Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Sinking Fund dan Mengapa Diperlukan

Ada banyak cara untuk mengelola keuangan, bagaimana cara memisahkan uang untuk semua kebutuhan, bagaimana cara menabung, hingga bagaimana cara berinvestasi. Namun tetap saja hal-hal tidak terduga sering terjadi.

Tiba-tiba saja mesin cuci Anda rusak, atap yang bocor, atau kedatangan saudara yang menginap di rumah. Ketika Anda tidak menyediakan anggaran khusus untuk hal-hal yang tidak terduga tersebut, Anda membutuhkan yang namanya sinking fund.

Apa itu sinking fund?

Mungkin banyak dari Anda yang tidak memahami sinking fund. Dalam pengertian sederhana, sinking fund adalah dana khusus yang disisihkan untuk keperluan di masa depan. Sinking fund bisa digunakan untuk mendanai semua kebutuhan dan apapun bentuknya. Mulai dari renovasi rumah, membeli mobil baru, bekal untuk liburan, hingga membiayai tagihan medis yang jumlahnya sangat besar.

Tujuan dari sinking fund adalah mencegah Anda mengambil atau mengurangi dana darurat yang Anda miliki. Sehingga dana darurat bisa digunakan untuk keperluan lain yang lebih mendesak nantinya.

Sinking fund bisa diterapkan di mana saja, baik untuk keuangan pribadi atau perusahaan.

Beda Sinking Fund dan Emergency Fund

Membaca definisi dari sinking fund, sekilas terlihat mirip dengan emergency fund atau dana darurat. Sama-sama menyisihkan sejumlah uang setiap bulan untuk digunakan di masa depan. Namun keduanya sama sekali berbeda.

Dana darurat, seperti namanya, hanya digunakan dalam keadaan darurat saja. Seperti mereparasi mobil yang rusak parah atau ketika Anda tiba-tiba kehilangan pekerjaan. Jangan pernah mengambil uang dari dana darurat jika Anda tidak berada dalam kondisi yang benar-benar darurat. Fungsi dana darurat adalah penyelamat Anda saat mengalami situasi yang kurang menguntungkan.

Berbeda dengan sinking fund, yaitu dana yang sengaja Anda sisihkan dan bisa digunakan dalam situasi apa saja. Misalnya untuk berlibur, membeli hadiah, atau membeli mobil baru. Anda tidak perlu khawatir menghabiskan sinking fund untuk kegiatan yang sifatnya bersenang-senang.

Mengapa sinking fund itu penting?

Sama seperti dana darurat atau emergency fund, sinking fund punya peranan yang juga penting untuk menjaga kesehatan finansial Anda. Terkadang meski Anda sudah membuat anggaran belanja bulanan dengan sangat detail, bahkan menyisihkan sebagian uang untuk menabung, investasi, dan dana darurat sekalipun, tetap saja ada beberapa pengeluaran tidak terduga yang bisa mengancam kesehatan finansial Anda.

Misalnya, Anda berencana untuk pergi liburan di akhir tahun, jika tidak menyisihkan dana sedikit demi sedikit, pengeluaran pasti akan membengkak dan Anda mungkin kesulitan untuk memulihkan kondisi ekonomi.

Tapi berbeda lagi ceritanya kalau Anda bisa menyisihkan sedikit demia sedikit bekal liburan setiap bulan sejak awal tahun. Saat musim liburan tiba, Anda tinggal menarik dana simpanan dan menghabiskannya ke destinasi wisata impian.

Tidak hanya itu, sinking fund bisa membantu Anda mewujudkan impian-impian besar. Misalnya Anda ingin membeli mobil baru secara tunai agar tidak menanggung cicilan setiap bulan. Kumpulkan saja uangnya sedikit demi sedikit, lalau gunakan untuk membeli mobil baru setelah jumlahnya mencukupi. Sinking fund sangat berguna dalam membantu Anda membiayai kebutuhan-kebutuhan sampingan yang tidak pernah masuk dalam anggaran bulanan.

Inilah beberapa alasan mengapa sinking fund itu penting untuk Anda:

  • Memenuhi kebutuhan apa saja dengan mudah

Kebutuhan yang bisa terpenuhi dengan sinking fund bisa apa saja. Mulai dari keinginan sepele seperti membeli tas baru hingga impian besar seperti jalan-jalan keluar negeri. Jika semua keinginan tersebut Anda masukkan dalam pengeluaran bulanan, bisa-bisa Anda harus menguras tabungan. Berbeda halnya ketika Anda sengaja menyisihkan yang untuk keinginan yang ingin dicapai.

  • Bersenang-senang tanpa rasa bersalah

Saat Anda ingin bersenang-senang – membeli barang mewah, pergi liburan, dan lain sebagainya – dan Anda menggunakan uang tabungan, jelas Anda akan merasa bersalah selanjutnya. Tujuan dari sinking fun adalah menyisihkan ruang bagi Anda untuk bersenang-senang, namun tidak perlu mengusik kebutuhan lain yang lebih penting.

  • Menghilangkan rasa bersalah karena pemborosan

Pemborosan adalah salah stau bencana besar dalam perencanaan keuangan. Ini sering terjadi saat Anda tidak bisa mengendalikan nafsu dalam mengeluarkan uang. Akibatnya, Anda sampai harus mengambil uang simpanan atau dana darurat. Jika memiliki sinking fund, Anda bisa boros sesuka hati tanpa rasa bersalah. Selama uang yang digunakan untuk pemborosan adalah sinking fund, keuangan Anda akan tetap aman.

  • Merencanakan hal-hal yang tidak terduga

Dalam hidup kita sering menemui kejadian tidak terduga. Tiba-tiba saluran pipa bocor, mesin cuci rusak, atau ban mobil perlu diganti. Kebutuhan-kebutuhan tidak terduga tersebut bisa dibereskan dengan sinking fund yang dimiliki. Anda tidak perlu merasa stres karena anggaran bulanan tidak akan terganggu.

  • Menghindarkan diri dari jeratan hutang

Percaya atau tidak, kebutuhan-kebutuhan sampingan seperti membeli mobil baru hingga liburan bisa membuat diri Anda terjebak dalam lingkaran hutang. Adanya sinking fund akan menyelamatkan Anda. Apapun yang Anda inginkan bisa diwujudkan dengan uang yang kumpulkan sedikit demi sedikit, tanpa harus memaksakan diri dengan berhutang.

Cara Kerja Sinking Fund

Setelah membaca konsep umum mengenai sinking fund dan mengapa penting bagi Anda untuk memilikinya, kini saatnya Anda mempraktikkan langsung sinking fund. Bagaimana cara memulai simpanan sinking fund dan kapan Anda bisa menggunakannya?

Langkah-langkah Membuat Sinking Fund

Selain dana darurat, kini Anda paham kalau sinking fund juga tidak kalah pentingnya. Meski sekarang Anda tidak memiliki sepeserpun atau bahkan baru tahu istilah sinking fund¸tidak perlu berkecil hati. Ini dia langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membuat sinking fund Anda sendiri.

  • Membuka rekening khusus

Jangan menyimpan sinking fund secara tunai. Anda harus membuat satu rekening yang khusus untuk sinking fund. Sama halnya seperti dana darurat, Anda tidak boleh mencampuradukkan sinking fund dengan uang lain yang Anda miliki.

  • Buat daftar keinginan

Berapa besar dana yang harus disisihkan setiap bulan dan berapa tujuan akhir yang harus dicapai sangat tergantung pada keinginan Anda. Jangan ragu untuk menuliskan apapun itu, karena pada dasarnya sinking fund memang dibuat untuk memenuhi kebutuhan bersenang-senang Anda. Buatlah serinci mungkin dengan jumlah yang dibutuhkan untuk mencapainya. Misalnya seperti mobil baru, jalan-jalan ke luar negeri, atau berbelanja.

  • Tentukan tanggalnya

Ini yang tidak kalah penting. Setelah Anda selesai membuat daftar keinginan apa saja yang menjadi impian Anda, kini saatnya Anda menuliskan kapan Anda ingin mewujudkannya. Contohnya, Anda ingin membeli mobil baru secara tunai 2 tahun lagi. Tuliskan estimasi harga mobil, lalu bagi dengan 24 bulan. Dengan demikian Anda tahu berapa uang yang harus disisihkan setiap bulan untuk mewujudkan keinginan tersebut.

  • Perhitungkan keuangan bulanan

Sinking fund memang penting, tapi bukan yang utama. Anda harus memahami hal ini. Biar bagaimanapun, sinking fund tidak boleh mengganggu keuangan bulanan Anda. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan pengeluaran setiap bulan. Jangan sampai Anda mengorbankan kebutuhan pokok hanya agar dapat menyimpan lebih banyak uang untuk sinking fund.

  • Gunakan fitur transfer otomatis

Agar sinking fund bisa terkumpul dan digunakan pada waktu yang telah ditentukan, gunakan fitur transfer otomatis langsung ke akun yang sudah Anda buat tadi.

Berapa banyak sinking fund yang harus dimiliki?

Seseorang bisa punya banyak keinginan yang ingin diwujudkan. Anda mungkin salah satunya. Tapi bukan berarti Anda boleh punya puluhan sinking fund yang akhirnya malah membebani Anda sendiri.

Agar Anda tidak bingung, sinking fund bisa dibedakan ke dalam 3 kategori besar, yaitu:

  1. Pembelian besar terencana. Adalah pembelian barang-barang mewah dan memerlukan biaya besar. Contohnya membeli mobil baru atau rencana liburan sekeluarga.
  2. Pengeluaran tidak terduga. Betapapun matang dan rinci Anda merencakan anggaran bulanan, selalu saja muncul pengeluaran tidak terduga yang bisa membuat tekor. Pengeluaran ini termasuk perbaikan rumah, membeli komputer baru, atau membeli kursi baru.
  3. Pengeluaran terlupakan. Meliputi pengeluaran kecil yang kadang tidak diperhitungkan seperti biaya langganan internet, baju untuk anak-anak, atau kegiatan olahraga.

Merinci satu per satu keinginan bisa membuat Anda stres. Solusi terbaik adalah dengan membaginya ke dalam  kategori besar tersebut. Dari kategori-kategori tersebut, Anda bisa memilih mendahulukan yang mana saat uang sudah terkumpul.

Sinking Fund dalam Perusahaan

Sinking fund tidak hanya berlaku untuk keuangan pribadi saja, tetapi juga bisa diterapkan dalam perusahaan. Tentunya dengan tujuan dan cara pengumpulan yang berbeda. Dalam perusahaan, sinking fund adalah dana yang disisihkan untuk melunasi hutang atau obligasi. Sinking fund membantu meringankan beban perusahaan ketika waktu untuk membayar hutang telah tiba.

Sama halnya seperti sinking fund yang sangat bermanfaat bagi keuangan personal, perusahaan juga sangat diuntungkan dengan adanya dana ini. Sinking fund juga menjamin keamanan bagi investor yang memberikan dananya ke sebuah perusahaan.

  • Resiko default yang lebih rendah

Ketidakmampuan perusahaan membayar hutang yang sudah jatuh tempo adalah salah satu penyebab utama yang bisa membuat mereka mengalami default. Kondisi ini tidak hanya merugikan perusahaan, tetapi juga para investor. Apabila sebuah perusahaan memiliki sinking fund, para investor akan merasa aman saat terjadi bangkrut atau default.

  • Meningkatkan kredit perusahaan

Salah satu kelebihan utama dari sinking fund adalah menurunkan resiko default perusahaan dan menjadi elemen keamanan dari perusahaan tersebut. Sebagai hasilnya, kredit perusahaan akan meningkat, dan permintaan akan saham perusahaan pun juga semakin tinggi. Dengan demikian, mudah bagi perusahaan untuk mengumpulkan dana di masa depan.

  • Dampak finansial jangka panjang

Adanya sinking fund dapat meningkatkan jumlah kas dan keuntungan perusahaan dalam tahun-tahun ke depan. Jika perusahaan bisa mempertahankan performanya, investor akan semakin tertarik untuk menanamkan dana di perusahaan tersebut. Dan jika diperlukan, perusahaan bisa mendapatkan tambahan modal di masa depan.

  • Meringankan beban bunga

Membayar hutang dengan menggunakan sinking fund, bahkan lebih awal dari jatuh tempo, dapat memangkas pengeluaran perusahaan untuk membayar bunga. Bunga hutang bisa memberatkan beban finansial perusahaan dan bukan tidak mungkin akan menempatkan perusahaan dalam posisi yang sulit.

Sinking fund merupakan konsep keuangan yang penting untuk dipahami, baik bagi perseorangan maupun perusahaan. Dana khusus yang Anda sisihkan setiap bulan ini bisa memberikan manfaat yang tidak dimiliki oleh tabungan utama Anda. Secara personal, Anda bisa bersenang-senang dan menikmati kemewahan tanpa merasa bersalah dan menumpuk hutang.

Untuk perusahaan, sinking fund meringankan beban Anda dalam membayar hutang. Jika perusahaan bisa mempertahankan tren positif, mereka akan bisa membayar hutang lebih awal dan meningkatkan kreditnya. Bagi perusahaan, hal ini sangat penting karena nilai jual saham mereka di mata investor akan semakin meningkat dan bisa membantu perusahaan mengumpulkan modal tambahan di masa depan.

Jadi, tidak ada salahnya mulai menuliskan daftar keinginan besar Anda dan mewujudkannya melalui sinking fund!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu sinking fund, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



12 Kesalahan dalam Membuat Anggaran Keuangan Pribadi
Mencari Penghasilan Sampingan? 9 Terobosan ini Patut Kamu Coba
7 Cara Membiasakan Diri Menabung
Manfaat Menyimpan Uang dalam Bentuk Deposito
8 Kesalahan-kesalahan Merencanakan Keuangan Keluarga
Agar Bisa Menabung, Hindari Beli Barang Berikut
Sudah Saatnya Mempersiapkan Dana Darurat, Ini Caranya!
9 Tip Mengelola Keuangan yang Bisa Kita Pelajari dari Orang China
Ingin Menjadi Semakin Produktif? Berikut Tipsnya!
4 Langkah Sederhana Membuat Anggaran Keuangan Keluarga


Bagikan Ke Teman Anda