Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Ikan Hias Mahal yang Kini Bisa Dibeli dengan Harga Murah

Ikan adalah salah satu hewan peliharaan favorit di Indonesia. Bentuk ikan yang beraneka ragam membuat hewan ini pas sebagai hiasan di rumah. Tidak heran bisnis ikan hias menjadi lading yang menjanjikan. Bahkan semakin cantik ikan hias atau semakin langka spesies-nya, maka semakin mahal pula harganya.

Sayangnya beberapa tahun belakangan ini pamor ikan hias kian meredup. Ikan hias yang dulunya dihargai setinggi langit kini bisa dibeli dengan harga yang relatif murah. Inilah 10 jenis ikan hias yang pernah berjaya pada masanya.

1. Ikan Louhan

Nama latin dari ikan ini adalah Flowerhorn, namun di Indonesia lebih dikenal dengan nama ikan jenong. Tidak lain karena bagian dahinya yang menonjol. Bentuknya yang unik dan cantik membuat ikan louhan menjadi buruan banyak kolektor ikan. Orang-orang yang awalnya tidak menyukai ikan hias juga ikut tertarik untuk memelihara ikan louhan.

Namun popularitas ikan louhan tidak berlangsung lama. Populer di kisaran tahun 2002, tiga tahun kemudian ikan louhan sepi peminat. Salah satu penyebabnya adalah pedagang nakal yang menjual bibit ikan louhan palsu pada para pembeli. Merasa tertipu, peminat ikan louhan pun semakin menurun. Kini ikan louhan bisa dibeli mulai ratusan ribu rupiah.

2. Ikan Arwana

Pecinta ikan hias pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan hias yang satu ini. Jenis ikan hias ini pernah sangat popular dan menjadi buruan para kolektor. Harga termahal untuk ikan arwana adalah Rp 20 juta, yaitu ikan arwana jenis banjar red. Selain penampilannya yang cantik, konon ikan arwana yang juga disebut ikan naga ini juga bisa membawa keberuntungan.

Setiap jenis ikan arwanan dipercaya membawa manfaat tersendiri bagi siapa saja yang memeliharanya. Misalnya ikan arwana jenis golden red dipercaya dapat menolak bala, sementara jenis golden pine dipercaya dapat membawa rejeki.

Sayangnya, sama seperti ikan louhan kini popularitas ikan arwana semakin menurun. Kini ikan arwana kecil bisa dibeli dengan harga Rp 250 ribu saja.

3. Ikan Koi

Koi berasal dari bahasa Jepang yang artinya ikan karper. Nama panjangnya adalah nishikigoi yang berarti ikan karper bersulam emas atau perak. Ikan hias ini banyak ditemukan di kolam-kolam rumah atau tempat-tempat publik seperti hotel dan restoran.

Selain faktor keindahan, koi dipelihara dengan tujuan membawa keberuntungan. Koi termasuk ikan yang mahal, tergantung dari warna dan coraknya. Semakin langka warna ikan koi, maka akan semakin mahal harganya. Jenis ikan koi termahal adalah Black Dragon yang harganya mencapai Rp 2,8 miliar.

Namun ikan koi juga bisa dibeli dengan harga yang sangat murah, mulai dari Rp 15 ribu saja.

4. Ikan Discus

Discus adalah ikan air tawar jenis cichlid yang sangat popular di Asia. Ikan ini berasal dari lembah Sungai Amazon. Bentuknya yang lucu dengan berbagai macam warna dan corak yang indah membuat ikan ini pas untuk menghias akuarium di rumah. Keunikan dari ikan ini adalah badannya yang pipih. Nama Discus sendiri diberikan oleh penemunya karena bentuk ikan yang mirip dengan disket komputer.

Ikan discus termahal adalah jenis Albino Bulldog Chekerboard yang dijual hingga Rp 12 juta. Sementara ikan discus biasa bisa dibeli mulai harga Rp 50 ribu.

5. Ikan Cupang

Ikan hias berikutnya yang pernah dihargai sangat mahal adalah ikan cupang. Ikan ini banyak ditemukan di daerah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Ikan Cupang tergolong agresif dan banyak di temukan di daerah Kalimantan. Ciri khas ikan cupang adalah sayapnya yang sangat lebar hingga dapat melambai-lambai saat ia berenang.

Harga ikan cupang yang paling mahal adalah Rp 20 juta untuk jenis ikan cupang aduan. Untuk hargaikan cupang yang paling murah adalah mulai puluhan ribu rupiah.

6. Ikan Guppy

Ikan yang satu ini ukurannya sangat kecil. Tidak heran nama lainnya adalah ikan seribu, ikan cere, atau suwadakar. Ikan air tawar ini sangat populer di seluruh dunia. Karena kemampuannya menyesuaikan diri sangat baik, ikan ini mudah ditemukan di mana saja, termasuk di Indonesia. Panjang ikan guppy hanya 4-6 cm saja untuk betina, sementara ikan guppy jantang lebih kecil lagi.

Meski ukurannya kecil, ikan guppy dijual dengan harga selangit. Satu ekor ikan guppy bisa dibali mulai harga Rp 50 ribu hingga Rp 1 juta.

7. Ikan Mas Koki

Ikan mas koki atau goldfish adalah ikan hias berwarna emas yang sangat cantik. Ikan ini menjadi salah satu ikan air tawar hias yang paling populer. Jangan salah, ikan mas berbeda dengan ikan mas koki. Jika ikan mas koki adalah ikan hias, maka ikan mas biasa dapat dikonsumsi oleh manusia.

ikan mas koki pernah dijual dengan harga mahal, mencapai jutaan rupiah. Namun kini ikan mas koki dapat dibeli dengan harga murah, mulai dari Rp 30 ribu saja. Beberapa jenis ikan mas koki yang paling populer adalah ikan mas koki calico, ikan mas koki ranchu, dan ikan mas koki komet.

8. Ikan Aligator

Ikan yang satu ini adalah ikan predator yang berbahaya bagi ekosistem laut. Bahkan ikan ini dilarang hidup di perairan Indonesia karena dinilai mengancam eksistensi ikan lain yang hidup di lautan Indonesia. Jika ikan alligator tertangkap di laut, maka harus segera diserahkan pada pemerintah.

Meski berbahaya, nyatanya pecinta ikan tidak surut minatnya untuk memelihara ikan yang satu ini. Sama seperti namanya, ikan ini punya corak sirip seperti buaya (alligator). Di Indonesia, ikan alligator dapat dibeli mulai harga Rp 10.000.

9. Pari Air Tawar

Sama seperti alligator, pari air tawar adalah ikan predator yang dianggap berbahaya bagi ekosistem laut. Namun pari air tawar ini lebih unik dari pari air laut, karena warnanya hitam dengan tutul-tutul warna putih, cocok sebagai hiasan akuarium. Budidaya pari air tawar menjadi ladang bisnis menjanjikan karena bisa menghasilkan omzet hingga puluhan juta rupiah per bulannya. Pari air tawar dijual mulai harga Rp 750 ribu.

10. Belut Albino

Sekilas, belut albino terlihat seperti ular berwarna kuning. Seperti namanya, belut albino berbeda dengan belut kebanyakan yang berwarna hitam, belut ini berwarna putih kekuningan. Kulitnya terlihat mulus dan licin, sama seperti belut pada umumnya. Belut albino juga sering diolah menjadi minyak kepala belut putih yang bisa digunakan untuk obat. Belut albino dijual di pasaran mulai harga Rp 1,5 juta.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 ikan hias mahal yang kini bisa dibeli dengan harga murah, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengapa Makan Sehat Jauh Lebih Mahal?
Apa itu Price Discrimination (Diskriminasi Harga)
Apa itu Penetration Pricing? Definisi Strategi Penetapan Harga Penetration
Apa itu Premium Pricing? Definisi Premium Pricing
Walau Harga Mahal, Barang Ini Layak Dibeli
Kenapa Makan Sehat Itu Lebih Mahal?
Mengapa Berlian Mahal?
Definisi Contribution Margin Pricing/Strategi Penetapan Harga Kontribusi Margin
Berbagai Macam Strategi Penetapan Harga
10 Kota di Dunia Paling Mahal Biaya Hidupnya 2019


Bagikan Ke Teman Anda