Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kalau Pada Bulan Ini Tidak Punya Uang untuk Bayar KPR, Terus Gimana?

Mempunyai sebuah rumah idaman yang bagus di usia muda khususnya tentu saja menjadi impian banyak orang. Namun untuk membeli cash secara langsung cukup berat bagi usia muda, apalagi yang baru bekerja.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, memilih KPR adalah solusi terbaik. Tak perlu malu apalagi minder menggunakan KPR. Karena dengan memilih KPR anda akan segera memiliki rumah sendiri. Jika anda menundanya entah sampai kapan, harga rumah pun seiring berjalannya waktu akan semakin menanjak dan anda pun akan semakin kualahan.

Terlebih lagi bagi anda yang memiliki gaji hanya UMR, tentu untuk menabung dalam jumlah besar pasti terasa sangat berat. Belum lagi banyak godaan untuk belanja ini dan itu. Dengan memilih KPR, mau tidak mau anda harus menyisihkan uang wajib sehingga dalam jangka waktu tertentu tak terasa rumah tersebut bisa resmi menjadi milik anda.

Namun memutuskan untuk memilih KPR tidak semulus yang dibayangkan, berdasarkan banyak pengalaman yang saya dapatkan, masalah dan resiko tak terduga bisa terjadi kapan saja sehingga membuat sebagian orang menjadi kesulitan.

Misalnya saja tiba-tiba ada seseorang yang di PHK atau pun ada keperluan lain di luar perkiraan sehingga anda tidak mempunyai sisa uang untuk membayar KPR. Lantas bagaimana solusi terbaik untuk menghadapi permasalahan semacam itu?

1. Hindari Sikap Menghilang Tanpa Kabar

Sikap seperti ini banyak dilakukan oleh mereka yang sedang kebingungan karena tidak bisa membayar KPR karena suatu hal. Setiap orang pastinya mempunyai keinginan untuk bisa membayar KPR rutih hingga selesai. Namanya musibah atau kejadian yang tak terduga siapa juga yang tahu.

Jika anda menghadi masalah tak terduga tersebut sehingga membuat anda tidak bisa membayar KPR, baik bayar telat atau mungkin memang tidak bisa membayar dalam 1 bulan atau lebih, sebaiknya segera beritahukan kepada pihak penyedia pinjaman KPR agar bisa diberikan solusi terbaik.

2. Segera Informasikan Kepada Pihak-pihak Pemberi Pinjaman

Cara satu ini memang seringkali dihindari karena berbagai alasan. Salah satu alasan paling banyak ditemui adalah takut diberikan sanksi ataupun mendapat teguran dari pihak penyedia pinjaman.

Sebenarnya hal yang anda takutkan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena berdasarkan pengalaman saya pribadi yang pernah mengambil KPR, jika terjadi masalah keterlambatan pembayaran atau pun tidak bisa membayar, dengan memberikan penjelasan baik-baik kepada pihak pemberi pinjaman, maka anda akan diberikan solusi terbaik.

Misalnya saja dulu saya pernah telat beberapa hari dan pernah juga tidak bisa membayar 1 bulan cicilan, setelah saya beritahukan dan jelaskan baik-baik kepada pihak penyedia pinjaman, mereka justru sangat mengapresiasi tindakan yang saya berikan tersebut. Saya pun tidak dikenai pinalti atau denda yang besar. Hanya saja track record pembayaran memang menjadi tidak baik karena memang terjadi keterlambatan pembayaran tersebut.

3.Berikan Jawaban Perihal Kapan Anda Sanggup Membayar Cicilan Tersebut

Untuk lebih meyakinkan pihak pemberi pinjaman, maka anda harus berkomitmen menentukan batas waktu sampai kapan anda bisa membayarnya. Dengan begitu pihak penyedia pinjaman pun akan mengerti segala permasalahan yang anda alami tersebut.

Dengan catatan anda wajib memenuhi janji yang sudah anda sampaikan tersebut dan mengusakan untuk tidak menundanya lagi. Jika anda memang belum bisa membayar dalam jangka waktu cukup lama, ada baiknya dijelaskan secara jujur saja sampai kapan anda bisa membayar.

Dengan begitu, hubungan anda dengan pihak penyedia pinjaman pun akan tetap baik. Masalah fatal seperti penjatuhan sanksi, pemberian denda yang besar atau bahkan yang lebih fatalnya lagi sampai dengan penyitaan aset, bisa dihindari. Pasti selalu ada jalan dari setiap masalah yang terjadi. Jangan bingung, tetap hadapi masalah tersebut secara baik dan bijak.

4. Mintalah untuk Dibuatkan Penjadwalan Ulang Kepada Pihak Penyedia Pinjaman

Selain poin-poin di atas yang sudah saya jelaskan, meminta penjadwaan ulang kepada pihak penyedia pinjaman perihal tanggal jatuh tempo, bisa dijadikan sebagai solusi alternatif yang baik.

Biasanya pihak penyedia pinjaman jika sudah mendengar permasalahan yang anda alami akan mengerti dan bisa menyetujui penjadwalan ulang masalah pembayaran yang wajib dibayarkan setiap bulannya. Dengan harapan kedua belah pihak bisa saling menguntungkan hingga proses pembayaran KPR selesai.

Penjadwalan ulang biasanya berhubungan dengan penambahan tenor atau pun penetapan suku bunga sehingga tidak memberatkan pihak penerima pinjaman seperti anda tentunya disesuaikan dengan kemampuan yang anda miliki saat ini.

5. Penataan Ulang Terkait Masalah Pinjaman

Selain itu anda juga bisa meminta pihak penyedia pinjaman untuk melakukan penataan ulang terkait masalah pinjaman yang anda hadapi. Misalnya saja penataan ulang pokok kredit, tunggakan yang menciptakan suku bunga baru, atau pun besaran suku bunga yang dirasa memberatkan anda.

Tips Tambahan yang Bisa Anda Jadikan Sebagai Pencegahan Kejadian Gagal Bayar

Gagal bayar KPR memang banyak terjadi, namun sebelum hal tersebut terjadi kepada anda, sebaiknya sebelum memutuskan untuk mengambil KPR, anda harus memperhatikan kondisi keuangan anda baik-baik dan mengantisipasi resiko sejak awal.

Penjelasan singkatnya, saya sangat menyarankan kepada anda untuk melakukan pengelolaan keuangan dengan baik. Jika perlu anda harus menyediakan uang khusus yang anda sisihkan setiap bulannya guna mencegah permasalahan-permasalahan keuangan yang mungkin saja terjadi secara tiba-tiba di kemudian hari.

Nah setelah menyimak solusi yang bisa anda lakukan dalam mengatasi gagal bayar dalam 1 bulan saja, diharapkan nda bisa mendapatkan solusi terbaik atas permasalah yang anda alami tersebut. Semoga bermanfaat ya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips jika tidak punya uang untuk bayar KPR, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Modus Pegawai Bank Mengelapkan Uang
Seputar KPR Mandiri
Hal-hal Apa Saja yang Menyebabkan KPR ditolak?
Kegiatan Menarik Ketika Tidak Punya Uang Lagi
Mengajukan KPR Rumah Indent
Perbedaan Uang, Mata Uang dan Dampaknya pada Redenominasi
Seputar KPR BNI
Cara Mendapatkan Uang Lewat Airbnb
Uang Tidak Mampu Membeli Segalanya
Tip Agar KPR Disetujui Bank dengan Mudah


Bagikan Ke Teman Anda