Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Kegiatan Ekonomi?

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan manusia dalam kehidupan  untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang mencakup kebutuhan lahir dan batin, demi mencapai kemakmuran, kesejahteraan, dan kepuasan dalam hidup.

Kegiatan produksi, distribusi, serta jual beli yang melibatkan transaksi moneter merupakan bentuk dari kegiatan ekonomi. Bisa dibilang ini merupakan suatu proses dimana tersedia sumber daya yang menghasilkan suatu barang dan jasa untuk dapat dimanfaatkan setiap individu dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Seperti para petani yang memproduksi bahan pangan, produsen tekstil yang memproduksi pakaian, untuk kemudian di perdagangkan secara luas. Singkatnya, manusia tidak bisa hidup sendiri. Dibutuhkan kerja sama antara manusia satu dan manusia lainnya untuk saling melengkapi.

Secara umum, kegiatan ekonomi mencakup tiga hal utama yaitu:

  1. Produksi

Kegiatan produksi merupakan kegiatan atau usaha yang menghasilkan barang dan jasa dengan tujuan memenuhi kebutuhan konsumen serta mendapat keuntungan bagi produsen.

Berdasarkan bidang usaha, jenis kegiatan produksi terbagi dalam beberapa bidang:

    • Bidang Ekstraktif : kegiatan produksi yang mengambil hasil alam secara langsung tanpa melakukan pengolahan.
    • Bidang Agraris : produksi yang melakukan kegiatan dalam bidang pengolahan alam untuk pemeliharaan tanaman dan hewan.
    • Bidang Industri : kegiatan produksi dalam pengolahan bahan mentah menjadi barang setengah jadi hingga menjadi barang jadi.
    • Bidang Perdagangan : suatu kegiatan mengumpulkan hasil produksi untuk kemudian dijual kembali kepada masyarakat yang membutuhkan untuk mendapat keuntungan.
    • Bidang Jasa : produksi yang melakukan kegiatan untuk membantu melancarkan proses produksi tanpa terlibat dalam pembuatan barang itu sendiri. Sederhananya, produksi di bidang jasa tidak menghasilkan barang, melainkan menghasilkan jasa.
  1. Distribusi

Merupakan sebuah proses kegiatan penyaluran barang atau jasa kepada konsumen, dengan tujuan agar konsumen dapat dengan mudah mendapatkan barang atau jasa yang dibutuhkan. Pihak yang melakukan kegiatan ini disebut sebagai distributor.

Secara umum, penyaluran distribusi terbagi menjadi tiga kategori, yaitu:

    • Distribusi Langsung – Produsen menyalurkan barang atau jasa secara langsung kepada konsumen.
    • Distribusi Semi Langsung – Produsen menyalurkan barang atau jasa kepada konsumen melalui perantara pedagang yang masih bagian dari produsen.
    • Distribusi Tidak Langsung – Produsen menyalurkan barang atau jasa kepada konsumen melalui perantara seperti grosir, agen, makelar, komisioner, ataupun para pedagang kecil.
  1. Konsumsi

Merupakan kegiatan manusia dalam menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup, baik kebutuhan fisik maupun kebutuhan rohani. Pihak yang melakukan kegiatan ini disebut dengan konsumen.

Umumnya kegiatan konsumsi terbagi menjadi tiga kategori, yaitu:

    • Kegiatan Konsumsi Rumah Tangga – Kegiatan konsumen dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga seperti makanan, pakaian, alat-alat rumah tangga, dan lain sebagainya.
    • Kegiatan Konsumsi Perusahaan – Kegiatan konsumsi perusahaan dilakukan untuk menghasilkan barang dan jasa. Seperti membeli bahan baku, tenaga kerja, hingga modal untuk melancarkan kegiatan produksi perusahaan.
    • Kegiatan Konsumsi Negara – Kegiatan konsumsi yang dilakukan negara untuk melayani atau memenuhi kebutuhan masyarakat. Seperti membayar gaji pegawai, membangun sekolah, membangun/memperbaiki jalan, dll.

Jenis Kegiatan Ekonomi

Suatu perekonomian memiliki jenis-jenis kegiatan ekonomi yang terbagi dalam lima bidang, yaitu:

  1. Primer

Kegiatan ekonomi pada bidang primer meliputi kegiatan pertanian, kehutanan, pertambangan, penggalian, gudang, penggembalaan, penggalian, gudang, berburu serta mengumpulkan.

  1. Sekunder

Ini adalah sektor ekonomi, yang terlibat dengan produksi barang jadi dari bahan mentah pasokan bidang primer. Kegiatan bidang sekunder meliputi pekerjaan manufaktur dan pemrosesan serta konstruksi suatu perekonomian.

  1. Tersier

Merupakan sektor ekonomi yang melakukan kegiatannya dalam bidang penjualan barang-barang hasil produksi sektor sekunder, dan melakukan penyediaan jasa komersial untuk masyarakat umum serta sektor ekonomi lainnya.

  1. Kuarter

Meski bukan sektor utama dalam kegiatan perekonomian. Namun, di beberapa negara memasukkan bidang ini dalam klasifikasi sektor perekonomian.

Kuarter merupakan kegiatan ekonomi yang mencakup kegiatan intelektual yang berkaitan dengan inovasi teknologi. Seperti bidang teknologi informasi, penelitian, budaya, pendidikan, dan lain sebagainya.

  1. Kuiner

Sama halnya dengan kuarter yang bukan merupakan klasifikasi utama sektor perekonomian, bidang kuiner merupakan kegiatan ekonomi yang terlibat dalam pekerjaan pemerintah, perawatan kesehatan, universitas, sains, dan lain sebagainya.

Pada intinya, segala kegiatan ekonomi berkaitan dengan produksi, manufaktur, alokasi serta distribusi barang dan jasa oleh manusia untuk memenuhi segala kebutuhan mereka. Dan setiap kegiatan ekonomi yang dilakukan akan menghasilkan remunerasi moneter bagi setiap individu.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu kegiatan ekonomi, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Contoh Wesel dan Penjelasannya
Apa Itu Kegiatan Ekonomi?
Apa Itu Sovereign Wealth Fund?
Hal-hal yang Harus Anda Hindari Jika Ingin Menjadi Kaya
Mengenal Apa Itu Ketahanan Pangan
Contoh Purchase Order dan Cara Membuatnya
Apa itu One Belt One Road (OBOR) China?
Apa itu Toxic Leader dan Destructive Behaviour dalam Organisasi
Jenis-Jenis Restoran yang Menguntungkan
Kejadian Luar Biasa: Definisi, Kriteria dan Tindakan Penanggulangannya


Bagikan Ke Teman Anda