Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Aman Melakukan Transaksi Kartu Kredit Online

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, hidup manusia kian dimudahkan dalam melakukan banyak hal. Salah satu kegiatan manusia yang kini semakin mudah dilakukan berkat kemajuan teknologi adalah transaksi secara online, baik itu menerima ataupun memberikan bayaran.

Anda yang punya toko online atau bisnis online lainnya, pasti pernah menerima pembayaran secara online. Dan anda yang sering berbelanja online, pastinya juga sudah tidak asing dengan istilah membayar secara online.

Salah satu metode yang ditawarkan banyak toko online kepada para pelanggannya ketika melakukan pembayaran adalah dengan menggunakan kartu kredit. Selain mudah, pembayaran menggunakan kartu kredit juga relatif lebih cepat jika dibandingkan menggunakan transfer bank.

Namun dibalik kelebihan-kelebihan tersebut, bertransaksi menggunakan kartu kredit secara online juga memiliki resiko-resiko yang berpotensi menimbulkan kerugian. Anda sering menggunakan kartu kredit untuk transaksi online? Ikuti 5 tips dibawah ini agar terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.

  • Periksa Dengan Seksama URL Website

Ada toko online yang menipu dengan cara memalsukan URL atau alamat website. Biasanya mereka membuat URL website yang mirip dengan URL website toko-toko online terkenal untuk mengelabui para pembeli. Penipuan dengan modus seperti ini disebut dengan istilah Phising.

Selain URL, tampilan website toko online penipu tersebut juga dibuat serupa dengan tampilan toko-toko online terkenal. Untuk menghindari hal ini, anda harus benar-benar teliti. Sebelum melakukan pembayaran, periksa kembali URL website toko online yang sedang anda kunjungi.

Jangan sembarangan mengklik tautan yang dibagikan orang-orang di sosial media seperti facebook atau instagram. Jangan juga tergiur ketika mendapatkan email yang berisi diskon besar-besaran suatu produk.

Cara-cara tersebut biasanya umum digunakan oleh para pemilik toko online penipu untuk menjerat para calon korbannya. Karenanya, anda wajib mengecek URL website toko online tempat anda berbelanja, terutama ketika anda ingin bertransaksi menggunakan kartu kredit secara online.

  • Bertransaksilah di Tempat Aman

Tempat anda melakukan transaksi kartu kredit secara online juga patut diperhatikan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Hindari bertransaksi di tempat-tempat umum yang banyak orang berwira-wiri.

Lakukanlah transaksi hanya ditempat-tempat aman, seperti rumah misalnya. Di rumah, tidak akan ada orang yang bisa mengintip apa yang sedang anda lakukan dengan laptop atau komputer anda. Kecuali istri, ibu, atau anggota keluarga anda yang lainnya.

Jika anda terpaksa melakukan transaksi kartu kredit secara online ditempat-tempat umum, pastikan bahwa tidak ada orang yang sedang mengawasi kamu. Lihat kondisi sekitar, terutama di belakang anda.

  • Jangan Gunakan Wi-Fi di Tempat Umum

Menggunakan Wi-Fi gratis di tempat-tempat umum untuk melakukan transaksi kartu kredit secara online sangat beresiko. Dengan terhubung ke jaringan Wi-Fi publik, itu artinya anda berbagi data dengan orang lain yang juga sedang terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama.

Dengan memanfaatkan hal tersebut, orang-orang yang tidak bertanggung jawab dapat mencuri informasi kartu kredit anda. Sehingga sangat beresiko terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dengan kartu kredit anda.

Karenanya, sebisa mungkin hindari menggunakan Wi-Fi publik untuk melakukan transaksi kartu kredit secara online. Gunakan koneksi internet dari smartphone ataupun modem pribadi kamu. Hal tersebut jauh lebih aman.

  • Berbelanjalah pada Toko Online Terpercaya

Berdasarkan data dari tahun 2016, terdapat ribuan toko online yang terbukti abal-abal. Parahnya lagi, banyak toko online tersebut yang sudah menggunakan Top Level Domain (TLD) sehingga banyak orang yang tertipu.

Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan dan anda patut waspada, terutama yang sering berbelanja secara online. Karenanya, jangan langsung tergiur ketika melihat ada toko online yang menjual barang dengan harga yang murah.

Cari tahu terlebih dahulu riwayat dan profil toko online tersebut. Salah satu ciri toko online penipu adalah memiliki tampilan website yang sangat tidak menarik. Selain itu, tidak ada informasi yang jelas mengenai siapa pemiliknya.

Sedangkan toko online terpercaya biasanya memiliki tampilan yang profesional. Status kepemilikannya juga jelas, mulai dari nama pemilik, alamat sampai dengan foto-fotonya.

  • Jangan Gunakan Software Bajakan di Laptop

Berdasarkan data dari Microsoft Malware Protection Center, 60% komputer yang menggunakan software bajakan terkena malware dan virus komputer. Parahnya lagi, ada program mata-mata (spyware) yang biasanya memungkinkan hacker untuk mengakses segala kegiatan kamu di laptop.

Jika malware dan virus komputer dapat membahayakan file-file serta sistem operasi komputer, maka spyware bisa berdampak lebih buruk lagi. Spyware memang tidak merusak sistem komputer anda, namun memata-matai segala aktivitas anda ketika menggunakan komputer seperti ketika anda membuka sosial media, email, bahkan sampai dengan transaksi kartu kredit secara online.

Ketika spyware telah “bersembunyi” di komputer anda, akan sangat berbahaya jika anda menggunakan komputer tersebut untuk bertransaksi secara online menggunakan kartu kredit. Semua informasi kartu kredit anda dapat digunakan oleh hacker yang tidak bertanggung jawab.

Karenanya, sebisa mungkin untuk menghindari menggunakan software bajakan yang tidak jelas asal-usulnya. Program crack dan patch juga sama berbahayanya. Program yang biasa digunakan untuk mengaktivasi software tersebut juga sering disusupi program-program jahat seperti spyware dan malware.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara aman melakukan transaksi kartu kredit secara online, semoga bermanfaat.



Pinjaman Online Financial Technology (Fintech)
Apa Itu PKPU (Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang)?
Tip Kredit Motor Bekas yang Aman
Kredit In-House, Solusi Tepat Mendapatkan Rumah Tanpa Melalui Bank
Pinjaman Tanpa Bunga dan Tanpa Jaminan?
Apa Itu Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK)?
Apa Untung Rugi Mengambil Kredit?
Akal Bulus Modus Perusahaan Pelunasan Kredit
Meminjam Nama untuk Kredit Motor
Apa Itu Pinjaman BACK TO BACK?


Bagikan Ke Teman Anda