Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Globalisasi?

Orang bilang kita semua sekarang hidup di era globalisasi. Namun, apakah Anda semua sudah tahu arti sebenarnya dari globalisasi? Mengapa terjadi globalisasi? Dan apa manfaat dari terjadinya globalisasi?

Globalisasi merupakan pergerakan dan pertukaran (manusia, barang dan jasa, modal, teknologi, atau praktik budaya) di seluruh dunia yang bergerak cepat. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), secara resmi mendefinisikan globalisasi sebagai peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antar masyarakat dan negara. Yang secara umum dipahami sebagai masuknya dua elemen terkait, seperti pembukaan perbatasan internasional untuk arus barang, jasa, keuangan, hingga manusia, gagasan yang semakin cepat, serta perubahan lembaga dan kebijakan di tingkat nasional hingga internasional yang memfasilitasi atau mendorong arus tersebut.

Dari sudut pandang ekonomi, globalisasi di definisikan sebagai meningkatnya saling ketergantungan ekonomi dunia sebagai akibat dari skala pertumbuhan lintas perdagangan, perbatasan komoditas dan jasa, aliran modal internasional, serta penyebaran teknologi dengan luas dan cepat. Ini mencerminkan perluasan berkelanjutan dan integrasi timbal balik dari batas pasar. Globalisasi ekonomi sendiri tidak lepas dari dorongan kuat perkembangan informasi dalam semua jenis kegiatan produktif dan pemasaran.

Sedangkan dari sudut pandang geografi, globalisasi didefinisikan sebagai serangkaian proses (ekonomi, sosial, budaya, teknologi, hingga kelembagaan) yang berkontribusi pada hubungan antara masyarakat dan individu di seluruh dunia. Ini menjadi proses progresif yang lebih intensif untuk pertukaran dan arus di berbagai belahan dunia.

Proses Terjadinya Globalisasi

Globalisasi tentu tidak terjadi begitu saja. Globalisasi dicapai melalui penggunaan teknologi, hingga melalui perdagangan dan investasi yang dilakukan secara internasional. Proses tersebutlah yang mempengaruhi bagaimana negara dan wilayah yang berbeda dapat berkembang dan maju secara ekonomi, bagaimana sistem politik dibentuk, dan bagaimana lingkungan serta budaya masyarakat di seluruh dunia terpengaruh.

Contoh Globalisasi

Globalisasi sering dianggap sebagai fenomena ekonomi dan keuangan karena meningkatnya perdagangan dan pertukaran uang. Padahal, globalisasi mencakup bidang yang lebih luas dan lebih dari sekedar arus barang dan jasa, atau modal. Ini sering disebut sebagai peta konsep globalisasi. Dan berikut beberapa contoh globalisasi:

  • Globalisasi Ekonomi

Menunjukkan sistem perdagangan dalam sektor transnasional berkembang dengan pesat, seperti korporasi atau LSM.

  • Globalisasi Keuangan

Meningkatnya pertukaran keuangan internasional dan pertukaran moneter yang menyebabkan sistem keuangan global berkembang pesat. Seperti pasar saham yang terhubung secara finansial, karena ketika satu pasar saham mengalami penurunan maka akan mempengaruhi pasar lain secara negatif serta ekonomi secara keseluruhan.

  • Globalisasi Budaya

Mengacu pada interpenetrasi budaya, yang berarti negara-negara mengadopsi prinsip, kepercayaan, dan kostum negara lain, serta kehilangan budaya unik mereka ke supra budaya yang unik dan mengglobal.

  • Globalisasi Politik

Perkembangan dan pengaruh organisasi internasional yang berkembang seperti PBB atau WHO yang berarti tindakan pemerintah terjadi di tingkat internasional.

  • Globalisasi Sosiologis

Informasi bergerak secara real-time, bersamaan dengan interkoneksi dan interdependensi peristiwa dan konsekuensinya. Orang-orang juga bergerak sepanjang waktu, dengan membaur dan mengintegrasikan masyarakat yang berbeda.

  • Globalisasi Geografis

Menunjukkan adanya organisasi dan hierarki baru yang terus berubah di berbagai wilayah dunia. Terlebih lagi dengan transportasi dan penerbangan yang dibuat dengan begitu mudah dan terjangkau. Terlepas dari beberapa negara dengan visa yang menuntut, kini globalisasi memungkinkan seseorang untuk berkeliling dunia tanpa batasan apapun.

  • Globalisasi Ekologis

Ini menjelaskan gagasan untuk mempertimbangkan bumi sebagai satu kesatuan global. Dimana terdapat kebaikan bersama yang harus dilindungi oleh semua masyarakat karena cuaca dapat mempengaruhi semua orang, dan semua makhluk hidup di bumi di lindungi oleh atmosfer yang sama.

Manfaat Globalisasi

Globalisasi memiliki manfaat yang mencakup banyak bidang berbeda. Yang secara tidak langsung akan mengembangkan ekonomi dan meningkatkan pertukaran budaya di seluruh dunia. Dan sekarang, jarak geografis bukan lagi penghalang untuk terjadinya sebuah layanan.

Globalisasi sebenarnya merupakan proses yang rumit dan selalu berubah, serta memiliki aspek yang baik dan buruk. Globalisasi, telah membuka banyak pintu dibanyak negara, dan akan terus berlanjut. Maka, tujuan utama dari globalisasi ini adalah untuk memastikan bahwa negara-negara dan pelaku keuangan independen bekerja secara harmonis satu sama lain untuk kemajuan semua orang.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang pengertian globalisasi, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Dampak Positif Dari Globalisasi
Keuntungan Dan Kerugian Globalisasi
Arti, Fungsi, Dan Jenis-Jenis Reklame
Alasan Dibalik Mahalnya Kain Sutra
Manfaat BEP, dari Penentu Harga Hingga Pengendali Produksi
Apa Itu Laba Ditahan?
Pengertian Kedaulatan Dan Jenis-Jenisnya
Arti Dari Inti Masalah Ekonomi
Ide Nama Event Musik Beserta Contohnya
Pengertian Kebijakan Fiskal


Bagikan Ke Teman Anda