Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Untung Rugi Kredit Tanpa Agunan

Sebetulnya kredit tanpa agunan  menjadi produk unggulan yang diberikan bank sebagai jalan untuk mengatasi beberapa masalah seperti berhutang ketika ingin membeli sesuai kebutuhan pokok, pendidikan dan masih banyak lagi.

Kredit tanpa agunan adalah salah satu produk inovatif yang bisa mempermudah masyarakat untuk menjangkau kredit sebab bisa memberikan banyak kemudahan seperti tidak memerlukan jaminan untuk mendapatkan kredit tersebut.

Kredit tanpa agunan ini pada awalnya diperkenalkan oleh Standard Chartered PLC yakni sebuah lembaga perbankan bank multinasional Inggris yang kemudian terus berkembang untuk menarik minat nasabah dalam memenuhi kebutuhan mulai dari kebutuhan konsumsi hingga untuk mengembangkan usaha.

Dibalik semua kelebihan tersebut, sebaiknya anda juga harus memahami tentang untung rugi kredit tanpa agunan sebelum anda menggunakan layanan tersebut.

Kelebihan Kredit Tanpa Agunan

1. Lebih Praktis dan Tidak Butuh Jaminan

Dengan tidak menyertakan jaminan untuk mendapatkan kredit ini, maka pihak bank akan berusaha untuk memberi kepercayaan pada nasabah agar bisa menggunakan dana pinjaman dengan baik dan memakainya untuk modal kerja atau menggunakan segala kemudahan lain didalamnya.

Konsumen nantinya tidak diharuskan untuk memberikan agunan atau jaminan aset seperti sertifikat rumah, SK, BPKB, perhiasan atau barang mewah lainnya sebab ini sudah menjadi strategi dari promosi bank untuk menarik nasabah sebanyak mungkin.

Produk kredit tanpa agunan ini memungkinkan anda untuk tetap menggunakan aset atau barang lain yang dimiliki untuk keperluan lain. Meski memang tanpa jaminan, akan tetapi pembayaran cicilan kredit sesuai waktu yang sudah ditentukan juga tetap harus dilakukan.

Semakin anda tepat waktu, maka kemungkinan untuk bekerja sama dengan bank lain di kemudian hari juga bisa semakin mudah. Anda juga bisa mendapatkan bonus atau fasilitas lain ketika mengajukan kredit kembali seperti pertambahan plafon pinjaman dan lainnya.

Sedangkan jika cicilan macet, maka pihak bank tidak punya wewenang untuk menyita aset yang anda miliki namun akan melaporkan nasabah yang bermasalah pada bank utama yang kemudian akan diproses dan dievaluasi. Jika memang terbukti kredit sudah sangat macet parah, maka nasabah akan masuk dalam daftar negatif.

2. Lebih Fleksibel

Keuntungan lain dari kredit tanpa agunan adalah lebih fleksibel dengan tujuan penggunaan kredit. Nasabah nantinya akan diberikan kebebasan untuk memakai dana kredit untuk kebutuhan apapun juga bahkan untuk keperluan yang bersifat konsumtif. Namun tetap disarankan jika pinjaman itu digunakan dalam batas batas yang sudah dipahami oleh nasabah dan jangan sampai menyebabkan kredit macet.

3. Proses Pengajuan Cepat dan Mudah

Proses pengajuan kredit tanpa agunan juga memiliki prosedur yang mudah dan cepat berbeda dengan kredit memakai jaminan yang membutuhkan survei, evaluasi aset jaminan dan lainnya. Bahkan untuk sekarang ini juga sudah ada lembaga perbankan yang menyediakan fasilitas online untuk mengisi pengajuan formulir KTA tersebut agar lebih mempersingkat waktu dalam proses pengajuan.

4. Pencairan Dana Cepat

Selain cara pengajuan kredit yang mudah, pencairan dana kredit tanpa agunan ini juga terbilang cepat. Umumnya, para nasabah hanya harus menunggu sekitar satu minggu yang sangat membantu nasabah ketika membutuhkan dana tersebut dalam waktu dekat seperti pendidikan, pengobatan, pernikahan dan lainnya.

5. Waktu Pelunasan Dapat Diatur

Beberapa bank umumnya juga akan memberikan kemudahan dengan tenor atau periode pelunasan yang lebih panjang sehingga kredit tanpa agunan tersebut bisa dilunasi dalam waktu 5 tahun atau hingga 60 bulan. Dengan tenor atau waktu pelunasan pinjaman yang lebih panjang, maka masalah cicilan tentunya akan lebih mudah untuk dilakukan.

Kredit tanpa agunan mempunyai fitur untuk melakukan pelunasan yang lebih dipercepat. Meski begitu, nasabah juga harus teliti karena ada beberapa produk kredit tanpa agunan yang juga mengenakan biaya jika pelunasan dipercepat.

Sebelum nasabah memutuskan untuk mempercepat pelunasan, maka lebih baik bandingkan lebih dulu antara biaya pelunasan yang dipercepat dengan biaya tanpa pelunasan yang dipercepat.

6. Bebas Biaya Administrasi

Proses pengajuan kredit tanpa agunan sekarang ini juga semakin mudah dimana nasabah juga bisa mengajukan kredit tanpa agunan secara online yakni hanya memakai laptop atau ponsel tanpa perlu membawa persyaratan dan dokumen ke bank.

Cara tersebut tidak hanya lebih mudah dan lebih cepat namun juga membebaskan nasabah dari biaya sehingga ketika membutuhkan dana dalam waktu cepat hanya tinggal mengajukannya secara online. Umumnya, bank penerbit kredit tanpa agunan juga membebaskan debitur dari biaya administrasi.

Kekurangan Kredit Tanpa Agunan

1. Suku Bunga Cukup Tinggi

Kredit tanpa agunan juga memiliki kekurangan yang salah satunya adalah suku bunga tinggi. Bisa dikatakan, ini menjadi konsekuensi dari pengganti agunan atau jaminan tersebut. Suku bunga yang ditawarkan tersebut biasanya memiliki sifat tetap dari awal hingga akhir pelunasan. Sedangkan untuk besaran suku bunga akan berbeda beda untuk setiap bank.

2. Plafon dan Tenor Terbatas

Plafon atau jumlah uang yang dipinjamkan juga umumnya tidak lebih dari beberapa ratus juta dan dengan plafon yang tidak terlalu banyak tersebut, maka tenor atau waktu pelunasan juga biasanya lebih singkat dari mulai 1 hingga 5 tahun sesuai dengan jumlah pinjaman.

3. Pinjaman Berdasarkan Status Profesi dan Penghasilan

Ini merupakan hal penting ketika ingin mengajukan kredit tanpa agunan. Umumnya, pihak bank hanya akan memberikan pinjaman untuk para pegawai tetap, karyawan tetap, profesional dan juga pengusaha dengan penghasilan tetap per bulan.

4. Harus Memiliki Kartu Kredit / Payroll Gaji

Salah satu alasan kenapa banyak orang gagal mendapatkan kredit tanpa agunan adalah karena salah satu syarat yang diberikan pihak bank yakni memiliki kartu kredit selama 1 tahun. Meski tidak memakai kartu kredit, namun nasabah harus menjadi pengguna layanan payroll bank tersebut dan biasanya banyak orang yang tidak mengetahui kekurangan ini.

5. Tidak Diizinkan Membayar Sebagian

Sebagian besar bank atau lembaga pemberi pinjaman juga tidak mengizinkan pembayaran sebagian untuk kredit tanpa agunan tersebut. Ini mengartikan jika anda harus melunasi pinjaman seluruhnya. Sedangkan untuk aturan kredit tanpa agunan ini juga bervariasi dari satu bank dengan bank lain.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang untung rugi kredit tanpa agunan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Perbedaan Kartu Kredit dan Kredit Tanpa Agunan, Mana yang Menguntungkan?
Tip Agar Aplikasi KTA Disetujui
Apa yang Terjadi Bila Menunggak KTA (Kredit Tanpa Agunan)?
Tips Mengajukan KTA bagi Karyawan Kontrak
Cara Apply KTA Secara Online
Tempat Kredit Emas di Bank Syariah & Pegadaian
Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk PNS
Risiko Menggunakan KTA sebagai Modal Usaha
Kredit Tanpa Agunan X-tra Dana CIMB Niaga
Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari Bank HSBC


Bagikan Ke Teman Anda