Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Rug Pull dalam Cryptocurrency?

Rug pull adalah sebuah istilah dalam dunia mata uang kripto. Secara harafiah, rug pull adalah menarik karpet. Tapi dalam dunia kripto, rug pull memiliki arti lain. Ini merupakan tipe scam atau penipuan di mana developer meninggalkan sebuah proyek begitu saja dan membawa kabur uang yang telah ditanamkan para investor.

Munculnya mata uang kripto serta blockchain, dengan dirilisnya Bitcoin yang tiba-tiba naik daun, membuka banyak jalan. Industri baru terbuka, maka ada banyak pekerjaan baru di bidang ini. Karena ketertarikan yang besar, maka dibutuhkan kecepatan layanan. Inilah yang menyebabkan sistem keamanan dan transparansi jadi sering kali diabaikan. Karena itu praktik curang seperti rug pull bisa saja terjadi.

Memahami Rug Pull Lebih Dalam

Dalam bahasa Inggris, menarik karpet dari bawah kaki seseorang artinya mengambil dukungan penting secara tiba-tiba. Jika diaplikasikan ke dalam dunia mata uang kripto, dan ekosistem keuangan yang terdesentralisasi (DeFi), berarti mengambil dukungan dari pasar. Dukungan yang dimaksud adalah modal milik investor.

Saat likuiditas hilang secara tiba-tiba, bisa menyebabkan kerugian besar. Ini karena investor lain dan pedagang mata uang kripto akan menjual untuk menyelamatkan apa yang mereka miliki. Ini merupakan bentuk exit scamming di mana developer akan menguras DEX. Ini membuat pemegang token tidak bisa berdagang dan keluar dari masalah.

Bagaimana Cara Kerja Rug Pull?

Rug pull biasanya terjadi pada pertukaran terdesentralisasi (DEX). Developer akan membuat token dan mencantumkannya di DEX, lalu sengaja dipasangkan dengan mata uang kripto populer seperti Ethereum. Biasanya ada saja investor yang tidak curiga dan menukar Ethereum mereka dengan token yang terdaftar.

Setelah banyak investor yang menukar Ethereum mereka, developer kemudian menarik semuanya dari kolam likuiditas. Akibatnya, harga koin yang terdaftar pun jadi nol. Jelas saja, investor yang sudah terlanjur menukarkan Ethereum dengan koin baru tersebut jadi rugi besar. Tapi bagaimana ini bisa terjadi? Kenapa investor bisa begitu saja percaya dengan kemunculan koin baru?

Untuk menciptakan rug pull, developer bisa melakukan segala cara. Misalnya, mereka membuat kehebohan atau sensasi di media sosial seperti Twitter atau Telegram. Bisa juga di media sosial lainnya. Sensasinya berupa menyuntikkan sejumlah besar modal likuid di dalam kelompok mereka. Dengan begitu, jelas saja investor pun jadi mudah percaya.

Kenapa Rug Pull Bisa Berkembang?

Rug pull bisa berkembang di DEX karena di sana token baru bisa didaftarkan secara gratis dan tidak perlu audit. Jadi tidak sama dengan bursa mata uang kripto yang tersentralisasi atau terpusat. Pertukaran Ethereum dengan koin baru di blockchain terbuka pun sangat mudah dilakukan dan gratis pula. Karena 2 faktor inilah, maka developer tak bertanggung jawab memanfaatkan kesempatan ini.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, developer gadungan ini bisa menciptakan sensasi di media sosial. Bahkan mereka bisa tiba-tiba membuat grup di Telegram dan mengumpulkan para investor potensial. Agar investor mudah terkecoh, developer mendaftarkan token dengan nama yang mirip dengan proyek yang sudah populer. Dengan begitu, tak sedikit investor yang terkecoh.

Banyak Investor yang Sudah Rugi Besar

Setiap harinya ada banyak koin baru yang didaftarkan di DEX. Ini bahkan sudah diperkirakan oleh banyak investor. Bagi investor yang sudah punya pengalaman, mungkin tidak akan mudah terkecoh. Tapi bagi yang baru masuk ke dunia mata uang kripto, tentu mereka akan dengan senang hati menukarkan Ethereum yang mereka punya dengan koin baru yang nilainya naik 10 kali dalam kurun waktu 24 jam saja.

Investor semacam ini biasanya percaya pada grup yang dibuat para developer gadungan di media sosial. Mereka mengira telah berhasil menemukan investasi terbesar sepanjang hidupnya. Tapi kenyataannya mereka akan memasuki kerugian besar.

Di Twitter, praktik rug pull terjadi secara rutin. Contohnya adalah koin baru yang penamaannya meniru Ampleforth (AMPL), yaitu dinamakan TRUAMPL (TMPL). TRUAMPL baru dibuat, lalu 3 jam setelahnya si developer melakukan rug pull. Ethereum sebanyak 1800 ETH pun dibawa kabur.

Cara Menghindari Terkena Trik Rug Pull

Pemilik mata uang kripto bisa memperhatikan nilai koin. Kalau nilainya melonjak secara tiba-tiba hanya dalam 24 jam, maka perlu dicurigai. Misalnya nilai koin berubah dari 0 jadi 50 kali lebih banyak dalam 24 jam. Trik ini digunakan untuk menarik investor agar tertarik dengan koin baru tersebut. Tapi jangan mudah terlena dengan trik semacam ini.

Namun rug pull tidak bisa terjadi di semua proyek. Sebagian besar proyek yang terkemuka dan memiliki reputasi baik akan mengunci likuiditas mereka. Likuiditas ini dikumpulkan untuk periode tertentu. Untuk menghindari terkena scam semacam ini, sebaiknya pemilik mata uang kripto juga mengecek likuiditas di kolam DEX. Usahakan juga memilih proyek yang memiliki kunci.

Selain itu, sangat dianjurkan melakukan riset terhadap koin yang akan diinvestasikan. Misalnya cari tahu dana koin itu digunakan untu apa, siapa tim yang ada di belakang koin tersebut. Apakah developernya pemain lama yang sudah kredibel atau tidak, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kita tidak akan mudah tergoda dengan praktik rug pull.

Akhir Kata

DEX dan pasar mata uang kripto terdesentralisasi semakin populer. Ini karena pemilik mata uang kripto bisa menjaga data mereka tetap aman dari hacker. Tapi dengan adanya praktik rug pull, perlu ada sistem keamanan baru yang mampu menanggulanginya. Jika tidak, investor baru bisa terus-menerus terjebak dalam scam ini.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu rug pull dalam cryptocurrency, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Itu Stable Coin?
Memahami Istilah Slang & Idiom dalam Bitcoin dan Cryptocurrency
Apa Itu Altcoin?
Apa Itu Hardware Wallet?
Apa itu Mata Uang Cryptocurrency?
Market Cap (Kapitalisasi Pasar) dalam Cryptocurrency
Apa Itu Shitcoin?
Mengenal Tentang Uniswap
Mengapa Doge Shitcoin?
Daftar Perusahaan Pedagang Aset Kripto yang Terdaftar di Bappebti


Bagikan Ke Teman Anda