Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Trend Teknologi 2019 Menurut Para Pakar

Teknologi dari waktu ke waktu menjadi topik yang menarik untuk diperbincangkan. Terutama teknologi baru yang bakal menggantikan teknologi lama yang sudah usang. Menurut kabar yang beredar teknologi AI, AR, dan 5G bakal menguasai dunia teknologi sepanjang tahun 2019 sekaligus juga beberapa tahun kedepan. Benarkah demikian? Para pakar akan coba membahas trend teknologi yang bakal terjadi di tahun 2019.

1. Patrick Moorhead Principal Moor Insights & Strategy

Patrick mengungkapkan pandanganya soal perkembangan teknologi AI atau Artificial Intelligence. Menurutnya perkembangan AI yang begitu cepat harus dilihat terlebih dahulu dari berbagai aspek. Apakah bisa menghadirkan banyak layanan dan pengalaman melalui teknologi AI atau tidak. Perlu dilakukan serangkaian penelitian terlebih dahulu.

Dari sana, baru bisa terlihat dengan jelas apa yang sebenarnya kita inginkan dari teknologi AI ini. Baru setelah itu membuat produk dari teknologi AI yang sesuai dengan kebutuhan. Teknologi AI adalah teknologi yang memasukkan kecerdasan manusia dalam kecerdasan buatan berbentuk komputer atau mesin. Ia baru bisa bekerja bila sudah menerima instruksi pintar. Karena itu perlu diketahui terlebih dahulu jenis instruksi apa yang sebaiknya diberikan.

2. Peter Rojas, Betaworks Ventures

Peter mencermati soal perkembangan teknologi AI dalam media. Menurutnya, di tahun mendatang, kita akan melihat sejumlah teknologi yang mengaburkan batas antara apa yang nyata dan apa yang sintetis. Ada media sintetis, di mana bakal ada alat-alat baru yang begitu hebat sehingga mampu membuat citra yang dihasilkan oleh komputer terlihat sangat realistis dan terjangkau untuk diakses oleh siapa saja melalui laptop atau smartphone.

Bagian lain dari perkembangan media sintetis ini adalah konten yang dihasilkan secara algoritmik, di mana akan ada banyak alat yang memudahkan kita dalam membuat, meningkatkan, atau mengedit media yang jauh lebih efisien daripada manusia.

Peter juga melihat nantinya artikel berita “ditulis” oleh AI bukan lagi manusia. AI dalam media nantinya akan menjadi dunia baru dalam teknologi dan para selebriti/influencer virtual akan menggunakan alat ini.

3. Avi Greengart, Direktur Riset Perangkat Konsumen Globaldata

Ada beberapa hal yang dikomentari oleh Avi mulai dari penggunaan AR yang makin meluas hingga teknologi 5G.

  • Soal penggunaan kacamata AR yang makin hebat dan meluas di tahun 2019, menurut Avi tidak akan sampai pada puncaknya. AR belum akan sampai pada sesuatu yang luar biasa, seperti bila Anda menggunakan kacamata AR dan tiba-tiba Anda berubah jadi Iron Man, rasanya itu lebih mungkin Anda lihat dalam Film Marvel’s Infinity War: Endgame. Tetapi ia berharap beberapa tahun kemudian itu bisa terjadi. Apalagi perusahaan seperti Vuzix, Microsoft dan Apple sudah memiliki pengalaman dalam dunia teknologi AR.
  • Soal perkembangan teknologi 5G yang bakal menggantikan 4G, menurut Avi tidak akan terjadi di tahun ini. Yang akan terjadi di tahun iniadalah soal game dengan konsumsi daya internet yang rendah. Avi yakin hal itu akan terjadi, kalau tidak di tahun 2019 ya tahun sesudahnya. Soal 5G, Avi masih pesimistis terjadi di tahun 2019, tetapi Avi yakin 5G akan terjadi. Ia tidak mengharapkan iPhone 5G meluncur tahun ini.

4. Paul Carter, CEO Global Wireless Solutions

Paul bicara soal perkembangan 5G, menurutnya saat ini banyak perusahaan teknologi yang mencoba melakukan klaim sebagai perusahaan pertama yang menggunakan jaringan 5G. Dia bahkan meyakini bahwa teknologi 5G akan hadir di tahun ini. Tetapi menurutnya untuk iPhone 5G baru akan hadir di tahun 2020. Yang lebih mungkin menurut dia adalah teknologi transisi jaringan yang menggunakan gabungan antara 5G dengan 4G atau bahkan dengan 3G.

5. Dan Hays seorang Ahli teknologi dan Media Sekaligus Pimpinan Industri Telekomunikasi, PwC

Kedepan kita akan melihat bagaimana telekomunikasi nirkabel semakin maju. Banyak perusahaan teknologi akan berusaha memperbanyak layanan yang menggunakan teknologi nirkabel. Jika tahun ini sebagian besar layanan broadband dikirim melalui koneksi kabel atau serat optik, maka pada tahun 2019 kita akan melihat lebih banyak perusahaan teknologi melakukannya dengan mencari tautan nirkabel demi memperluas jaringan sekaligus melakukan peningkatan kecepatan jaringan.

6. Bob Kocher ahli di Venrock

Ia bicara soal peluang teknologi AI dalam dunia kesehatan. Menurutnya teknologi bisa saja masuk ke dunia perawatan kesehatan. Tetapi tidak pada bagian vital. AI rasanya akan sangat sulit bila harus masuk ke bagian pengambilan keputusan medis. Tetapi ada kemungkinan AI akan menjadi teknologi yang membantu dalam bagian administrasi. Menurut Bob, hal itu jauh lebih mungkin bisa terjadi di tahun ini.

7. Vic Gundotra, CEO Alivecor

Vic juga bicara soal peran peran kecerdasan buatan dalam perawatan kesehatan: Salah satu tren utama yang akan kita lihat pada tahun 2019 adalah ledakan perangkat yang mendorong konsumen untuk melakukan lebih banyak pengukuran biometrik seperti pemantauan detak jantung dan pemantauan glukosa serta tekanan darah jarak jauh menggunakan kecerdasan buatan. Pada titik tertentu di 2019 akan ada kesadaran bahwa AI akan diperlukan untuk memahami semua data ini, karena dokter tidak punya waktu untuk melihat data yang tidak tentu ini.

8. Scott Parazynski, CEO Fluiditas dan Mantan Astronot

Menarik, scott bicara soal drone. Di tahun 2019, Drone akan terus muncul membawa aplikasi baru yang luar biasa, dengan kemampuan sensor yang semakin semakin maju. Kedepan ia percaya bahwa drone akan semakin mudah dikendalikan. Kemudian, drone akan menjadi alat yang digunakan pada bidang keselamatan publik seperti untuk kebakaran, pencarian dan penyelamatan, serta kepolisian. Drone juga digunakan untuk aplikasi keamanan.

Itulah pandangan para ahli soal perkembangan teknologi di tahun 2019. Pertanyaanya sekarang, apa yang sudah Anda siapkan untuk menyambutnya?

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang trend teknologi 2019 menurut para pakar, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Dompet Digital? Definisi Dompet Digital
Apa itu LinkAja (Dulu TCash)?
Trend Teknologi Tahun 2018? Ini Prediksinya!
Contoh Crowdfunding: Pesawat R80 Rancangan Habibie
9 Hal yang Harus Dimiliki Founder Startup Berbasis Teknologi
Tempat untuk Topup E-money
Apa itu Revolusi Industri 4.0?
Perusahaan yang Mati Karena Disruption Teknologi Baru
Apa itu DuckDuckGo?
Apa itu Payment Gateway? Bagaimana Cara Kerja Payment Gateway?


Bagikan Ke Teman Anda