Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Personal Financial Planner? Apa Kerjanya?

Permasalahan keuangan pribadi memang kerap sekali terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Karenanya bila Anda sering mengikuti rublik yang membahas tentang keuangan, tidak jarang Anda akan menemui pembahasan mengenai bagaimana mencari solusi dari sebuah masalah keuangan pribadi seseorang. Berbagai saran dan masukan akan disampaikan oleh para financial planner untuk menjawab permasalahan keuangan tersebut. Namun, sudah tahukah Anda apa itu personal financial planner? Apa kerjanya?

Personal financial planner adalah para profesional yang memiliki kemampuan untuk membantu Anda dalam mengelola keuangannya dengan memberikan perencanaan yang tepat.  Aspek pengelolaan yang dapat dibantu oleh seorang personal financial planner meliputi manajemen aliran kas masuk dan kas keluar, asuransi, pajak, perencanaan investasi, sampai perencanaan jangka panjang seperti tabungan pendidikan atau dana pensiun.

Selain itu, seorang personal financial planner juga akan membantu Anda dalam perencaaan pengembangan usaha bila Anda mempunyai bisnis sendiri. Seorang personal financial planner akan mempelajari kondisi keuangan Anda saat ini, berapa pemasukan Anda, gaya hidup, beserta resiko-resiko yang mungkin Anda hadapi dalam perjalanan pengelolaan keuangan.

Kemudian personal financial planner akan menyusun sebuah perencanaan keuangan yang bisa Anda terapkan. Perencanaan ini akan meliputi penentuan tujuan, menetapkan skala prioritas, serta memperbaiki segala kesalahan Anda dalam pengelolaan keuangan sehari-hari.

Pentingnya Merencanakan Keuangan

Bila Anda masih belum memiliki perencanaan keuangan yang matang, ada baiknya segera Anda lakukan sebelum terlambat. Ada banyak alasan mengapa Anda harus merencakan segera keuangan Anda. Berikut ini adalah beberapa alasannya mengapa perencanaan keuangan menjadi sangat penting.

  1. Melindungi Anda dan keluarga dari berbagai kemungkinan dan risiko yang berdampak langsung ke kondisi finansial Anda. Seperti kecelakaan, terkena sakit, kematian, atau bahkan tuntutan hukum. Dengan memiliki perencanaan keuangan yang matang, Anda pastinya sudah akan mempersiapkan dana untuk keperluan ini dengan baik.
  2. Mengurangi beban hutang. Dengan menetapkan skala prioritas dan kemampuan Anda, maka Anda akan semakin bijak dalam mengambil hutang. Berhutang tanpa planing dan kemampuan pembayaran yang jelas tentu saja sama seperti bunuh diri.
  3. Membiayai kebutuhan hidup disaat usia Anda tidak produktif lagi. Salah satu aspek penting dalam perencanaan keuangan adalah mempersiapkan segala kebutuhan Anda untuk masa-masa pensiun. Dengan perencanaan keuangan yang baik, bahkan Anda bisa saja memutuskan untuk pensiun lebih cepat karena telah yakin memiliki persiapan yang matang. Biaya yang harus Anda pikirkan adalah biaya kesehatan, asuransi, dan investasi masa tua nanti.
  4. Membayar biaya-biaya keperluan anak dimasa yang akan datang. Salah satu persiapan dana yang harus Anda pikirkan adalah biaya pernikahan anak Anda. Bila saja Anda sudah bisa menyiapkannya dari sekarang, pastinya pada saat itu datang Anda tidak akan merasa kebingungan lagi.
  5. Mampu menyiapkan biaya sekolah anak-anak minimal hingga tingkat sarjana. Mungkin Anda tidak akan menyangka bahwa biaya sekolah anak Anda saat ini bisa sangat mahal. Bila Anda tidak mempersiapkannya dengan matang, pastinya Anda akan kesulitan memenuhi kebutuhan ini.
  6. Membeli kendaraan dan rumah yang diinginkan. Siapapun pastinya ingin memiliki sebuah mobil yang sangat diidam-idamkan. Begitu pula dengan rumah, semua pasti menginginkan memiliki rumah sendiri yang nyaman. Dengan merencakan keuangan secara benar, Anda akan bisa memenuhi keinginan Anda tersebut tanpa terlalu membebani keuangan Anda. Anda akan dipaksa untuk mengurangi beberapa pengeluaran yang tidak perlu dan memprioritaskan pada pemenuhan kebutuhan yang paling Anda inginkan.
  7. Mewariskan berbagai kesejahteraan kepada generasi Anda berikutnya. Adalah sebuah kebanggan tersendiri ketika Anda bisa meninggalkan yang terbaik selama hidup untuk anak cucu Anda. Warisan yang terbaik bukan hanya berupa harta, tapi juga keberhasilan dalam memabawa anak ke jenjang pendidikan terbaik.

Bila Anda ambil kesimpulannya, akan Anda dapatkan bahwa perencanaan keuangan bukan hanya sekedar mempersiapkan dana, tapi tujuan yang lebih besar dari itu adalah memperbaiki kualitas hidup Anda dan keluarga.

Apakah Anda membutuhkan bantuan dari personal financial planner?

Mungkin Anda akan berfikir, yang membutuhkan personal financial planner adalah seorang yang berpenghasilan sangat besar dengan memiliki banyak aset. Padahal perencanaan keuangan tidak ada kaitannya langsung dengan penghasilan atau aset yang dimiliki. Berapapun besarnya penghasilan Anda bila di kelola dengan baik dan tepat akan mampu membawa Anda untuk mencapai tujuan dan target hidup Anda.

Dengan kemampuan dan pengalaman yang dimilikinya, seorang personal financial planner akan membantu Anda untuk memberikan masukan dan arahan terbaik. Berikut ini adalah beberapa tugas dari seorang personal financial planner:

1. Menetapkan tujuan, impian dan skala prioritas yang ingin Anda capai.

Pada pertemuan awal, hal-hal tersebut harus Anda utarakan dengan jelas, sehingga arah perencanaan keuangan Anda akan semakin tepat sasaran. Apa saja yang ingin Anda miliki, apa rencana Anda terhadap pendidikan anak-anak Anda, dan kapan rencana Anda ingin pensiun. Semakin rinci keinginan Anda maka perencanaan keuangan akan dapat dibuat semakin mendetail.

2. Membantu Anda untuk mengatur dan mengelola keuangan secara tepat.

Seorang personal financial planner akan memberikan solusi terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mencapai tujuan Anda dengan mencari informasi yang sedetail-detailnya tentang permasalahan keuangan Anda. Kemudian personal financial planner akan memberikan masukan bagaimana baiknya melakukan pengaturan keuangan dengan penghasilan Anda yang sekarang.

Termasuk dengan memberikan gambaran bagaimana alokasi dana sebaiknya Anda lakukan, dan cara menyesuaikan gaya hidup dengan sisa keuangan yang ada. Serta mempersiapkan rencana investasi sebagai tabungan Anda di masa yang akan datang.

3. Memantau kembali segala rencana keuangan yang telah ditentukan.

Setelah perencanaan keuangan ditentukan, tugas Anda adalah melaksakanan semua rencana dan memberikan laporan kepada personal financial planner Anda sehingga segala pemasukan dan pengeluaran bisa dimonitor secara langsung.

4. Memberikan solusi bila terdapat masalah yang harus dihadapi.

Perencanaan tidak selalu berjalan dengan baik, terkadang juga bisa meleset dari harapan. Karenanya sudah merupakan tugas dari seorang personal financial planner untuk membantu Anda keluar dari permasalahan baru dalam rencana pengaturan keuangan Anda.

Kebutuhan dan prioritas Anda akan terus berubah secara dinamis sejalan dengan bertambahnya usia dan jumlah anggota keluarga Anda. Segala perencanaan yang baik tentunya akan membuat Anda mendapatkan kemapanan finansial di masa yang akan datang. Keberadaan personal financial planner pastinya akan sangat membantu Anda untuk lebih fokus dalam mencapai tujuan jangka panjang Anda.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam meraih kesuksesan dan kemapanan finansial. Selamat beraktivitas dan menjadi seorang yang jauh lebih baik lagi. Salam sukses.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang personal financial planner dan kerjanya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tip Hemat Agar Hidup Semakin Kaya
10 Tips Keuangan bagi Pelajar yang Baru Lulus Sekolah
Apakah Keuangan Anda Sudah Siap saat Keadaan Darurat?
Ingin Menjadi Kaya Seperti Milyuner? Intip Rahasia Berikut Ini!
Cara Mempersiapkan Tabungan Darurat Buat Yang Punya Utang
Stop Boros! Tanyakan Hal Ini Sebelum Anda Membeli Suatu!
Masuk Masa Pensiun? Perhatikan Beberapa Hal Ini!
10 Tip Pengaturan Keuangan di Umur 40an
12 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Pensiun Dini
Budgeting Metode Cookie Jar (Kaleng Kue)


Bagikan Ke Teman Anda