Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu BOP (Biaya Overhead Pabrik) ?

Apa itu Biaya Overhead Pabrik atau yang biasa disingkat dengan BOP? BOP mencakup semua biaya yang diperlukan dalam proses manufaktur. Tapi BOP tidak termasuk biaya untuk tenaga kerja dan materi langsung. BOP biasanya dikumpulkan menjadi kumpulan biaya dan dialokasikan ke unit yang diproduksi selama jangka waktu tersebut.

BOP dibebankan pada pengeluaran saat unit produksi sudah terjual nantinya atau jika produk jadi tersebut dihapus dari peredaran. Alokasi BOP terhadap unit yang diproduksi menghindari metodologi biaya langsung, tetapi dibebankan ke biaya penyerapan (absorption). Alokasi BOP akan diperlukan saat akan menyusun laporan keuangan yang berdasarkan kerangka akuntansi utama.

Contoh BOP

Ada banyak item yang masuk ke dalam BOP. Beberapa contoh item yang bisa dimasukkan ke dalam BOP misalnya adalah:

  • Pengeluaran pabrik seperti biaya sewa, suku bunga, asuransi, tagihan air, listrik, dan tagihan yang berkaitan dengan penggunaan energi lainnya.
  • Perawatan pabrik seperti membersihkan, servis, perbaikan, renovasi, proses oiling dan greasing mesin pabrik, dan lain sebagainya.
  • Depresiasi pabrik, mesin pabrik, dan bangunan pabrik.
  • Pajak pabrik dan fasilitas produksi.
  • Persediaan pabrik.
  • Asuransi untuk fasilitas dan peralatan produksi.
  • Upah pekerja pabrik dan gaji (selain direct labour) untuk orang yang terlibat di dalam kerja pabrik. Misalnya saja pengawas, staf pemeliharaan, staf administrasi, penguji, dan lain-lain. Direct labour adalah pekerja langsung yang ada pada saat produk dibuat. Misalnya di pabrik roti yang harus selalu dibuat setiap hari, akan ada pekerja yang turun tangan langsung membuat roti. Sementara indirect labour adalah pekerja yang tidak turun tangan langsung dalam produksi, tapi tetap punya peran penting, misalnya saja operator mesin atau genset di pabrik.
  • Berbagai bentuk bahan tidak langsung, maksudnya adalah bahan yang tidak dapat dilacak setelah menjadi produk jadi. Contohnya adalah peralatan berukuran kecil, bahan pembersih, minyak, dan suku cadang kecil untuk perbaikan, dan lain sebagainya.

Apakah BOP Selalu Sama Jenis dan Jumlahnya?

BOP memiliki kemungkinan yang sangat luas dan biayanya mungkin saja bertambah. Jadi sangat mungkin tidak sama dari bulan ke bulan berikutnya. Besar dan jenis BOP tergantung dari skala perusahaan dan tingkat kerumitan operasi pabrik. Level detail biaya yang dicatat juga menjadi faktor penting dalam BOP. Inilah yang menyebabkan BOP bisa berbeda dari waktu ke waktu, meski sebelumnya sudah ada perkiraan jumlah BOP.

Setelah BOP dialokasikan ke inventaris, jumlah totalnya bisa sangat bervariasi. Kadang jumlahnya sesuai dengan jumlah standar yang sudah diperkirakan sebelumnya. Tapi bisa juga melebihi atau kurang dari ekspektasi. Perbedaan ini disebabkan karena jenis pengeluaran yang bervariasi dan varian efisiensi. Jenis pengeluaran yang bervariasi terjadi karena jumlah aktual BOP di periode yang berbeda bisa berbeda pula. Sementara varian efisiensi berkaitan dengan jumlah unit yang diperlukan berbeda dari ekspektasi sebelumnya.

Langkah Penting dalam Menghitung BOP

Karena BOP tidak bisa dialokasikan untuk unit biaya yang bersifat langsung, maka dalam menghitung BOP ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapat hasil yang akurat:

  • alokasi biaya untuk produksi
  • alokasi biaya untuk departemen pelayanan
  • penyesuaian pengeluaran untuk unit produksi dan departemen pelayanan yang biayanya tidak dapat dialokasikan dengan mudah
  • pengaturan berbagai biaya yang terkait dengan departemen layanan untuk memasukkanya ke dalam biaya produksi
  • penyerapan pengeluaran dari tiap departemen mengenai proses kerja dan produk jadi selama periode tertentu.

Permasalahan dalam BOP

Ada beberapa permasalahan yang bisa timbul dalam penghitungan BOP. Di antaranya adalah:

  • BOP tidak bisa dialokasikan ke unit pembiayaan, jadi bisa timbul masalah pembagian
  • Sulit untuk menentukan apakah biaya yang dikeluarkan dalam BOP itu termasuk bermanfaat atau sebaliknya, merugikan
  • Selain itu, sulit juga untuk memastikan apakah biaya tertentu yang termasuk di dalam BOP itu bisa membantu memberi nilai lebih pada nilai produk, ini karena manfaat yang dicapai sulit untuk diukur dengan mudah
  • Tidak mungkin mengurangi atau menghilangkan biaya akan sesuatu yang sudah dibayar, bahkan sulit untuk melacak biaya tersebut
  • BOP cenderung akan semakin meningkat jika bisnis menjadi lebih besar dan rumit.

Biaya yang Mungkin Masuk ke Dalam BOP

Ada beberapa item yang secara langsung masuk ke dalam BOP. Tetapi ada juga beberapa biaya yang sebelumnya tidak masuk perhitungan, tapi pada akhirnya masuk ke dalam BOP. Beberapa contohnya adalah:

  1. Bahan Tidak langsung

Contohnya adalah biaya untuk barang yang digunakan untuk mesin pabrik misalnya minyak dan gemuk, dan biaya peralatan yang digunakan di dalam pabrik.

  1. Indirect Labour

Merupakan upah untuk pekerja yang tidak turun langsung dalam proses produksi. Upah ini bisa diberikan kepada manajer pabrik, staf yang bertanggung jawab di proses produksi, sebagian gaji untuk jajaran direktur karena waktu yang mereka berikan untuk permasalahan pabrik. Selain itu ada juga upah liburan untuk pekerja, upah kesehatan, upah untuk penjaga toko dan staf lain yang berkaitan dengan toko. Selain upah pekerja, Indirect Labour juga bisa termasuk kontribusi untuk aktivitas yang berkaitan dengan kesejahteraan sosial, asuransi pegawai, dan lain sebagainya.

  1. Pengeluaran Tidak Langsung

Seluruh biaya yang berhubungan dengan pabrik mulai dari asuransi bangunan pabrik, asuransi mesin pabrik, hingga ke bahan baku. Biaya tersebut bisa diperkirakan sebelumnya. Tapi ada lagi biaya seperti biaya kantin, tagihan telepon, dan pengeluaran untuk penelitian dan percobaan yang jumlahnya terkadang tidak bisa diperkirakan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang BOP (biaya overhead pabrik), semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Strategi Pemasaran Produk?
Apa Itu BOP (Biaya Overhead Pabrik) ?
Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Lockdown
Tips Mengelola Keuangan Selama Lockdown
Apa Itu Trading Crypto? Simak Tips dan Cara Melakukannya
Apa itu Badan Usaha?
Kerugian Membeli Apartemen, Jangan Tergoda Prestis Semata
10 Daftar Ikan Hias Air Laut Termahal di Dunia
10 Contoh Nama Kafe Unik, Simpel Nan Kekinian
Alasan Pinjam Uang yang Buruk, Lebih Baik Hindari!


Bagikan Ke Teman Anda