Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Mengatur Keuangan untuk Keluarga Muda

Menikah dan berkeluarga merupakan tahapan kehidupan yang memang memberikan pengalaman luar biasa. Tak hanya kebahagiaan karena bisa menjalani hidup dengan pasangan terkasih, tetapi juga ada banyak pengalaman berharga tentang kehidupan.

Berbeda ketika anda masih hidup sendiri, kondisi finansial ketika sudah memiliki pasangan dan hidup berkeluarga tentu memerlukan penyesuaian.
Sepertinya memang benar kata-kata bila hidup berumah tangga tak cukup hanya bermodal cinta, setidaknya keuangan haruslah aman dengan memiliki penghasilan yang tetap.

Sedikit penuh tantangan memang, karena mengelola keuangan tidaklah semudah yang dibayangkan terlebih bagi pasangan muda yang baru membangun masa depannya. Namun tidak ada hal yang tidak mungkin jika mau berusaha dan selalu berpikiran positif.

Agar keluarga muda tak lagi mengalami kesulitan menjaga finansialnya berikut ini ada beberapa tips yang dapat diterapkan agar pasangan muda mampu mencapai finansial goal yang diinginkan. Simak baik-baik ya.

1. Mulailah Dengan Mempersiapkan Dana Darurat

Memiliki keluarga sejahtera dengan kondisi keuangan yang stabil memang menjadi idaman setiap orang tak terkecuali bagi pasangan muda. Karenanya bagi pasangan muda mempersiapkan dana darurat sedari dini adalah langkah yang sangat disarankan.

Lain halnya ketika sudah memiliki anak, pasangan muda yang belum memiliki anak lebih berpeluang untuk bisa memiliki dana lebih untuk disimpan dalam dana darurat. Apalagi bila dua-duanya bekerja, sudah barang tentu akan lebih mudah lagi mempersiapkannya.

Intinya, dana ini merupakan dana cadangan yang akan digunakan ketika mendapati saat-saat tidak terduga. Karena keluarga muda cenderung rawan mengalami masalah finansial, disebabkan gaya hidupnya yang mungkin belum terbiasa dengan kehidupan rumah tangga yang membutuhkan tanggung jawab.

Dengan cara ini pula, keadaan keuangan bisa menjadi lebih aman dan setidaknya bebas dari rasa khawatir dengan masalah keuangan yang mungkin masih dalam tahap penyesuaian.

2. Buat Rencana Keuangan dengan Matang

Seseorang yang memiliki rencana di dalam hidupnya berarti memiliki tujuan, dan tujuan ini yang nantinya mendorong seseorang untuk bisa melakukan sesuatu hal termasuk soal keuangannya. Begitu pun juga dengan pasangan muda yang mulai memikirkan tentang rencana keuangannya untuk masa depan.

Memiliki keuangan yang terencana, setidaknya bisa membuat keadaan finansial lebih terjaga tetap dalam batas positif. Dan bukan hanya sebatas membuat rencana belanja atau liburan romantis saja.

Rencana keuangan ini lebih pada tujuan jangka panjang, yang artinya menata keuangan sedari dini agar bisa menikmatinya di masa tua nanti. Misalnya saja dengan berinvestasi, banyak macam investasi yang bisa jadi pilihan bisa dengan membeli rumah atau tanah, bisa juga membuka tabungan deposito.

Apapun yang direncanakan asal dikerjakan dengan sungguh-sungguh pastilah memiliki hasil. Dan bila masih ragu, saran dari orang-orang terdekat yang lebih dewasa soal keuangan bisa dijadikan sebagai referensi. Misalnya orang tua atau pun konsultan keuangan.

3. Jangan Biarkan Ada Hutang yang Belum Lunas

Saat mulai merencanakan soal keuangan, ingat-ingat kembali masih ada hutang atau pinjaman yang belum terselesaikan atau tidak. Misalnya mungkin dana untuk kuliah dulu, atau bahkan mungkin biaya pernikahan yang belum tuntas sepenuhnya.

Tentunya melunasi pinjaman jauh lebih penting sebelum memulai untuk menyimpan sebagian penghasilan yang diperoleh.

Dengan membebaskan diri dari hutang sejak awal, ini akan memberi peluang hidup tenang jauh dari bayang-bayang hutang yang meresahkan. Dengan begitu, keuangan lebih bisa diatur sesuai keinginan.

4. Manfaatkan Rencana Pensiun

Mungkin terdengar terlalu dini, namun tidak ada salahnya memikirkan untuk masa tua nanti. Kalau punya pekerjaan tetap seperti karyawan perusahaan bonafit atau jadi PNS sih tak perlu repot-repot memikirkan masa tua.

Namun bagi para pasangan muda yang bekerja sebagai pengusaha atau wiraswasta yang tidak memiliki jaminan masa tua, bisa kok membuat sendiri rencana tabungan pensiunnya.

Dengan memikirkan masa tua sejak awal, paling tidak masa depan sudah lebih tertata. Agar di masa tua nanti tidak harus bekerja keras hanya untuk mencari nafkah.

5. Pikirkan Tabungan Pendidikan untuk Anak-anak

Meski saat ini belum memiliki anak, namun memikirkan tentang pendidikannya juga hal yang cukup penting. Mengapa demikian? Sebab semakin awal sebuah pasangan muda memikirkan tentang pendidikan anak- anaknya, semakin tinggi pula mimpi tersebut bisa terwujud.

Biaya pendidikan yang tidak murah, bisa saja membuat seseorang tak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Setidaknya ketika tabungan pendidikan telah direncanakan sejak awal, maka di masa mendatang keinginan untuk bersekolah tidak akan terbebani dengan masalah ekonomi.

6. Pikirkan Soal Asuransi

Persoalan mengenai asuransi jiwa biasanya jauh dari pemikiran para keluarga muda dan sebagian bahkan mungkin menganggapnya tidak terlalu penting. Meski ada anggapan bahwa asuransi hanya cocok untuk orang yang sudah tua saja namun sebenarnya hal ini perlu diluruskan.

Asuransi sebetulnya tak hanya cocok untuk kalangan usia lanjut saja, karena asuransi sejatinya merupakan sebuah perlindungan untuk semua usia. Dengan memiliki asuransi, seseorang tak hanya melindungi dirinya sendiri namun juga keluarganya terlebih jika memiliki pinjaman di bank dengan jangka waktu pinjaman yang panjang.

Perlindungan yang ditawarkan oleh asuransi tak terbatas pada satu jenis perlindungan saja, namun lebih kompleks ke berbagai kebutuhan. Misalnya, untuk perlindungan jiwa dan aset-aset yang dimiliki seperti rumah dan properti lainnya dari berbagai hal yang tidak diinginkan.

Bijak dalam mengelola keuangan keluarga bukan hanya peran satu orang saja, karena keuangan yang stabil karena kontribusi dari suami dan istri. Siapapun yang mencari nafkah, setidaknya mengelolanya harus dipikirkan sejak awal agar tidak terjadi masalah. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip mengatur keuangan untuk keluarga muda, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

 



Apa Itu Residual Income?
Nasehat Finansial ini Patut Diajarkan ke Generasi Selanjutnya
Tip Mengelola Keuangan untuk yang Punya Anak Kembar
Tip Mengelola Keuangan untuk Mahasiswa
Cara Mempersiapkan Tabungan Darurat Buat Yang Punya Utang
Nasihat Keuangan untuk Anak Muda Zaman Now
Tip Mempersiapkan Pensiun Dini
Tip Mengelola Uang Agar Cepat Kaya
Mau Bebas Finansial? 6 Tip Keuangan Ini Membuat Kamu Bebas Finansial
Apa yang Dilakukan Ketika Saudara Meminjam Uang?


Bagikan Ke Teman Anda