Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Sovereign Wealth Fund?

Sovereign Wealth Fund (SWF) juga dikenal dengan istilah Social Wealth Fund merupakan sebuah dana investasi milik negara yang sebagian berasal dari cadangan devisa negara. Dana ini diolah oleh badan milik pemerintah yang tujuan utamanya digunakan untuk melindungi negara saat terjadi guncangan ekonomi.

Di Indonesia, SWF disamakan dengan Lembaga Pengelola Investasi. Lembaga ini bersifat khusus dan pertanggungjawabnya langsung ke presiden. Untuk sumber dananya, SWF bisa berasal dari beberapa hal. Jenisnya pun beragam. Biar ebih jelas mengenal SWF, berikut ulasan seengkapnya tentang apa itu Sovereign Wealth Fund.

Sumber Dana Sovereign Wealth Fund

Sebagai lembaga pengelola investasi, dana yang dimiliki SWF bisa berasal dari berbagai sumber. Misalnya saja diambil dari dana:

  • Surplus neraca pembayaran negara
  • Nilai mata uang asing
  • Hasil privatisasi
  • Surplus fiskal
  • Penghasilan dari sumber daya alam.

Tetapi ada beberapa sumber dana yang tidak termasuk SWF. Beberapa yang tidak termasuk ke dalam Sovereign Wealth Fund adalah:

  • Aset Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
  • Dana pensiun milik pegawai pemerintahan (yang didanai oleh pegawai)
  • Aset yang dikelola untuk kepentingan individu
  • Aset cadangan mata uang asing yang dikelola oleh otoritas keuangan suatu negara untuk tujuan kebijakan keuangan ataupun neraca pembayaran konvensional.

Tujuan Adanya Sovereign Wealth Fund

Sovereign Wealth Fund dibuat karena alasan dan tujuan yang beragam. Setiap negara bisa saja memiliki alasan yang berbeda. Beberapa tujuan dibuatnya SWF yang paling umum adalah:

  • Untuk melindungi dan menstabilkan anggaran negara dan perekonomian dari naik turun yang berlebihan dalam pendapatan maupun ekspor.
  • Sebagai diversifikasi dari ekspor komoditas sumber daya alam yang tak terbarukan.
  • Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari pada cadangan devisa.
  • Sebagai bentuk investasi atau tabungan kepada generasi mendatang.
  • Untuk mendanai pembangunan sosial dan ekonomi suatu negara.
  • Membantu otoritas keuangan negara menghilangkan likuiditas yang tidak diinginkan.
  • Pertumbuhan modal dalam jangka panjang yang berkelanjutan.

Bahkan SWF juga bisa digunakan sebagai strategi politik suatu negara. Jika dikelola dan dimanfaatkan dengan baik, dana ini bisa bermanfaat baik bagi negara dan rakyatnya.

Varian Sovereign Wealth Fund

Sovereign Wealth Fund terbagi menjadi beragam varian berbeda. Beberapa yang paling umum adalah:

  1. Dana Stabilisasi

Di dalam bahasa Inggris, varian dana yang pertama ini juga dikenal sebagai “rainy day fund”. Jika diartikan adalah dana untuk hari hujan. Yang dimaksud hari hujan adalah apabila terjadi guncangan ekonomi. Jadi, dana ini dibuat khusus untuk penstabil kondisi keuangan negara di saat terjadi krisis yang bisa datang kapan saja.

Memang benar, terkadang krisis ekonomi bisa diperkirakan datangnya oleh ahli ekonomi. Tapi tak jarang krisis ekonomi datang tiba-tiba. Jika negara tidak siap, negara akan mengalami perubahan drastis. Yang paling disusahkan adalah rakyat. Apalagi kalau sampai terjadi pengurangan tenaga kerja hingga kekacauan politik. Dengan adanya dana ini, setidaknya diharapkan bisa membantu menstabilkan ekonomi negara.

  1. Dana Generasi Mendatang

Sesuai namanya, ini adalah dana yang khusus ditujukan untuk generasi berikutnya dalam suatu negara. Bisa dibilang ini merupakan tabungan antar generasi. Banyak negara yang menyiapkan dana khusus ini demi generasi selanjutnya.

Menariknya, dan ini tidak hanya bisa digunakan untuk generasi mendatang, misalnya untuk subsidi pendidikan. Tapi juga bisa digunakan untuk para lansia. Dengan begitu, pemerintah bisa menghidupi lansia di negara tersebut dengan baik. Jika dana ini tercukupi, maka seluruh generasi akan mendapatkan kehidupan yang sejahtera.

  1. Dana Investasi Cadangan

Berbeda dengan kedua jenis dana sebelumnya, dan yang ketiga ini khusus untuk investasi. Tujuan utamanya dibuat dana ini adalah untuk mendapat penghasilan yang bisa dijadikan investasi jangka panjang. Diharapkan hasil yang didapat nilainya tinggi.

  1. Dana Pensiun Cadangan

Dana yang keempat ini adalah dana pensiun cadangan yang disisihkan untuk membiayai sistem pensiun sebuah negara. Tujuannya adalah agar membantu pemerintah dalam membiayai pensiun di negaranya. Jadi negara bisa lebih ringan dalam menangani warga negara yang masuk usia pensiun.

Meski fungsinya sangat penting, tapi tidak semua negara mempunyai dana ini. Biasanya dana ini disiapkan oleh negara yang punya populasi lansia tinggi, dipadukan dengan tingkat kelahiran yang rendah.

Berapa Nilai Sovereign Wealth Fund?

Jumlah uang yang diinvestasikan ke dalam dana ini tidak bisa disamaratakan. Jumlahnya bervariasi. Bisa tergantung dari jenis dananya atau tergantung dari negaranya. Setiap negara bisa menentukan jumlah minimal dana tergantung dari kebutuhan populasi tiap-tiap negara.

Beberapa faktor penentu dalam dana investasi ini misalnya likuiditas, jumlah hutang negara, dan saldo alokasi.

Contoh Sovereign Wealth Fund yang Baik

Saat ini ada beberapa negara yang memiliki SWF. Di Indonesia sendiri, SWF baru dibentuk beberapa bulan yang lalu. Kalau mau melihat contoh negara dengan SWF yang baik, kita bisa lihat contohnya ke negara berikut:

  1. Norway”s Government Pension Fund Global

Ini adalah dana pensiun milik Norwegia yang sering juga disebut sebagai “Oil Fund”. Pertama kali dibuat di tahun 1990, pada agustus 2020 asetnya sudah berkembang hingga melebihi $1 triliun. Pendapatan negara Norwegia dari industri perminyakan diinvestasikan ke aset lainnya.

Sumber utama dana tersebut adalah dari pajak berbagai perusahaan minyak. Terutama perusahaan yang mempunyai izin untuk mengeksplorasi minyak.

  1. Abu Dhabi Investment Authority

Otoritas Investasi Abu Dhabi sudah dibuat sejak tahun 1976. Dana ini dibuat dengan tujuan untuk menginvestasikan kembali pendapatan yang berlebih ke jenis aset yang lain. Investasi dibuat atas nama pemerintah dan kini diperkirakan jumlahnya telah mencapai $579 lebih pada agustus 2020.

  1. China Investment Corporation

Dana ini dibuat pemerintah China untuk menginvestasikan kembali cadangan devisa negara. Jumlah pastinya tidak diketahui. Tetapi diperkirakan per-agustus 2020, sudah mencapai lebih dari $940 miliar.

Sovereign Wealth Fund bukanlah istilah baru dalam bidang pengelolaan keuangan negara. Tetapi baru populer belakangan ini setelah pemerintah membentuk lembaga SWF. Meski telah tertinggal lebih dari 30 tahun dengan negara lain, keberadaan SWF di Indonesia semoga tetap membawa dampak baik.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu sovereign wealth fund, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Pengusaha vs Karyawan, Mana Yang Lebih Menjanjikan Masa Depan?
Contoh Depresiasi dan Rumus Perhitungannya
Contoh Nyata Penawaran Inelastis Sempurna
Contoh Surat Undangan Setengah Resmi
Contoh Laporan Keuangan untuk Semua Usaha, Kafe, Restoran dan Lainnya
Contoh Tugas Bank Umum yang Perlu Diketahui
Contoh Keunggulan Koperasi yang Tidak Dimiliki Badan Usaha Lainnya
Rumus Menghitung BEP (Break Even Point)
Apa itu Kelompok Bank Berdasarkan Modal Inti (KBMI)?
Apa Itu Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK)?


Bagikan Ke Teman Anda