Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Alasan Mengapa Usaha Kecil Butuh Akuntan

Menjalani suatu bisnis biasanya dimulai dengan usaha kecil. Banyak pengusaha kecil yang berusaha untuk menjalani semua peran sendirian karena lingkup usaha yang masih tidak terlalu besar. Padahal usaha kecil juga memerlukan manajemen keuangan yang baik agar dapat mengetahui kondisi usaha.

Seiring dengan perkembangannya, usaha kecil juga memerlukan seseorang yang ahli dalam bidang akuntansi atau disebut akuntan. Setidaknya berikut 10 alasan mengapa usaha kecil butuh akuntan:

1. Membantu untuk membangun usaha dengan baik

Bantuan dari akuntan di awal berjalannya usaha dapat membantu untuk perkembangan di masa mendatang. Dengan adanya akuntan, pemilik usaha dapat fokus ke hal lain yang juga tak kalah penting untuk bisnis, misalnya pengembangan produk dan promosi.

Dengan bantuan akuntan, pemilik usaha juga dapat menghitung proyeksi pendapatan dan keuntungan usaha. Akuntan dapat membantu agar di masa depan usaha yang dijalankan dapat memiliki keuntungan yang lebih besar.

Selain itu, akuntan juga dapat membantu melakukan pecatatan dan memilih perangkat lunak yang dibutuhkan sejak awal. Dengan hal ini maka keuangan perusahaan bisa tercatat dengan baik.

2. Dapat melacak pengeluaran

Adanya akuntan membuat pencatatan keuangan menjadi terfokus di satu tempat. Semua pemasukan dan pengeluaran yang ada dapat tercatat dan tersimpan dengan baik. Pemilik usaha tentu memiliki banyak urusan lain yang juga penting untuk bisnis.

Seorang akuntan dapat membantu untuk menganalisa pengeluaran dan memberikan rekomendasi untuk mengatur pengeluaran tersebut. Pemilik usaha tidak perlu khawatir akan adanya pengeluaran yang tak diketahui tujuannya. Pencatatan yang rapi oleh akuntan dapat membantu pemilik usaha untuk melacak segala pengeluaran.

3. Membantu mengambil keputusan secara rasional

Pengambilan segala keputusan untuk usaha akan lebih baik apabila didasarkan oleh informasi yang terpercaya. Seorang akuntan dapat membantu pemilik usaha untuk mengambil keputusan yang tepat. Dalam hal pembelian dan penjualan, misalnya, seorang akuntan dapat memberikan rekomendasi yang terbaik berdasarkan rekam jejak yang ada.

Seorang akuntan juga dapat memberikan informasi mengenai resiko yang dapat muncul dalam melakukan penjualan atau pembelian. Pemilik usaha akan bisa mengambil keputusan yang paling menguntungkan untuk perusahaannya. Selain itu, pemilik usaha juga bisa mendapatkan rekomendasi mengenai kapan waktu yang tepat untuk melakukan transaksi tersebut.

4. Membantu membuat laporan akhir tahun

Biasanya, akhir tahun merupakan waktu yang sibuk bagi bisnis. Adanya liburan akhir tahun dan perayaan tahun baru membuat berbagai usaha menjadi ramai. Pemilik usaha akan membutuhkan bantuan akuntan untuk pembuatan laporan akhir tahun.

Pergantian tahun dapat menjadi momen yang baik untuk melakukan evaluasi dan perencanaan usaha pada tahun berikutnya. Dari hasil laporan akhir tahun, pemilik bisnis dapat mengetahui kondisi usahanya pada tahun tersebut. Dari situ, ia juga dapat merencanakan langkah apa yang akan diambil di tahun berikutnya untuk memperbaiki kesalahan dan mengembangkan usaha

5. Akuntan dapat mengelola arus kas dengan baik

Pembuatan arus kas memang sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu sulit, sehingga banyak pemilik usaha yang berusaha untuk melakukannya sendiri. Namun yang sering tidak disadari adalah ketelitian dalam pencatatan. Seorang pemilik usaha biasanya terlalu sibuk untuk membuat dan mengelola arus kas secara teliti. Akibatnya, banyak pengeluaran yang tidak bisa dilacak.

Seorang akuntan biasanya terlatih untuk dapat mencatat dan mengelola arus kas dengan teliti. Akuntan juga dapat menganalisa laporan kas untuk mengetahui apabila ada kejadian yang harus disorot. Hal ini membantu pemilik usaha untuk mendeteksi masalah lebih dini. Sehingga masalah tersebut dapat diatasi lebih awal dan tidak memberikan dampak yang terlalu besar.

6. Akuntan dapat membantu saat ada audit

Apabila usaha berkembang menjadi lebih besar maka suatu saat usaha tersebut perlu untuk diaudit. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sering ditakuti karena menghabiskan banyak waktu, membuat stres, dan sangat melelahkan.

Seorang akuntan dapat membantu pemilik usaha untuk melalui audit dengan lancar. Akuntan memiliki ilmu yang cukup dan membantu agar usaha tetap memenuhi segala peraturan yang ada terkait dengan audit.

7. Mengetahui informasi terbaru seputar regulasi

Peraturan mengenai pajak, usaha, dan perizinan terkadang dapat berubah sewaktu-waktu. Hal ini yang kadang tidak disadari oleh pemilik usaha. Untuk dapat tetap menjalankan usaha yang sesuai dengan peraturan, sebaiknya memang memerlukan bantuan dari akuntan.

Seorang akuntan dapat membantu pemilik usaha agar tetap dapat mengetahui informasi peraturan terbaru. Pemilik usaha dapat menggunakan waktu mempelajari peraturan untuk kegiatan lain seputar perkembangan usaha.

8. Membayar karyawan dengan baik

Suatu usaha yang baik juga tidak lepas dari karyawan yang bahagia dan sejahtera. Namun perlu diperhatikan juga agar pembayaran karyawan juga tidak merugikan perusahaan. Akuntan dapat menghitung gaji karyawan dengan adil dan tetap menguntungkan perusahaan.

Pemilik usaha juga dapat terbantu untuk mengambil keputusan seputar pembayaran karyawan. Misalnya memutuskan berapa jumlah karyawan yang diperlukan dan pembayaran waktu lembur.

9. Menghindari kesalahan yang merugikan secara finansial

Akuntan dapat membantu pemilik usaha untuk menghindari kesalahan yang sangat merugikan secara finansial. Misalnya dengan membantu agar segala dokumen yang diperlukan tersedia. Selain itu akuntan juga dapat mengingatkan mengenai jadwal pembayaran pajak, sehingga pemilik usaha dapat terhindar dari denda yang merugikan.

10. Membantu saat usaha kecil berkembang pesat

Saat usaha kecil berkembang pesat merupakan hal yang baik. Namun terkadang hal ini membuat pemilik usaha kewalahan dalam mengerjakan berbagai hal sendiri. Seorang akuntan dapat membantu menuntun pemilik usaha agar tetap dapat berkembang dengan baik dan tidak rugi. Misalnya membantu mengambil keputusan mengenai karyawan baru, tempat usaha baru, dan lain-lain.

Itulah beberapa alasan mengapa sebaiknya usaha kecil juga menggunakan akuntan. Tetapi keputusan akhir ada di tangan Anda, apakah akan menggunakan akuntan atau tidak. Semua terserah Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 alasan mengapa usaha kecil butuh akuntan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tip Mempromosikan Produk dan Jasa UKM
Apa itu Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksadana?
Apa Itu Rasio Likuiditas? Definisi Rasio Likuiditas
Apa itu Rasio Leverage? Definisi Leverage Ratio
Apa itu Rekonsiliasi Bank? Definisi Rekonsiliasi Bank
Apa itu Inventory Turn Over? Definisi Inventory Turn Over
Apa itu Debt to Equity Ratio?
Apa itu Etika Profesi Akuntan?
Tips untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) agar Semakin Maju
10 Tip Mengurangi Pengeluaran untuk Usaha Kecil


Bagikan Ke Teman Anda