Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kunci Sukses UKM

Menjalankan bisnis kecil sekelas UKM memang merupakan tantangan tersendiri. Terlebih saat ini semua bisnis mengembangkan usaha dengan bantuan teknologi. Akhirnya persaingan pasar juga lebih besar. Usaha kecil harus cerdas dalam menjalankan strategi agar terus dikenal pasar dan mampu mendapatkan pelanggan yang potensial. Hanya saja semua itu tidak pernah mudah tanpa melakukan kunci sukses UKM seperti dibawah ini.

1. Tetapkan Tujuan UKM Anda

Menjalankan bisnis kecil seperti UKM ternyata membutuhkan langkah awal penting seperti menjalankan bisnis besar. Salah satunya adalah menetapkan tujuan bisnis sejak awal pendirian UKM. Dengan mengetahui tujuan bisnis maka Anda bisa tahu sasaran pasar UKM, siapa yang akan terlibat dalam pasar, siapa yang akan membantu dan bagaimana bisnis akan dijalankan.

Tentu saja dengan mengetahui tujuan UKM maka Anda bisa menetapkan strategi seperti apa yang akan dijakankan agar cepat maju dan menang dalam persaingan.

2. Memiliki Sifat Leadership

Karena UKM biasanya dijalankan sendiri maka Anda harus tahu jiwa kepemimpinan yang menonjol dalam diri Anda. Banyak orang yang berusaha menjalankan bisnis dengan etos kerja dan kerja keras tapi akhirnya jatuh juga. Semua itu terjadi karena tidak memiliki sifat kepemimpinan yang baik.

Jadi hal yang sangat dibutuhkan agar UKM terus maju adalah sifat sebagai pemimpin. Dengan begitu Anda tahu tentang bagaimana untuk berbicara dengan orang lain, menetapkan tujuan bisnis, memiliki bakat menarik minat pelanggan dan bisa mengalahkan pesaing.

3. Bangun Tim Pemenang

Meskipun Anda menjalankan bisnis UKM dengan jumlah tenaga kerja yang masih sedikit, tapi Anda harus menetapkan tim pemenang sejak awal. Dengan menetapkan tim ini maka Anda bisa tahu kekuatan, visi dan misi, tantangan dan keinginan semua orang dalam tim.

Pastinya sebagai pemimpin maka Anda harus membangun rasa percaya diri, akuntabilitas, komitmen dan sifat kuat untuk bertahan. Semua kondisi ini harus dibangun sejak awal mendirikan UKM sehingga UKM benar-benar mampu bertahan sampai sukses.

4. Kekuatan untuk Menciptakan Solusi

Meskipun Anda  baru saja membangun UKM maka Anda harus berpikir bahwa bisnis kecil ini akan menjadi besar dan sukses. Karena itu hal lain yang harus dipikirkan adalah solusi cepat yang bisa diberikan kepada pelanggan.

Ternyata kekuatan untuk membangun solusi memang sangat penting. Termasuk dengan menjalankan sistem manajemen produk dan sistem manajemen usaha. Dari dua sistem manajemen ini harus dijalankan dengan strategi yang kuat sehingga bisa memenuhi keinginan pelanggan yang sedang menemukan kesulitan.

5. Rencana Pemasaran yang Tepat

Kemudian hal lain yang sangat dibutuhkan untuk menjalankan UKM menjadi bibit bisnis besar adalah rencana pemasaran. Anda harus menetapkan rencana pemasaran termasuk mengenai wilayah pemasaran, metode pemasaran, siapa yang akan menjalankan, persaingan pasar dan faktor yang lain.

Dengan menetapkan semua rencana itu maka Anda memiliki skala prioritas dalam bisnis. Hasilnya Anda bisa memprediksi keuntungan yang harus didapatkan dan bagaimana untuk mendapatkan keuntungan tersebut.

6. Pikirkan Inovasi

Saat ini semua bisnis berkembang dengan sangat cepat. Semua itu dimulai dengan inovasi yang dijalankan dengan pertimbangan dan ketepatan. Nah Anda juga harus memulai langkah ini dalam mengembangkan UKM yang masih kecil agar menjadi besar.

Inovasi bukan untuk memecah dan merubah pasar tapi untuk menemukan sesuatu hal yang baru. Anda bisa terdorong untuk selalu berpikir agar sebuah produk atau jasa yang sedang Anda kembangkan bisa berhasil. Inovasi juga akan menarik minat pelanggan dengan adanya diversifikasi produk.

7. Serahkan pada Ahlinya

Banyak orang yang berpikir bahwa UKM harus dijalankan sendiri dan tidak perlu menggunakan tenaga ahli. Ternyata ini langkah yang salah karena dengan melakukan semua sendiri maka sulit bagi bisnis Anda untuk maju atau berkembang dengan cepat.

Jadi jangan takut untuk menyerahkan beberapa pekerjaan kepada ahlinya. Memang Anda harus membayar uang untuk ahli tersebut tapi hasilnya lebih memuaskan dan bisa memberi efek untuk pasar. Misalnya adalah usaha kecil yang akan dikembangkan secara online. Maka Anda membutuhkan orang-orang yang sudah profesional dalam bidang online termasuk pembuatan web, toko online dan keperluan lain.

8. Jangan Takut Investasi

Memprediksi dan menghitung keuntungan tentu sangat penting untuk menjalankan sebuah bisnis. Namun jika Anda ingin maju maka jangan terburu-buru untuk menikmati keuntungan. Tanamkan keuntungan Anda sebagai investasi. Dengan cara ini maka bisnis yang Anda bangun bisa berkembang secara bertahap.

Investasi yang dilakukan tidak harus berkaitan dengan produk tapi juga bisa untuk membayar training pekerja agar menjadi ahli, inovasi produk, peningkatan layanan dan keperluan lain. Dengan begitu bisnis Anda pasti akan maju pesat.

9. Menjalin Kerjasama

Penting sekali bagi pemilik bisnis untuk mau bekerjasama dengan pihak yang lain. Artinya tidak semua bisnis dijalankan sendiri karena bisa memberi dampak yang sangat serius. Bermitra dengan UKM, lembaga atau bisnis lain yang lebih besar akan memberi manfaat yang lebih besar.

Ketika Anda bekerjasama dengan mitra lain maka Anda dituntut untuk memenuhi persyaratan dan keinginan mereka. Hal ini menyebabkan Anda keluar dari zona nyaman dan bekerja keras untuk memenuhi syarat tersebut. Misalnya dari segi kemasan produk, izin produk, rasa dan variasi produk dan ketentuan lain.

Demikian informasi mengenai kunci sukses UKM. Jika Anda bisa menjalankan semua pedoman tersebut maka bisnis kecil Anda bisa memiliki jaminan untuk berkembang menjadi bisnis yang besar. Bahkan banyak bisnis besar yang semuanya dimulai dari langkah kecil seperti usaha skala UKM.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kunci sukses UKM, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Contoh Business Plan untuk Usaha Kecil Menengah (UKM)
Tips Membuat Business Plan untuk Usaha Kecil Menengah (UKM)
Mengapa Banyak UMKM yang Gagal?
Mengapa UKM Sulit Berkembang?
Untung Rugi UKM Menerima Pembayaran Kartu Kredit
10 Tip Mengurangi Pengeluaran untuk Usaha Kecil
Tips untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) agar Semakin Maju
Ide Marketing untuk UKM
13 Tip Agar Bisnis Kecil UKM Bisa Bertahan Saat Krisis Ekonomi
10 Alasan Mengapa Usaha Kecil Butuh Akuntan


Bagikan Ke Teman Anda