Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Barang Consumer Goods?

Apa itu consumer goods? Consumer goods merupakan suatu produk yang ditujukan untuk dikonsumsi oleh konsumen akhir. Jadi, barang konsumsi ini tidak digunakan untuk produksi kembali melainkan dikonsumsi langsung oleh konsumen sehingga disebut sebagai barang konsumen.

Perusahaan consumer goods merupakan bisnis yang melakukan suatu produksi guna mendapatkan barang konsumsi untuk konsumen akhir. Sehingga perusahaan tersebut merupakan produsen yang tergolong dalam industry manufaktur.

Sektor dalam bisnis consumer goods memiliki subsektor tertentu seperti berikut:

  1. Subsektor makanan dan minuman
  2. Subsektor farmasi
  3. Subsektor peralatan rumah tangga
  4. Subsektor kosmetik
  5. Subsektor rokok

Mengenal Consumer goods

Consumer good merupakan hasil produksi perusahaanm manufaktur yang dikonsumsi oleh konsumen akhir. Dalam rantai produksi sendiri, barang konsumsi akan menjadi hasil akhir dalam urutan produksi sehingga disebut sebagai produk akhir.

Untuk itu, produk yang dimaksud adalah barang produksi yang dihasilkan dari olahan bahan mentah menjadi barang dalam proses dan barang jadi. Dan dalam proses produksi sendiri, produsen akan melibatkan tenaga kerja, bahan baku, mesin dan lain-lainnya yang disebut sebagai produsen. Setiap barang produsen tersebut tidak langsung dijual kepada konsumen melainkan digunakan dalam proses produksi dan dijual kepada konsumen dalam bentuk hasil produksi.

Jenis-jenis Consumer goods

Perlu diketahui bahwa ada 3 jenis consumer goods, diantaranya yaitu barang tahan lama, barang tidak tahan lama dan layanan atau jasa. Berikut penjelasannya:

1. Barang tahan lama

Barang tahan lama merupakan jenis consumer goods dengan pemanfaatan waktu yang lama yakni lebih dari 1 tahun. Adapun contoh dari barang tahan lama diantaranya yaitu televisi, kulkas, AC, mobil, mesin, rumah dan lain sebagainya.

2. Barang tidak tahan lama

Barang tidak tahan lama adalah jenis consumer goods dengan pemanfaatan waktu yang singkat atau digunakan dalam jangka pendek agar tidak melewati masa kadaluwarsa. Contoh dari barang tidak tahan lama diantaranya yaitu produk makanan dan minuman.

3. Layanan atau jasa

Layanan atau jasa adalah suatu hal yang tidak dapat terlihat namun dapat dirasakan manfaatnya oleh konsumen. Meski bconsumer goods di Bursa Efek Indonesia (BEI) mengarah pada sektor manufaktur. Namun, dalam konteks yang luas itu juga dapat mengarah pada layanan dan jasa. Adapun contoh dari layanan atau jasa adalah perbaikan benda elektronik, mesin, laundry, pangkas rambut dan lain sebagainya.

Contoh Produk Consumer goods

Produk consumer good merupakan jenis produk yang dibeli konsumen untuk dikonsumsi. Yang dikonsumsi ini merupakan produk akhir yang sudah melalui proses produksi. Biasanya produk yang dikonsumsi konsumen yang mudah ditemukan seperti toko supermarket, toko kelontong, pasar tradisional, dan toko ritel.

Adapun contoh dari barang konsumsi adalah makanan, minuman dan pakaian. Namun, secara lebih luasnya, contoh dari consumer goods dapat berupa peralatan mandi, kosmetik, obat-obatan dan lain sebagainya yang dapat digunakan untuk tujuan pribadi dan tidak untuk diproduksi atau dijual kembali. Contohnya seperti kayu yang tidak dapat disebut barang konsumsi karena masih dapat diolah sebagai kursi, meja dan berbagai furniture lainnya.

Contoh Perusahaan Consumer goods di Indonesia

Produk consumer goods tentu akan bersentuhan langsung dengan konsumen akhir. Sehingga tidak jarang jika ada sejumlah konsumen yang mudah mengenali perusahaan yang memproduksi barang tersebut.

Adapun contoh perusahaan consumer goods di Indonesia diantaranya yaitu PT. Unilever Indonesia Tbk dan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Tidak hanya itu saja, perusahaan consumer goods, mereka juga biasanya menjadi saham terbesar dari segi nilai kapitali pasar.

Hal ini dikarenakan perusahaan consumer goods berperan sebagai produsen atau perusahaan manufaktur yang biasanya menjual produk kepada pelanggan melalui perantara yang disebut distributor. Perusahaan distributor biasanya bermitra dengan produsen secara langsung, namun disamping itu ada juga yang independen.

Sebagian besar produsen yang besar biasanya mereka memiliki perusahaan distributor mereka sendiri sebagai anak perusahaannya. Selain itu, merek ajuga bermitra bisnis dengan resmi sehingga mereka hanya akan mendistribusijan produk non pesaingnya saja. Sebagai contoh perusahaan distributor dari PT. Distribusindo Raya yang menjadi bagian dari Wing Group.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu barang consumer goods, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Tenor Pinjaman?
Ide Bisnis Aneh tapi Untung Besar? Terbukti Lho!
Cara Membuka Lapak di Bukalapak
Bisnis Anda Mendapat Respon Negatif di Medsos? Ini yang Harus Anda Lakukan
7 Cara Memvalidasi Sebuah Ide
Apa Itu Consumer Loyalty?
10 Kesalahan yang Bakal Mengakhiri Bisnis Startup Kamu
Apa Itu Acting in Concert?
Cara Memulai Bisnis Kecil untuk Para Introvert
Cara Bagi Hasil yang Tepat untuk Bisnis Anda


Bagikan Ke Teman Anda