Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Siapakah Orang Paling Kaya Sedunia?

Setiap tahunnya, berbagai majalah ekonomi selalu merilis daftar orang-orang terkaya di dunia. Membaca daftar tersebut bisa menjadi motivasi bagi siapa saja untuk berusaha lebih keras lagi. Menjadi kaya memang menjadi tujuan finansial terbesar bagi banyak orang.

Siapa saja 10 orang terkaya di dunia tahun 2019 versi majalah ekonomi Forbes? Berikut daftarnya.

10. Larry Page

Di urutan ke 10 ada pendiri Google, Larry Page. Total kekayaan Page adalah USD 50,8 miliar. Bersama dengan rekannya Sergey Brin, Page mendirikan Google pada tahun 1998. Hingga saat ini Page masih menjabat sebagai CEO Google. Page aktif mengkampanyekan penggunaan energi bersih. Rumahnya di Palo Alto, California menggunakan energi surya dan geothermal.

9. Michael Bloomberg

Pendiri perusahaan media dan informasi finansial Michael Bloomberg adalah orang terkaya ke sembilan di dunia dengan jumlah kekayaan USD 55,5 miliar. Bloomberg kini memiliki 88% saham perusahaan yang meraih pendapatan total lebih dari USD 9 miliar setiap tahunnya.

Bloomberg aktif sebagai filantropis yang telah menyumbangkan lebih dari USD 5 miliar untuk pengendalian kepemilikan senjata api, perubahan iklim, dan lain sebagainya. Lebih dari itu Bloomberg juga berencana menghabiskan USD 500 juta kekayaannya untuk mengalahkan Donald Trump pada tahun 2020.

Bloomberg juga menjadi walikota New York selama 12 tahun mulai 2002 hingga 2013.

8. Mark Zuckerberg

Di usia 35 tahun, Mark Zuckerberg menjadi yang termuda dalam 10 besar orang terkaya di dunia. Pendiri Facebook ini memiliki total kekayaan USD 62,3 miliar. Gagasan pertama Zuckerberg untuk mendirikan Facebook muncul tahun 2004 saat ia masih berkuliah di Harvard di usia 19 tahun.

Pada Mei 2012 Facebook menjadi perusahana publik dan Zuckerberg memiliki sekitar 15% sahamnya. Zuckerberg mengalami masalah terbesar di tahun 2018 saat Facebook terungkap membocorkan data penggunanya dengan konsultan politik Cambridge Analytica. Atas kasus tersebut Zuckerberg diminta memberikan kesaksian di hadapan anggota Kongres.

Bersama istrinya, Zuckerberg berjanji akan mengamalkan 99% kekayaan mereka sepanjang hidup.

7. Larry Ellison

Pendiri firma software Oracle, Larry Ellison menjadi orang terkaya nomor 7 di dunia dengan jumlah harta USD 62,5 miliar. Ellison tidak pernah menyelesaikan kuliahnya, namun ia memulai karirnya sebagai pembuat database untuk CIA. Ellison mendirikan Oracle pada tahun 1977 dan mengundurkan diri sebagai CEO tahun 2014. Namun Ellison masih menjadi pemegang saham di perusahaan tersebut.

Ellison juga aktif dalam beramal dengan menyumbangkan USD 200 juta untuk University of Southern California untuk pendirian pusat perawatan kanker. Pada tahun 2018 Ellison mendirikan perusahaan startup di bidang kesehatan bernama Sensei. Proyek pertamanya adalah membuat pertanian hidroponik di Pulau Lanai, Hawaii.

6. Amancio Ortega

Amancio Ortega adalah salah satu dari 3 orang terkaya di dunia yang tidak berasal dari Amerika Serikat. Jumlah kekayaannya adalah USD 62,7 miliar. Ortega termasuk orang terkaya di Eropa dan menjadi retailer terkaya di dunia.

Ia mendirikan Inditex yang membawahi merk fashion Zara pada tahun 1975. Inditex juga mengelola 8 merk lain termasuk Pull & Bear dan Massimo Dutti yang memiliki lebih dari 7.500 toko di seluruh dunia. Saham Ortega di Inditex mencapai 60%.

Karir retail Ortega dimulai tahun 1963 saat ia mulai membuat tekstil pada perusahaan kecil milik keluarga.

5. Carlos Slim

Carlos Slim Helu dan keluarganya menjadi orang terkaya di Meksiko dan menduduki peringkat kelima di dunia. Keluarga Slim mengelola firma telekom terbesar di Amerika Latin, America Movil. Kekayaan Slim tercatat USD 64 miliar yang berasal dari America Movil, kepemilikan saham di bidang konstruksi, pertambangan, real estate, termasuk 17% saham di The New York Times.

Slim tidak terlahir dari keluarga kaya. Di masa kecilnya Slim hanya menerima uang saku 5 peso (sekitar Rp 4 ribu), dan ia selalu mencatat setiap pengeluarannya dalam sebuah buku. Sebelum menjadi pengusaha, Slim adalah dosen aljabar di UNAM, sebuah universitas di Meksiko.

4. Bernard Arnault

Bernard Arnault adalah pengusaha asal Perancis dengan kerajaan bisnis yang sangat besar. Arnault dan keluarganya mengelola berbagai merk mewah dunia termasuk Louis Vuitton, Sephora, dan LVMH. Total kekayaan Arnault pada 2019 adalah USD 76 miliar.

Bersama dengan LVMH, Arnault menyumbangkan USD 220 juta untuk perbaikan Notre Dame yang terbakar pada April 2019. Arnault juga mendirikan museum Louis Vuitton di dekat Paris yang dibuka pada tahun 2014.

3. Warren Buffet

Dengan kekayaan USD 82,5 miliar, Warren Buffet menjadi orang terkaya ketiga di dunia. Buffet dikenal sebagai salah satu investor tersukses sepanjang masa. Meski telah menjadi miliuner, Buffet memilih hidup sederhana di rumahnya di Nebraska yang ia beli pada tahun 1958.

Buffet kini menjalankan perusahaan multinasional brnama Berkshire Hathaway yang membawahi lebih dari 60 perusahaan termasuk perusahaan baterai Duracell dan waralaba restoran Dairy Queen.

Buffet membeli saham pertamanya di usia 11 tahun dan mulai membayar pajak di usia 13 tahun. Buffet juga berjanji untuk menyumbangkan 99% dari total seluruh kekayaannya.

2. Bill Gates

Bill Gates adalah “langganan” dalam daftar orang terkaya di dunia. Pendiri Microsoft ini puluhan kali menempati posisi pertama, terakhir pada tahun 2017. Total kekayaan Gates diperkirakan USD 96,5 miliar.

Gates terlahir dari keluarga miskin, ayahnya hanya bekerja sebagai tukang kayu. Kekayaan Gates ia bangun sendiri mulai dari nol. Meski tidak pernah menyelesaikan kuliahnya di Harvard University, Gates berhasil mendirikan perusahaan yang menguasai pasar computer dunia.

Gates telah menjual sebagian sahamnya di Microsoft, kini hanya memiliki 1% saja. Bersama istrinya, Gates mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation, yayasan amal swasta terbesar di dunia yang fokus pada peningkatan kesehatan global.

1. Jeff Bezos

Posisi orang terkaya di dunia dipegang oleh Jeff Bezos. Bezos adalah pendiri e-commerce terkemuka dunia asal Amerika, Amazon. Bezos yang lahir pada 12 Januari 1964 memiliki total kekayaan sebesar USD 131 miliar.

Bezos tidak terlahir dari keluarga yang kaya. Di masa kecilnya, ia membantu kakeknya bekerja sebagai mekanik yang memperbaiki traktor. Dari garasi rumahnya di Seattle, Washington, Bezos mulai merancang Amazon pada tahun 1994.

Pada tahun 2018, Amazon mencatat laba bersih sebesar USD 10 miliar dari total pendapatan USD 230 miliar. Hingga saat ini Bezos masih berstatus sebagai CEO Amazon dengan total kepemilikan saham sebesar 16%. Selain Amazon Bezos juga memiliki The Washington Post dan perusahaan pembuat roket Blue Origin.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang orang paling kaya sedunia, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Negara Paling Pintar di Dunia (Berdasarkan Rangking IQ)
10 Universitas Termahal di Dunia
Mengapa Orang Miskin Susah Jadi Kaya?
10 Kota di Dunia Paling Mahal Biaya Hidupnya 2019
Mengapa Orang Miskin Benci Orang Kaya?
Alasan Si Miskin Semakin Miskin sedangkan Si Kaya Semakin Kaya
Cara Orang Kaya Membesarkan Anak agar Tidak Manja
Mengapa Orang Kaya Lebih Memilih Mobil Bekas?
Ini Dia 50 Orang Terkaya di Indonesia versi Forbes 2019
10 Negara Pencetak Buku Terbanyak di Dunia


Bagikan Ke Teman Anda