Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Sewa Rumah vs Beli Rumah, Manakah yang Lebih Baik?

Bisa memiliki rumah sebagai tempat tinggal permanen tentunya merupakan harapan semua orang. Bagaimanapun juga, rumah adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Setelah bekerja keras seharian untuk mencari nafkah, tentunya setiap orang memerlukan suatu tempat yang nyaman untuk melepas lelah. Oleh karena itu, bukan hal yang mengherankan jika kepemilikan properti rumah atau apartemen merupakan impian hampir setiap orang.

Walapun demikian, seperti juga properti yang lain, rumah atau apartemen bukanlah barang murah yang bisa dibeli begitu saja. Apalagi jika hunian idaman yang ada dipikiran berada di lokasi yang strategis, lingkungan yang aman dan terjamin serta fasilitas umum yang terbilang lengkap. Tidak jarang harga yang ditawarkan bisa melambung hingga bermilyard-milyard. Bahkan kenyataannya, memiliki kemampuan untuk membeli rumah sederhana di kawasan pinggiran saja juga bisa menjadi hal yang sulit dijangkau oleh banyak orang. Akhirnya, sebagai alternatif, mereka memilih untuk menyewa rumah atau kamar kost sebagai tempat tinggal sementara.

Sebenarnya, manakah pilihan yang lebih baik untuk dilakukan? Bagi Anda yang berpenghasilan menegah ke bawah, apakah memaksakan untuk membeli rumah tetap menjadi pilihan terbaik? Atau memang lebih baik dan aman untuk menyewa tempat tinggal sementara dahulu hingga kondisi keuangan mencukupi? Untuk menjawab pertanyaan ini, mari mengupas lebih dalam sisi positif dan negatif dari membeli rumah atau apartment dan menyewa properti tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Menyewa Rumah

Menyewa rumah sebenarnya adalah alternatif paling terjangkau bagi keluarga muda untuk mendapatkan tempat tinggal yang semi permanen. Dengan jangka waktu yang cukup panjang dan fasilitas yang sama, menyewa rumah atau apartemen hampir terasa sama dengan memiliki properti pribadi. Berikut adalah keuntungan yang bisa didapat jika Anda menyewa rumah atau apartemen:

  • Menyewa rumah berarti tidak perlu menabung untuk uang muka. Untuk membeli sebuah properti, tentunya Anda harus memiliki tabungan yang cukup banyak. Bahkan jika membelinya dengan KPR atau cicilan lainnya, tetap saja Anda harus menyiapkan dana yang bisa dibilang cukup besar untuk uang muka rumah tersebut. Dengan menyewa rumah, hanya biaya sewa per tahun saja yang harus dikeluarkan, dan pastinya jauh lebih murah dari pada membeli rumah.
  • Saat menyewa maka pajak tidak perlu dipikirkan lagi. Pajak pembelian properti untuk tempat tinggal bukanlah hal yang murah. Biasanya besar pajak bernilai 0.1%-0.2% dari total harga properti dan harus dibayarkan setiap tahun. Pemilik rumahlah yang biasanya menanggung biaya tersebut, sehingga Anda bisa menghuni rumah sewaan tanpa beban.
  • Tidak perlu lagi memikirkan biaya renovasi karena Anda tidak akan tinggal permanen di sana. Properti juga merupakan barang yang bisa rusak dan butuh biaya perawatan terus menerus. Pemilik rumahlah yang akan menangung biaya renovasi rumah jika diperlukan.

Walau demikian, kenyataannya menyewa rumah bukan tidak memiliki kerugian juga, terutama untuk jangka panjang. Berikut hal-hal yang harus dipertimbangkan jika memilih untuk menyewa rumah atau apartmemen:

  • Menyewa berarti melepaskan kesempatan untuk berinvestasi. Tidak peduli berapa banyak dana yang telah dikeluarkan selama menghuni tempat tingga sewaan, anda tidak akan pernah mendapatkannya kembali. Akhirnya semua biaya yang dikeluarkan akan menjadi hal yang sia-sia juga.
  • Tetap terbebani dengan biaya perbaikan sehari-hari. Walau penyewa tidak akan dibebani dengan biaya renovasi, namun kerusakan-kerusakan kecil tetap saja bisa terjadi. Contohnya, keran yang rusak atau memperbaiki kebocoran. Jika diakumulasikan, pengeluaran ini juga tidak bisa dibilang murah.
  • Biaya tambahan untuk pindah jika masa sewa habis. Walaupun terdengar tidak seberapa, namun jika sering memilih masa sewa yang singkat dan berpindah-pindah maka total biaya ini akan menjadi besar.

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Rumah

Seperti halnya menyewa, membeli rumah juga memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Yang pasti, membeli rumah akan memerlukan usaha yang lebih keras dan juga kesiapan finansial yang lebih baik daripada menyewa properti untuk tempat tinggal. Tetapi, perjuangan itu akan sebanding dengan keuntungan yang akan diterima seperti berikut:

  • Kepemilikan properti rumah adalah investasi jangka panjang yang menguntungkan. Harga properti akan selalu naik karena aktor pertumbuhan kepadatan penduduk. Rumah yang Anda beli tentunya akan menjadi salah satu bentuk investasi yang menjanjikan di masa mendatang.
  • Masa depan keluarga lebih terjamin karena properti bisa diwariskan. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, maka keluarga Anda setidaknya masih memiliki tempat tinggal untuk bernaung, sehingga setidaknya Anda telah mempersiapkan bekal yang berharga bagi mereka.
  • Properti pribadi juga bisa dijaminkan jika membutuhkan dana yang besar. Hal ini akan berguna jika Anda ingin membuka usaha dan hendak mengambil pinjaman dari bank. Sertifikat rumah bisa menjadi jaminan yang akan mempermudah disetujuinya proposal pendanaan Anda.

Walau demikian, sebelum memutuskan untuk membeli rumah, ada baiknya mempertimbangkan hal-hal berikut yang bisa merugikan Anda jika tidak dicermati sewaktu membeli rumah:

  • Nilai investasi untuk membeli rumah atau apartemen sangatlah besar. Jika salah memilih properti tersebut, misalnya letak kurang strategis atau pihak pengelola tidak profesiaonal, maka Anda harus terjebak di dalamnya dalam jangka waktu yang cukup panjang. Terlebih jika proses pembelian menggunakan sistem kredit atau cicilan.
  • Tanggungan biaya perawatan yang pastinya jauh lebih besar. Terutama dalam hal pemugaran dan perbaikan kerusakan karena pemakaian.
  • Jika membeli dengan sistem kredit, maka pengaturan keuangan harus sangat cermat. Jika sampai terjadi kredit macet ditengah jalan, Anda bisa beresiko kehilang uang yang selama ini telah dibayarkan beserta properti tersebut.

Kesimpulannya, dalam jangka panjang, membeli rumah lebih menguntungkan dari sekedar menyewa. Akan tetapi, karena baik menyewa dan membeli rumah sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan, pastikan Anda mempertimbangkan semua faktor baik-baik sesuai dengan kemampuan dan preferensi Anda sebelum membuat keputusan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang sewa rumah vs beli rumah, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

 



Mending Sewa Rumah atau Beli Rumah KPR?
Faktor Ini Perlu Menjadi Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah!
Ngontrak Rumah dan Punya Banyak Uang atau Beli Rumah tapi Tak Punya Uang, Mana yang Lebih Baik?
Mana yang Lebih Menguntungkan: Beli Rumah atau Apartemen?
Jangan Menyewakan Rumah kepada Orang Seperti Ini
Pengusaha vs Karyawan, Mana Yang Lebih Menjanjikan Masa Depan?
Contoh Depresiasi dan Rumus Perhitungannya
Contoh Nyata Penawaran Inelastis Sempurna
Contoh Surat Undangan Setengah Resmi
Contoh Laporan Keuangan untuk Semua Usaha, Kafe, Restoran dan Lainnya


Bagikan Ke Teman Anda