Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Kredit Usaha Rakyat (KUR), KUR Mikro, KUR Retail, & KUR TKI?

Pemerintah lewat lembaga keuangan banyak mengeluarkan produk keuangan yang bisa diikuti para pemilik usaha. Jenis dan namanya yang beragam terkadang membuat kita bingung memahaminya. Beberapa bahkan tidak kita kenal. Tetapi untuk KUR mungkin sudah akrab terdengar di telinga. Lantas apa pengertianya?

Apa itu Kredit Usaha Rakyat?

KUR adalah singkatan dari Kredit Usaha Rakyat. Pengertiannya adalah  sebuah skema bantuan keuangan yang dianggarkan pemerintah melalui pihak bank terhadap usaha-usaha menengah ke bawah.

Dilihat dari namanya yang kredit, sudah dapat dipastikan bahwa ini adalah bentuk pinjaman bank yang tentunya harus dilunasi oleh pihak usahawan dengan cara mencicil dan berdasarkan bunga yang telah disepakati bersama dalam jangka waktu tertentu.

Tidak semua bentuk usaha dapat memperoleh dana pinjaman ini. Adapun syarat-syarat untuk bisa mendapatkannya adalah sebagai berikut :

  1. Usaha bersifat produktif. Artinya usaha yang jelas-jelas menghasilkan suatu barang atau jasa pelayanan yang bersifat profitable untuk pelaku bisnis.
  2. Usaha layak. Artinya usaha yang benar-benar layak untuk dikembangkan melihat potensi yang bisa diraih dengan bantuan modal pendanaan dari pihak lain dalam hal ini kita sebut bank.

Selain syarat-syarat untuk mendapatkan KUR di atas, pemohon juga harus mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Usaha yang dimiliki benar-benar memenuhi syarat produktif dan layak. Pihak bank bakal melakukan pernilaian untuk kelayakan.
  • Persiapkan dokumen-dokumen terkait dengan usaha yaitu KTP, KK, Akta Pendirian Usaha, SIUP, TDP, Keterangan domisili (bila domisili usaha berbeda dengan domisili tempat tinggal), laporan keuangan baik bulanan maupun tahunan sertakan pula surat proposal pengajuan KUR yang ditujukan kepada bank yang dituju.
  • Serahkan seluruh berkas yang diminta pihak bank yang dimaksud dan penuhi semua syarat-syarat (karena berbeda bank bakal berbeda pula alur dan syarat-syarat lain selain yang telah disebutkan di atas).
  • Jika semua syarat administratif sudah lengkap, maka pihak bank akan datang langsung melakukan survei ke tempat usaha tersebut. Disinilah kelayakan untuk mendapatkan KUR dilakukan.

Nah dari pengertian KUR di atas, ternyata KUR dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai dengan titik fokus permodalanya.

Apa itu KUR Mikro?

Yang dimaksud dengan KUR mikro adalah bentuk kredit usaha rakyat yang berfokus pada usaha kecil skala mikro dengan pemodalan maksimal 25 juta rupiah. Pengertian yang lebih spesifik lagi agak sedikit berbeda dari bank yang satu ke bank yang lain dalam hal maksimal pinjaman dananya.

Namun pada pokoknya usaha mikro adalah jenis usaha kecil yang produktif dan memiliki kelayakan profit. Sehingga pelaku usaha diestimasikan mampu membayar jumlah cicilan perbulan atau pertahunnya sesuai perjanjian dengan pihak bank terkait.

Ada dua jenis pembagian waktu pelunasan dana pinjaman untuk usaha mikro ini sebagai berikut:

  • Selama-lamanya 3 tahun untuk usaha kredit modal kerja
  • Selama-lamanya 5 tahun untuk usaha kredit investasi

Syarat-syarat tertentu untuk mendapatkan dana KUR mikro :

  1. Pelaku usaha harus benar-benar telah menjalankan usahanya minimal selama 3 bulan terakhir
  2. Pelaku usaha telah menerima training atau pelatihan kewirausahaan dan bersertifikat
  3. Usaha yang dijalankan adalah usaha layak dan produktif.

Apa itu KUR Retail?

KUR retail adalah pinjaman modal dengan nominal maksimal sebanyak 500 juta rupiah. Usaha yang dibantu oleh pemerintah ini biasanya dibangun oleh kalangan menengah yang memiliki potensi membayar cicilan dengan bunga flat atau anuitas yang setara.

Jangka waktu lama pinjaman sebagai berikut:

  1. Selama-lamanya 4 tahun untuk usaha kredit pembiayaan modal kerja
  2. Selama-lamanya 5 tahun untuk pembiayaan investasi

Syarat-syarat yang dibutuhkan hampir sama dengan bentuk KUR mikro, namun ada sedikit penambahan yaitu bahwa pelaku usaha harus memiliki agunan atau jaminan karena ini bukan lagi skala kecil seperti mikro.

Apa KUR TKI?

Yang dimaksud dengan KUR TKI adalah suatu bentuk bantuan permodalan yang diberikan pemerintah kepada tenaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri sebagai modal awal dalam sejarah perjalanannya menuju negeri tujuan.

Dalam hal ini pemerintah melalui jalur APBN nya telah menjalankan struktur dengan pemerataan alokasi, stabilisasi dan distribusinya agar bantuan modal ini dapat dirasakan oleh masyarakat secara adil dan diterima dalam bentuk nyata.

Jumlah nominal maksimal yang dapat diterima seorang TKI adalah sebesar 25 juta rupiah dengan tingkat suku bunga 7% pertahunnya. Adapun estimasi waktu pengembalian ditargetkan selama-lamanya 3 tahun sejak masa pinjaman cair.

Syarat-syarat khusus untuk dapat menerima KUR TKI  adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki surat identitas diri antara lain KTP, KK atau surat keterangan domisili
  2. Surat sehat yang menyatakan fit dalam tahap seleksi kesehatan termasuk di dalamnya pernyataan dokter dan hasil medical checkup yang berasal dari rumah sakit yang telah ditunjuk pemerintah.
  3. Surat perjanjian kontrak kerja dan negara penempatan yang dikeluarkan oleh PPTKIS atau Pelaksana Penempatan TKI Swasta.
  4. Memiliki kartu identitas paspor yang masih berlaku.

Itulah garis besar dari pengertian KUR yang mana agar dapat menyeimbangkan dana yang telah dialokasikan pemerintah maka baik pelaku usaha maupun bank terkait harus benar-benar memperhatikan setiap ketentuan yang telah disetujui bersama.

Kedua belah pihak harus sama-sama melaksanakan kewajiban yang telah digariskan oleh pemerintah. Dengan bantuan permodalan ini diharapkan tingkat kesejahteraan rakyat Indonesia dapat terangkat dan memperkecil adanya kesenjangan sosial diantara masyarakat kita.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kredit usaha rakyat (KUR), KUR mikro, KUR retail, & KUR TKI, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Perbedaan KPR dengan Akad Murabahah, Ijarah Muntahiyah Bittamlik (IMBT), Musyarakah Mutanaqishah (MMQ), dan Istishna
Perbedaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan Kredit Usaha Mikro (KUM)
Siapa Itu Fitch Rating?
Untung Rugi Kredit Tanpa Agunan
KPR untuk Kaum Milenial
Apa itu Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Persyaratan KUR yang Harus Dipenuhi
Apa Alasan Baik Mengambil Kredit Tanpa Agunan (KTA)?
Mengapa Punya Utang Kartu Kredit Buruk?
Apa itu Finarya? Apa Produknya?
Apa Penghasilan Reksadana Objek Pajak?


Bagikan Ke Teman Anda