Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Mempromosikan Produk dan Jasa UKM

Tak sedikit orang yang bingung saat ingin memulai suatu usaha. Bingung dalam memilih jenis usaha dan juga cara mendapatkan modalnya. Namun, kebingungan tersebut tak hanya sampai di situ saja. ketika jenis usaha telah ditentukan dan modal usaha dalam genggaman, para pengusaha bingung cara mempromosikan produk dan jasanya.

Menjalankan suatu usaha memang tak sebatas memproduksi barang atau jasa saja, tetapi juga mencakup pemasarannya agar produk dan jasa tersebut bisa dijual ke konsumen. Masalah pemasaran dan promosi inilah yang sering kali dihadapi oleh para pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah). Meski dengan modal yang terbatas, mereka memproduksi barang dan jasa sebaik mungkin dengan standar kualitas yang diinginkan, tetapi tak pandai menjual. Alhasil, stok barang menumpuk, sebaliknya arus kas tidak lancar karena penjualan rendah.

Untuk meningkatkan penjualan, pelaku UKM harus jitu dalam menentukan strategi guna mempromosikan produknya agar tepat mengenai konsumen sasaran. Berikut beberapa tips mempromosikan produk dan jasa UKM yang bisa dicoba untuk diterapkan.

  • Manfaatkan layanan gratis media sosial

Teknologi berkembang demikian masif. Setiap orang kini telah menggenggam setidaknya sebuah ponsel pintar yang dilengkapi dengan jaringan internet. Tentu ponsel tersebut tak hanya sekadar untuk berkomunikasi baik via telepon maupun mengirim pesan singkat, tetapi juga untuk membuka cakrawala dunia dengan browsing dan mengakses media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Google+, Telegram, dan lain sebagainya. Berbagai media sosial tersebut dapat diakses secara gratis. Jadi, manfaatkan layanan tersebut untuk mempromosikan UKM Anda secara gratis.

Media sosial dapat membantu Anda membangun kesadaran merek, memperluas jangkauan pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang ada. Keberadaan media sosial dinilai menjadi sarana yang efektif untuk mempromosikan bisnis dan memasarkan produk dan jasa, termasuk bagi UKM. Tak hanya efektif, media sosial juga cara terbaik untuk mendapatkan pelanggan baru dengan cara yang hemat biaya, terutama sekali bagi usaha kecil yang memiliki anggaran terbatas.

  • Lakukan pemasaran konten

Apapun media yang digunakan, pastikan Anda memperhatikan konten promosi yang dipublikasikan. Konten merupakan isi dari promosi bisa berupa tulisan, audio maupun video. Buatlah konten yang persuasif sehingga mampu menarik perhatian konsumen yang disasar. Pemasaran konten ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial dan juga email. Konten ini akan menentukan dampak atau hasil yang diperoleh dari promosi yang dilakukan.

Agar konsumen yang ditarget tertarik dan berminat untuk membeli produk atau jasa yang dipromosikan, maka diperlukan strategi pemasaran konten yang kuat. Buatlah konten semenarik mungkin dengan kalimat bernada persuasif dan desain yang unik. Jika perlu Anda bisa juga membuat video tutorial atau lainnya yang memperlihatkan keunggulan dari produk atau jasa yang Anda tawarkan. Anda bisa memposting konten tersebut di berbagai media sosial, blog dan website yang sudah terkenal dan memiliki jumlah pengunjung dan pembaca yang banyak. Namun, untuk itu Anda harus mengeluarkan sejumlah dana sebagai biaya placement atau penempatan konten tersebut.

  • Gunakan influencer marketing

Media sosial memiliki kekuatan luar biasa. Segala sesuatu yang diposting di dalamnya berpotensi untuk terus menyebar bahkan bisa menjadi viral. Media sosial memungkinkan Anda untuk menjangkau banyak orang dari seluruh dunia secara real time atau saat itu juga, dengan syarat akun media sosial tersebut memiliki banyak pengikut yang bisa mencapai ratusan bahkan jutaan orang.

Untuk menjangkau potensi pasar secara online, Anda bisa menggunakan influencer marketing, yaitu orang yang memiliki kekuatan dan mampu memberikan pengaruh terhadap para pengikutnya. Cara promosi ini dikenal pula dengan istilah endorse. Influencer marketing ini bisa datang dari kalangan selebritis, tokoh akademik, penulis, wartawan, dan nama populer lainnya yang telah berhasil membangun kepercayaan dan pengaruh kuat pada para pengikutnya melalui pemikiran, opini, dan pandangannya.

Influencer marketing menjadi cara mempromosikan produk atau jasa yang saat ini sedang booming. Meski untuk menjalankan cara ini tidaklah gratis, tetapi cukup murah untuk mempromosikan proyek atau jasa UKM Anda. Para influencer marketing mampu memberikan pengaruh positif yang memungkinkan Anda untuk memperoleh pelanggan baru secara lebih mudah. Agar bisa berjalan efektif, Anda harus memilih influencer marketing yang tepat.

  • Berikan reward kepada pelanggan

Pelanggan merupakan partner sepanjang masa dalam bisnis. Ketika pelanggan merasa puas dengan produk atau jasa Anda, maka mereka akan dengan senang hati melakukan pembelian secara berulang. Sebaliknya, sekali pelanggan kecewa bisa menjadi ancaman bagi bisnis Anda. Pelanggan yang kecewa akan memberikan informasi yang buruk tentang produk atau jasa Anda kepada orang-orang di sekitar yang mudah dipengaruhinya. Selanjutnya, label buruk pada produk atau jasa Anda tersebut akan tersebar melalui komunikasi dari mulut ke mulut. Perlahan namun pasti pelanggan akan pergi meninggalkan produk atau jasa Anda dan beralih ke produk atau jasa pesaing Anda. Hal ini jelas akan berdampak negatif pada kelangsungan bisnis Anda.

Untuk menyenangkan dan meningkatkan kepuasan pelanggan sekaligus sebagai langkah promosi guna menjaring pelanggan baru, ada baiknya Anda memberikan reward kepada pelanggan. Reward ini bisa diberikan dalam bentuk voucher potongan harga, bonus produk beli satu gratis satu, atau layanan gratis seperti ongkos kirim gratis dan lainnya, serta pengumpulan dan penukaran poin belanja dengan beragam merchandise berupa mug, gelas, payung, kaos, jam dinding, tote bag, dan lain sebagainya. Meski sederhana, tetapi bagi pelanggan begitu berharga. Apapun reward yang Anda tawarkan, pastikan untuk meminta informasi tentang data pelanggan terutama kontak baik nomor telepon maupun email, sehingga Anda bisa menghubungi mereka nanti.

  • Berkontribusi dalam forum khusus UKM secara teratur

Forum khusus UKM bisa menjadi media promosi yang tak kalah efektif bagi produk atau jasa Anda. Ketika Anda menemukan forum tersebut, pastikan Anda bergabung dan aktif di dalamnya. Sebagai anggota baru, sebaiknya tidak langsung memposting tautan atau apapun untuk mempromosikan produk atau jasa UKM Anda. Dalam suatu forum online, para anggota umumnya tidak menyukai ‘tamu’ yang frontal berpromosi. Cobalah untuk mengenal sesama anggotanya lebih dahulu.

Awalilah dengan berinteraksi dengan anggota-anggota lain di forum tersebut. Memberi komentar dan saran. Membuat thread. Menjawab pertanyaan. Memberi nilai atau rating. Jangan sekali-sekali memposting tautan spam, karena bisa jadi Anda akan diblok sebab banyak anggota yang mengeluh tentang Anda. Jika sudah terjalin interaksi antar sesama anggota dan Anda sudah saling mengenal dengan anggota lain di forum tersebut, maka Anda bisa mulai menambahkan tautan promosi produk atau jasa Anda. Namun, jangan pula Anda selalu mengarahkan orang untuk berkunjung ke situs atau akun media sosial Anda di setiap thread baik yang Anda buat maupun komentari. Cara promosi tersebut tidak akan berdampak baik pada bisnis Anda. Ikuti saja aturan forum yang berlaku.

Usaha besar tentu dimulai dari kecil. Dalam perjalanannya, usaha harus didukung dengan pemasaran dan promosi yang jitu agar dapat menjangkau pelanggan secara lebih luas. Dengan promosi yang tepat, UKM tidak hanya berpotensi mendapatkan pelanggan baru, tetapi juga tetap mempertahankan pelanggan lama dan membangun kekuatan merek.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip mempromosikan produk dan jasa UKM, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengapa Banyak UMKM yang Gagal?
Bagaimana Cara agar Dipromosikan? Ini Dia Cara Cepat Dipromosikan Jabatan
Kendala UKM: Bisnis Kecil Sulit Berkembang
Faktor Apa yang Menyebabkan UMKM Gagal?
13 Tip Agar Bisnis Kecil UKM Bisa Bertahan Saat Krisis Ekonomi
Tips untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) agar Semakin Maju
Review Sekilas Akseleran
Untung Rugi UKM Menerima Pembayaran Kartu Kredit
Mengapa UKM Sulit Berkembang?
Apa Beda Startup dan UKM?


Bagikan Ke Teman Anda