Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Beberapa Kebiasaan Agar Menjadi Pribadi yang Terbaik

Kebiasaan tidaklah ditemukan, melainkan diciptakan. Kebiasaan-kebiasaan terbaik yang dapat membentuk kepribadian anda secara sadar juga dapat anda ciptakan. Yang perlu anda lakukan adalah mengetahui kebiasaan-kebiasaan apa saja yang dapat membuat anda menemukan sisi terbaik dari diri anda. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Rutin Menulis

Menulis bukan hanya mengenai apa yang dapat anda sampaikan kepada orang lain, karena menulis untuk diri sendiri juga merupakan sebuah terapi yang memberi dampak positif pada kepribadian anda.

Menulis adalah kegiatan mendengarkan diri anda sendiri ketika telinga anda terlalu bingar untuk dapat mendengar apa sebenarnya keinginan anda, apa yang membebani anda, dan apa keluh kesah anda. Dari sini, dari waktu ke waktu, tulisan anda akan membuat anda mengenali diri anda sendiri, dan bisa melihat dengan jelas apa kekurangan dan kelebihan anda.

Itulah sebabnya orang-orang dengan kepribadian terbaik di dunia juga memiliki kebiasaan menulis. Karena dengan cara ini, secara berkala anda dapat tumbuh menjadi sebuah pribadi yang terbaik karena anda dapat melihat diri anda dari kejauhan dan memperbaiki kekurangan anda dari waktu ke waktu.

2. Memiliki Perspektif yang Positif

Orang yang memiliki perspektif positif adalah orang yang menghargai dirinya sendiri, memaklumi kekurangan orang lain, mengecilkan masalah yang besar, dan menghilangkan masalah yang kecil. Orang yang memiliki perspektif kehidupan yang positif juga tidak akan berlama-lama membiarkan dirinya merasa negatif, mengurangi sifat membenci, menahan diri untuk tidak mengeluh dan hal-hal negatif lainnya.

Jika anda merasa bukanlah seorang yang positif, anda bisa melatihnya mulai dari sekarang. Misalnya dengan cara menjadi pribadi yang mudah memaafkan, tidak membesar-besarkan masalah, tidak mudah marah. Lihatlah segala sesuatunya dengan rasa syukur yang besar. Rasa syukur yang tidak harus melulu mengenai materi.

Syukuri bahwa anda bisa hidup hari ini, berjalan kaki, bernafas udara yang segar, melihat daun dan pepohonan. Berlatihlah untuk mensyukuri hal-hal yang kecil terlebih dahulu sebelum anda menerima yang terbaik dari kehidupan.

3. Berolahraga

Olahraga bukan hanya mengenai kesehatan raga, namun sebenarnya lebih dari itu. Ketika anda berolahraga, anda mengeluarkan hormon endorfin yang dapat membuat anda merasa lebih rileks dan menghilangkan stress.

Berolahraga juga membuat raga menjadi sehat, terasa bugar, sehingga anda bisa menjalani hari-hari anda secara lebih fit dan bisa bergerak dengan cepat. Kondisi ini akan membuat anda dapat dengan mudah melatih kebiasaan memiliki perspektif yang positif.

4. Tidur yang Cukup

Tubuh anda didesign untuk diistirahatkan 8 jam perhari dengan cara tidur. Usahakan anda memiliki tidur yang bermutu dengan cara menjaga jam tidur anda teratur setiap malamnya, dan menjaga kondisi kamar tidur anda tetap nyaman sebagai tempat anda beristirahat.

Jangan berdalih bahwa anda memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan sehingga anda tahan bergadang berhari-hari. Karena ketika anda tidur sesungguhnya tubuh anda juga melakukan banyak pekerjaan yang hanya bisa dikerjakan ketika anda tidur. Hal ini untuk menjaga anda tetap sehat, pikiran anda tetap fresh, sehingga anda bisa menjadi pribadi yang terbaik di tiap harinya.

4. Hanya Terpapar Informasi yang Bermutu

Ada banyak informasi yang anda baca sehari-hari. Mulai dari berita politik, keuangan, status teman di wall facebook, linimasa twitter, gosip artis yang tidak penting, hingga berita Hoax yang tak jelas kebenarannya. Anda harus berhati-hati mengenai hal ini, karena untuk membentuk pribadi yang terbaik, anda harus memilah apa yang anda tonton dan apa yang anda baca.

Jangan menonton berita terlalu sering karena berita tidak memilah apa yang mereka sampaikan. Pernahkah anda merasa jenuh dan lelah karena terlalu banyak terpapar informasi negatif dari berita yang disiarkan di televisi?
Sebaliknya, anda bisa membaca hal-hal yang memang penting bagi anda.

Misalnya dengan melakukan browsing mengenai topik yang ingin anda ketahui, atau membeli buku khusus mengenai hal yang ingin anda pelajari. Ijinkan diri anda hanya menonton dan membaca artikel-artikel yang bermanfaat dan bermutu untuk menjadikan diri anda pribadi yang terbaik.

5. Memperlakukan Orang Lain Sebagaimana Anda Ingin Diperlakukan

Orang-orang dengan kepribadian terbaik tidak hanya dinilai dari apa yang sudah mereka capai, namun juga dinilai dari cara mereka berinteraksi dengan orang lain. Orang yang memiliki pencapaian yang lebih namun buruk dalam memperlakukan orang lain malah dinilai gagal menjadi orang dengan kepribadian terbaik. Hal ini karena pencapaian yang luar biasa dan perilaku yang baik saling melengkapi satu sama lain.

Berapa banyak orang sukses namun takarannya dalam memperlakukan orang lain adalah berdasarkan strata sosial orang yang dihadapinya. Jika strata orang yang bersangkutan dirasa tinggi, maka ia akan memperlakukan orang tersebut dengan baik. Sebaliknya jika strata sosial orang tersebut rendah dari dirinya, maka ia bersikap acuh tak acuh.

Orang dengan kepribadian terbaik, mendapatkan predikat demikian karena adanya pengakuan dari orang-orang yang pernah berinteraksi dengannya. Sehingga jika anda ingin membentuk kepribadian terbaik, latihlah diri anda untuk memperlakukan seorang Cleaning Service sama dengan cara anda memperlakukan seorang CEO. Selalu perlakukanlah orang lain sebagaimana anda ingin diperlakukan, siapapun mereka.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang beberapa kebiasaan agar menjadi pribadi yang terbaik, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Biaya Kuliah di 20 Program MBA Terbaik
Mau Tahu 10 Universitas Terbaik di Indonesia? Ini Daftarnya!
7 Tip Perencanaan Keuangan Pribadi dan Investasi
Untung Rugi Menjual Mobil Secara Pribadi
Dasar-dasar Pengelolaan Finansial Pribadi
Cara agar Menjadi terbaik Dalam Segala Hal
10 Kesalahan Mengatur Keuangan Pribadi yang Harus Dihindari
Tip dan Saran untuk Bootstrapped Entrepreneur
Apa itu Uang Gobog?
Hal-hal yang Harus Dilakukan di Usia 20-an agar Tidak Menyesal di Usia 30 Hingga 40-an


Bagikan Ke Teman Anda