Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Magang Bakti BCA?

Di antara banyaknya pilihan karir yang ada, menjadi seorang banker atau pegawai bank adalah pilihan yang menarik. Di Indonesia sendiri ada ratusan bank, mulai dari bank BUMN hingga bank swasta yang membuka ribuan lowongan tiap tahunnya. Salah satu bank terbesar adalah Bank Central Asia atau BCA.

Setiap tahun BCA selalu membuka kesempatan untuk para pemuda berkompeten yang ingin berkari di bidang penbankan. Magang Bakti BCA menjadi program yang sangat populer dan diminati. Namun sepertinya para fresh graduate masih banyak yang belum paham tentang apa itu Magang Bakti BCA.

Dikembangkan dan dilaksanakan sejak tahun 2002, program ini masih berlangsung hingga sekarang. Dari situs resmi bank tersebut, Program Magang Bakti BCA merupakan wadah yang memberikan kesempatan dan pengalaman bagi para pesertanya sebagai Teller atau Customer Service Officer (CSO) di berbagai cabang BCA yang tersebar di seluruh negeri.

Peserta yang diperbolehkan mendaftar adalah lulusan SMA hingga lulusan S1. Tujuan dari diadakannya program ini adalah mempersiapkan para peserta untuk menjadi profesional di dunia kerja. Selama 1 tahun, peserta dibekali dengan pengalaman di bidang operasional perbankan dan ilmu lain yang berkaitan. Tidak ada ikatan dinas apapun dalam program ini, sehingga peserta pun tidak lantas menjadi pegawai tetap di BCA.

Belajar Ilmu Perbankan Melalui Magang Bakti BCA

Untuk lulusan baru yang ingin mencoba masuk ke dunia kerja, program magang BCA bisa menjadi awal yang baik. Peserta akan diberi pelatihan untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan dalam budang perbankan. Selama mengikuti program tersebut, peserta dibekali dengan program pelatihan seperti menyortir dan menghitung uang, mengidentifikasi keaslian mata uang, pengetahuan tentang produk BCA, simulasi mini banking, simulasi kerahasiaan bank, dan masih banyak lagi.

Terhitung per Desember 2017, program Magang Bakti BCA telah diikuti sebanyak 3.766 orang.

Tahapan Seleksi Magang Bakti BCA

Sebelum diterima sebagai peserta dalam program magang BCA, serangkaian tahapan seleksi harus dilalui terlebih dahulu. Berikut tahapan-tahapannya:

  1. Seleksi Administrasi

Meliputi pendaftaran di situs resmi BCA, mengisi data diri secara lengkap, dan menunggu sampai datangnya email yang mengundang Anda untuk wawancara di tempat dan waktu yang telah ditentukan. Dalam email tersebut biasanya juga akan diberitahukan perlengkapan apa yang harus dibawa saat wawancara.

  1. Walk in Interview

Tahap kedua adalah walk in interview, yang dihadiri oleh seluruh peserta yang lolos seleksi administrasi. Dalam wawancara awal ini, pihak HRD bank akan mengajukan sejumlah pertanyaan mendasar seputar diri Anda, prestasi yang pernah diraih, serta motivasi mengikuti program ini. Satu sesi wawancara biasanya berlangsung selama 1 menit saja. Sistem gugur dimulai dari tahap ini.

  1. Psikotes

Peserta yang lolos wawancara akan mengikuti psikotes. Ada berbagai macam jenis tes yang harus dikerjakan, mulai dari tes Pauli/Kraepelin, tes Wartegg, padanan kata, membangun ruang 3 dimensi, dan masih banyak lagi. Sebelum mengikuti tahap ini, carilah referensi psikotes di internet untuk mendapatkan gambaran soal yang harus diselesaikan.

  1. Wawancara User

Pada tahapan ini Anda harus melakukan persiapan yang lebih baik lagi. Caritahu tentang BCA, produk-produknya, dan program unggulan serta prestasi mereka. Banyaklah berlatih berbicara di depan cermin untuk mengurangi rasa gugup.

  1. Tes Kesehatan

Tahap terakhir ini hanya formalitas saja. Kalau Anda sudah sampai pada tes kesehatan, maka hampir 100% Anda lolos di program Bakti BCA. Asalkan tidak memiliki penyakit yang serius, biasanya tes ini bisa dilalui dengan mudah.

Setelah lolos di kelima tahapan tes tersebut, peserta akan diminta menandatangani kontrak yang berisi kesepakatan untuk bekerja di cabang BCA terpilih selama 1 tahun ke depan dalam Program Magang Bakti BCA. Selain itu, ada persyaratan lain yang lebih rinci dan harus dipenuhi peserta saat penandatanganan kontrak. Salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh pelamar adalah berusia antara 18 sampai 24 tahun, karena program ini memang diperuntukkan bagi lulusan baru.

Informasi seleksi lebih lanjut seperti tanggal pendaftaran dan lain sebagainya bisa dilihat di situs resmi BCA.

Manfaat Mengikuti Magang Bakti BCA

Hanya ada 2 posisi sebagai frontliner yang tersedia bagi para peserta Magang Bakti BCA, yaitu Teller dan Customer Service Officer. Karena kedua posisi tersebut sama-sama berhubungan langsung dengan nasabah, para peserta bisa mengasah kemampuan interaksi dan komunikasi dengan orang lain, sebuah skill yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

Selain itu, peserta tentu saja akan meneriman gaji dan tunjangan selama bekerja di BCA. Namun untuk menjadi karyawan tetap peserta harus mengikuti serangkaian tes lanjutan yang diadakan oleh pihak bank.

Karena tidak ada ikatan dinas apapun dalam program ini, maka peserta bebas untuk memilih akan melanjutkan karir di BCA dengan memperpanjang kontrak atau mencari pekerjaan di bidang lain. Sebagai awal meniti karir di dunia kerja, tentu saja kesempatan ini sangat bermanfaat bagi para lulusan baru.

Tips Diterima di Magang Bakti BCA

Sebelum mempersiapkan hal lain, penampilan harus jadi perhatian utama. Posisi yang akan dilamar oleh calon peserta adalah Teller dan Customer Service Officer, yang keduanya berada di barisan terdepan dalam pelayanan nasabah. Sudah menjadi persyaratan tidak tertulis bahwa pelamar harus datang dalam keadaan rapi dan good looking. Memberi kesan pertama yang baik pada pewawancara bisa melancarkan proses seleksi selanjutnya.

Tahapan seleksi harus dipersiapkan sebaik mungkin karena membeludaknya pelamar yang ingin mengisi posisi ini setiap tahunnya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang Apa Itu Magang Bakti BCA, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Definisi Walk In Costumer
Mengenal Kartu Kredit BCA
Good Corporate Governance (GCG) Perbankan dan Cara Kerjanya
Syarat Membuat ATM Bank BCA dan Jenis Tabungan di BCA
Langkah-langkah Untuk Membuka Tabungan di Bank
Penasaran Kartu AEON? Simak Ulasannya di sini!
Kartu Kredit Bank Mega
Pengaruh Inflasi terhadap Bunga Bank
Program Sakuku BCA dan Persyaratan Penggunaannya
Alasan Bank Umum Harus Menyimpan Saldo Minimal pada Bank Sentral


Bagikan Ke Teman Anda