Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Bayar Cash atau Pakai Kartu Kredit: Manakah yang Lebih Baik?

Banyak hal yang berkembang pesat akibat kemajuan teknologi. Salah satunya adalah cara pembayaran. Jika anda adalah pengguna kartu kredit, debet atau bahkan teknologi pembayaran non tunai lain seperti ‘ovo’,’Gopay’ atau ‘LinkAja’, maka itu artinya ana menikmati penggunaan teknologi keuangan.

Namun perkembangan ini tidak hanya memiliki sisi positif tetapi juga negatif. Pembayaran menggunakan uang cash dapat dilakukan dimana pun bahkan dipasar tradisional sekalipun tetapi membayar dengan uang cash berpotensi dicuri. Sebaliknya membayar dengan kartu kredit relatif lebih aman karena kalaupun dicuri, anda bisa menelpon pihak Bank untuk memblokir kartu kredit anda. Tetapi kalau anda kurang bijak dalam berbelanja menggunakan kartu kredit, tagihan anda bisa membengkak di akhir bulan.

Keunggulan membayar dengan uang cash/ uang tunai

Uang cash adalah uang dalam bentuk lembaran kertas atau kepingan koin yang ada didalam dompet anda. Menggunakan uang tersebut dalam transaksi memiliki manfaat sebagai berikut:

  1. Membantu anda mengontrol pengeluaran. Saat anda membayar dengan uang cash, terlebih saat baru gajian pasti anda merasa lebih berat karena jumlah uang dalam kantong anda berkurang. Oleh karena itu anda berusaha membelanjakan uang cash anda untuk barang barang yang memang anda butuhkan. Dengan demikian anda telah membantu diri anda sendiri supaya tidak membeli barang barang yang tidak anda butuhkan dan mengontrol pengeluaran anda.
  2. Uang cash diterima dimana pun. Mulai dari supermarket besar hingga pasar tradisional, dimanapun anda belanja uang cash dapat diterima.
  3. Menggunakan uang tunai sama dengan mengurangi biaya admin Bank. Jika anda menggunakan kartu kredit untuk pembelian pada merchant yang tidak bekerja sama dengan bank anda, mungkin kartu kredit anda dikenakan biaya admin untuk setiap transaksi. Nah, dengan menggunakan uang cash, anda tidak perlu membayar biaya tersebut sehingga anda dapat sedikit berhemat.

Kelemahan uang cash

Selain memiliki keunggulan, tentu uang cash memiliki beberapa kelemahan yaitu:

  1. Uang cash hanya bisa dilakukan untuk transaksi offline. Anda tidak bisa membayar secara cash apabila anda melakukan transaksi jual beli secara online. Sebaliknya anda bisa melakukan transfer atau kartu kredit.
  2. Membawa terlalu banyak uang cash berisiko dicuri. Apabila tas atau dompet anda hilang, anda bisa memblokir kartu kredit atau debit yang ada didalam tas tersebut. Walaupun ribet, anda juga bisa mengganti kartu identitas yang turut hilang bersama tas dan dompet anda. Tetapi walau bagaimanapun anda harus mengikhlaskan uang tunai yang berada dalam dompet anda berapapun jumlahnya.
  3. Anda akan sulit mengevaluasi transaksi jual beli yang anda lakukan dengan metode pembayaran secara tunai. Kecuali jika setelah belanja, anda langsung merekap catatan belanja anda.
  4. Transaksi memakai uang cash riskan menularkan penyakit. Kita tidak tahu apakah penjual yang memberi kita uang kembalian adalah penjual yang ‘higienis’ atau tidak terutama apabila anda berbelanja dipasar tradisional. Oleh karena itu jika anda sering menggunakan uang cash sebagai alat transaksi, ada baiknya anda menjaga kebersihan dan daya tubuh diri anda.

Keunggulan membayar dengan kartu kredit

  1. Anda dapat menggunakan kartu kredit untuk pembayaran online maupun offline termasuk pembayaran untuk transaksi dari luar negeri. Anda bisa memakai kartu kredit untuk berlangganan Netflix, Spotify, Youtube Premium atau membeli barang barang di ebay, amazon dan marketplace internasional yang lain.
  2. Dengan memakai kartu kredit secara tertimbang dan bertanggung jawab, anda juga bisa membangun riwayat kredit yang bagus sehingga anda bisa lebih mudah mendapatkan pinjaman bank untuk kredit dalam jumlah besar seperti KPR dan lain lain.
  3. Membayar dengan kartu kredit membuka kesempatan mendapatkan diskon yang lebih besar untuk anda. Umumnya salah satu program dari banyak department store atau supermarket menjelang lebaran adalah diskon ekstra untuk penggun kartu kredit. Baik kartu kredit yang dikeluarkan oleh bank tertentu atau seluruh pembayaran memakai kartu kredit.
  4. Membayar dengan kartu kredit cukup mudah terutama untuk pembayaran secara daring. Anda tinggal memasukkan nomor kartu anda dan anda tidak perlu menghitung jumlah yang ditagihkan kepada anda.
  5. Membayar menggunakan kartu kredit lebih mudah dilacak penggunaannya. Karena pada setiap penagihan kartu kredit, anda akan diberi lembar tagihan kartu kredit oleh pihak bank. Lembar tagihan ini dapat anda jadikan patokan untuk evaluasi keuangan anda pada bulan terkait.

Kartu kredit yang hilang bisa diblokir sambil dilacak penggunaannya. Berbeda dengan uang cash, ketika tas dan dompet anda hilang, anda bisa sesegera mungkin menghubungi pihak bank untuk memblokir kartu anda. Selain itu anda juga bisa melacak penggunaan terakhir dari kartu kredit anda untuk memastikan apakah benda ini memang dicuri atau hanya terselip disuatu tempat.

Kelemahan kartu kredit

  1. Membayar memakai kartu kredit akan membuat kita mudah khilaf dengan membeli barang barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Hal ini mungkin tidak akan jadi masalah jika yang anda beli adalah barang remeh temeh yang punya harga murah dan dalam jumlah yang sedikit. Hal ini akan menjadi masalah jika yang anda beli adalah barang barang yang harganya mahal atau barang barang yang harganya murah tapi jumlahnya banyak.
  2. Saat ini anda masih belum bisa memakai kartu kredit untuk belanja di berbagai tempat di Indonesia. Ini disebabkan karena tidak semua pedagang atau toko di Indonesia memiliki mesin EDC. Karena untuk mengajukan pembelian mesin ini perlu mengurus banyak hal dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit khususnya untuk UMKM.
  3. Pembayaran menggunakan kartu kredit memiliki beban suku bunga yang tinggi. Anda mungkin tidak akan merasakan beban tersebut saat anda menggesekkan kartu anda di mesin EDC, tetapi saat tagihan anda datang anda harus mempersiapkan diri anda terhadap nilai tagihan yang lebih mahal daripada total harga barang yang telah anda beli sebenarnya.
  4. Menggunakan kartu kredit dengan tidak bijak akan membebani hidup anda dengan setumpuk hutang yang mengembang dari waktu ke waktu. Apabila anda terus membayar menggunakan kartu kredit anda dengan tanpa membayar tagihan secara lunas setiap bulan, maka sisa tagihan tersebut akan membengkak karena kenaikan beban suku bunga yang harus anda tanggung. Pembengkakan ini nantinya tidak hanya akan membuat pengeluaran anda lebih besar di masa depan, tetapi juga akan memperburuk credit ratings anda sehingga anda akan kesulitan untuk mengajukan kredit ke bank.

Di samping dituntut bijak dalam pembelanjaan pendapatan, anda juga diminta untuk bijak dalam hal memilih alat pembayaran. Baik cash maupun kartu kredit dan alternatif pembayaran lain memiliki keuntungan dan kerugian yang harus anda pertimbangkan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang mana yang lebih baik antara bayar cash atau pakai kartu kredit, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa yang Terjadi Bila Kartu Kredit Tidak Diaktifkan, Hilang, atau Tidak Dipakai?
Apa yang Harus Dilakukan Apabila Kartu Kredit Expired?
Pilih Mana Kartu Kredit vs Kartu Debit?
Kartu Kredit dengan Fasilitas Lounge di Bandara Soekarno Hatta
Kartu Kredit Tanpa Bunga? Ya Kartu Kredit Bank Syariah
Kartu Kredit Dipakai Orang, Apa yang Harus Dilakukan?
Apa Itu Asuransi Kartu Kredit?
Cara Isi Google Wallet Tanpa Kartu Kredit
Tip Aman Bertransaksi Kartu Kredit di Luar Negeri
Belanja Kartu Kredit Kompulsif Dapat Menyebabkan Kredit Macet


Bagikan Ke Teman Anda