamu harus benar-benar jeli dalam memilih saat yang tepat, kapan kamu harus membeli mata uang crypto.

Trading crypto adalah spekulasi tingkat tinggi, sehingga kamu harus paham betul dengan resikonya sebelum memutuskan untuk terlibat lebih dalam lagi. Apabila kamu masih pemula, mulailah dengan nominal modal sesedikit mungkin.

  1. Lakukan transaksi jual beli

Begitu kamu memiliki mata uang crypto, kamu harus sering-sering mengecek perkembangan harganya. Selain memantau secara langsung, kamu juga bisa membaca berita terkini tentang mata uang crypto yang kamu beli.

Naik turunnya harga crypto menyebar dengan sangat cepat, termasuk di media sosial. Ketika nilainya naik, jangan ragu untuk menjualnya. Berbeda dengan investasi, trading membutuhkan waktu yang singkat. Itu artinya, kamu tidak membeli aset tersebut untuk menyimpannya dalam waktu yang lama.

Tips Trading Crypto Untuk Pemula

Trading crypto bukanlah perkara mudah, apalagi buat pemula. Tips-tips penting di bawah ini mungkin bisa membantu kamu yang belum familiar dengan jual beli cryptocurrency.

  • Mulai dengan modal kecil

Kamu boleh saja tergoda dengan keuntungan berlipat-lipat yang didapatkan oleh trader lain. Namun sebagai pemula, jangan ambil resiko terlalu besar dengan menanamkan modal berjumlah banyak. Mulailah dengan nominal yang kecil, agar resiko kerugian yang harus ditanggung juga kecil.

  • Bersiap menghadapi resiko

Nilai cryptocurrency bisa berubah drastis setiap saat. Karena pasar digital ini buka terus menerus selama 24 jam, bisa saja nilai aset yang kamu miliki terjun bebas ketika kamu sedang tidur. Inilah resiko yang harus siap kamu hadapi.

Jangan kaget jika kamu mengalami kerugian hanya dalam waktu beberapa detik saja. Itulah mengapa dibutuhkan pengalaman dan insting yang bagus dalam trading crypto, karena kamu harus berani bermain spekulasi harga.

  • Jangan mudah menyerah ketika harga turun

Ketika nilai aset yang kamu miliki sedang turun, jangan langsung menyerah dan berkecil hati. Bersabarlah menunggu hingga nilainya naik, lalu segera jual saat itu juga jika kamu takut berugi. Kunci kesuksesan dalam trading crypto adalah tahu kapan saat yang tepat untuk membeli dan menjual aset.

Itu dia serba-serbi tentang trading crypto yang kini sedang menjadi tren di dunia investasi. Apapun investasi yang ingin kamu jalankan, baik itu jangka panjang maupun jangka pendek, kamu harus memahami keuntungan, kerugian, serta resikonya terlebih dahulu. Ingat bahwa ada satu hukum pasti yang berlaku dalam dunia investasi: high risk, high return. Selamat berinvestasi!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu trading crypto, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Memahami Istilah Slang & Idiom dalam Bitcoin dan Cryptocurrency
Apa Itu Stable Coin?
Sejarah Litecoin, Awalnya dari Mantan Pegawai Google
Apa Itu Carbon Trading?
Market Cap (Kapitalisasi Pasar) dalam Cryptocurrency
Apa itu Automated Trading?
Apa Itu Mata Uang Libra Facebook?
Apa Itu Altcoin?
Bagaimana Masa Depan Cryptocurrency?
Apa Itu Airdrop? Cara Promo Mata Uang Kripto


Bagikan Ke Teman Anda