Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

9 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tidak Jatuh Miskin

Angka kemiskinan di Negara kita memang cenderung mengalami penurunan. Menurut data Badan Statistik Nasional pada tahun 2018, presentasi kemiskinan kita ada pada titik terendah sejak tahun 1999. Namun tentu saja data ini tidak serta merta mampu menghindarkan kita dari kemiskinan.

Ada banyak hal yang harus kita lakukan sejak dini untuk mencegah kemiskinan tersebut jatuh pada kita.

Lakukan Langkah Berikut Agar Tidak Miskin

1. Miliki pendidikan yang memadai

Bagaimana pun pendidikan reguler masih menjadi faktor penentu kesuksesan hidup kita. Menurut sebuah survey, peluang untuk menjadi tidak miskin akan semakin kecil seiring tingginya pendidikan kita.

Memang zaman telah berubah, dan kita pun bisa mendapatkan ilmu dari berbagai sumber, baik secara online, maupun dari lapangan. Namun ada banyak hal yang bisa kita dapatkan di sekolah. Semisal pembentukan karakter, kedisiplinan, serta pengetahuan umum yang bisa menambah wawasan kita.

Minimal Anda memiliki ijasah SMA, jika keuangan menjadi penghalang untuk melanjutkan kuliah, maka Anda bisa melamar pekerjaan terlebih dahulu. Baru jika keuangan sudah memungkinkan, Anda bisa berangkat kuliah dengan uang tabungan Anda sendiri.

2. Miliki pekerjaan

Tentu dengan bekerja kita akan memiliki penghasilan, penghasilan akan membuat kita mampu mencukupi kebutuhan hidup. Dengan demikian, semakin kita memiliki penghasilan yang memadai, semakin kita mampu memenuhi kebutuhan hidup kita.

Segala sesuatunya membutuhkan uang. Lalu dari mana kita bisa mendapatkan uang jika tidak bekerja?

3. Menikah di saat yang tepat

Sayang sekali sebagian dari masyarakat Indonesia masih menganut budaya yang apatis. Banyak orang tua menjadi resah ketika anaknya (utamanya perempuan) belum menikah di usia tertentu. Padahal sebuah pernikahan bukanlah tentang umur.

Pernikahan lebih dari sebuah komitmen yang membutuhkan banyak kesiapan dari kedua belah pihak. Menurut sebuah data, pernikahan memang cenderung meningkatkan pendapatan seseorang. Namun pernikahan yang dilakukan karena terpaksa atau dorongan orang lain dapat berakhir dengan buruk.

Situasi tidak bertambah baik ketika hadir anak di tengah-tengah pernikahan kita. Terlebih ketika situasi keuangan belum siap, itu akan menjerumuskan kita ke dalam kondisi yang rumit. Kini yang harus ditanggung tidak hanya kehidupan dua manusia, namun juga dana pendidikan juga asuransi kesehatan untuk sang anak.

Jadi sebaiknya tunda dulu untuk menikah dan memiliki anak sampai Anda berdua benar-benar siap.

4. Kembangkan kemampuan Anda

Di era Kecerdasan buatan saat ini, Anda akan menemukan manusia tengah bersaing ketat dengan robot. Tentu para pengusaha akan memilih alternatif terbaik untuk perusahaan mereka. Robot dikenal sebagai karyawan yang patuh, tidak pernah membangkang, atau menuntut, bahkan mereka pun minim melakukan kesalahan. Bandingkan saja dengan tenaga manusia.

Jika Anda tidak membekali diri dengan banyak kemampuan, maka bersiaplah untuk tersingkir dari persaingan ketat ini. Robot akan senantiasa mengambil alih pekerjaan Anda, namun yang bisa Anda lakukan untuk dapat “menjual” diri Anda sendiri adalah dengan mempresentasikan yang terbaik dari diri Anda.

Kebiasaan yang boleh ditambahkan adalah membaca buku-buku inspiratif yang mampu membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan diri.

5. Siapkan dana pensiun

Saat ini Anda mungkin berada di sebuah tempat yang memberi banyak fasilitas dan gaji mentereng. Tapi bagaimana 10 atau 20 tahun kedepan? Anda akan menua dan digantikan, lalu apa yang akan Anda lakukan saat tidak memiliki penghasilan lagi?

Dana pensiun bukan hanya investasi, namun ini sebuah jaminan bahwa Anda tetap bisa menikmati masa tua tanpa kekurangan suatu apa pun. Persiapkan dana pensiun Anda mulai dari sekarang selagi Anda masih mampu.

Waktu berjalan begitu cepat, Anda tidak akan menyadari sampai atasan Anda memanggil untuk menandatangani surat resign. Sebelum hal itu terjadi, pastikan terlebih dahulu masa depan Anda.

6. Berhematlah

Ini mungkin klise. Namun berhemat akan membantu Anda untuk menyimpan lebih banyak. Selanjutnya Anda bisa melangkah lebih untuk mulai masuk dalam sebuah investasi menguntungkan.

Hasilkan 100, hemat 50, investasikan 20. Bukankah Anda masih memiliki banyak sisa untuk bertahan hidup?

7. Miliki pergaulan yang baik

Jika Anda ingin meraih sukses dan terus mempertahankannya, maka sebaiknya Anda bergaul dengan orang yang tepat. Belajarlah dari para pengusaha sukses, bentuk jaringan Anda, temui banyak orang hebat setiap hari.

Bergaullah dengan orang-orang yang lebih besar dari Anda dalam hal kebijaksanaan dan juga pengetahuan. Sebab tidak semua hal bisa dipelajari lewat buku atau kelas-kelas formal. Jadikan setiap orang yang Anda temui di lapangan sebagai mentor terbaik Anda.

8. Pelajari cara mengelola uang

Pelajaran sederhana dalam mengelola uang adalah dengan membuat anggaran. Biasakan mengelola anggaran Anda setiap bulannya, dan kembangkan di bulan depan. Kunci dari keberhasilan pengelolaan uang adalah disiplin, dan anggaran akan membantu Anda.

9. Jangan larut pada hal-hal yang tidak penting

Fokuskan pikiran Anda pada tujuan hidup, lalu buat semua itu berarti dengan kerja keras. Membuang-buang waktu Anda dengan memikirkan kegagalan di masa lalu adalah sia-sia. Demikian pula saat Anda berangan-angan terlalu tinggi untuk masa depan Anda.

Sah-sah saja jika Anda punya mimpi, tapi mimpi akan selamanya jadi mimpi jika tidak ada action untuk menjadikannya nyata.

Hindari pertengkaran di media sosial yang akan menyita waktu Anda. Alih-alih menghabiskan waktu dengan diskusi tak berujung, carilah tambahan penghasilan di waktu luang.

Kemiskinan adalah konsekuensi dari perilaku tertentu. Jika Anda melakukan tindakan yang tepat saat ini, maka masa depan akan terjamin, dan Anda pun tidak akan jatuh pada kemiskinan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 9 hal yang harus dilakukan agar tidak jatuh miskin, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Daftar Mitos-mitos tentang Kekayaan
Apa Itu Perusahaan Pergadaian?
Dasar-Dasar Keuangan Pribadi (Personal Finance)
Tips Cepat Mengatur Keuangan yang Baik
Apa Penyebab Susah Menabung?
Ini Dia Alasan-alasan Mengapa Anda Tidak Kunjung Menjadi Milyuner
10 Tip Jitu agar Terbebas dari Jeratan Utang dengan Cepat
Manfaat Menyimpan Uang dalam Bentuk Deposito
Tip Mengatur Keuangan untuk Keluarga Muda
Mengapa Banyak Orang Tidak Punya Tabungan?


Bagikan Ke Teman Anda