Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Mengantisipasi dan Mencegah Pembobolan Kartu Kredit

Pada jaman serba canggih seperti ini, tidak hanya institusi resmi yang ikut canggih tetapi juga pencuri. Penulis pernah nyaris mengalami penipuan melalui telepon yang meminta nomor kartu ATM penulis.

Untuk menghindarkan anda dan kita semua dari penipuan serupa, berikut ini penulis beri beberapa tips yang dapat anda gunakan. Tips tips dibawah ini dapat membantu untuk mecegah pembobolan kartu kredit atau kartu debit (ATM).

  • Simpan kartu anda di tempat yang aman.

Tempat menyimpan kartu paling umum adalah dompet. Namun alangkah lebih baik jika anda memisahkan tempat untuk menyimpan kartu anda dengan tempat anda menaruh uang anda.

Dengan demikian anda bisa memilih untuk membawa kantong yang mana saat belanja. Hal ini meminimalkan kemungkinan kartu anda terbobol baik karena pencurian atau karena nomor kartu anda difoto orang dan digunakan untuk hal hal yang diluar kendali anda.

Baiknya anda juga tidak terlalu lama mengeluarkan kartu tersebut dari dompet anda. Terutama jika anda sedang melakukan pembayaran di kasir.

  • Jangan bagikan informasi kartu anda pada siapapun

Kata siapapun disini termasuk orang tua, saudara, teman atau pacar. Karena mereka mampu membobol kartu anda meskipun hanya melalui nomor seri kartu anda.

  • Hati Hati dengan phishing dan skimming

Phishing adalah tindakan dari pihak yang tidak bertanggung jawab yang memancing anda untuk memberikan data pribadi anda. Menurut pengalaman penulis, Phishing terjadi pada jam jam istirahat atau saat saat umumnya anda sudah tidak fokus seperti jam tiga sore keatas atau malam hari jam 8 malam keatas.

Sedangkan skimming adalah tindakan merekam nomor kartu kredit anda ketika anda sedang melakukan transaksi normal. Biasanya tindakan ini ditemukan di ATM atau kalau di Luar Negeri bisa juga ditemukan di Pom Bensin.

Cara hati hati untuk mencegah keberhasilan Phishing menurut penulis adalah:

    • Pastikan anda yang memberikan data pribadi anda kepada pihak yang anda telepon;
    • Kenali ciri ciri Phishing. Ciri cirinya antara lain adalah menelpon dengan nomor pribadi dan bukan nomor kantor, berlogat kental saat berbicara, mendorong kita untuk bertindak dengan tergesa gesa, menelpon diluar jam kerja atau didalam jam kerja tapi sore hari, mengawali pembicaraan tidak dengan perkenalan diri dan posisi di perusahaan;
    • Pastikan anda mengetahui informasi yang berkaitan dengan akun bank anda melalui laman bank terkait dan tidak dari email atau SMS yang seolah olah berasal dari pihak bank atau institusi tertentu;
    • Beberapa provider saat ini telah menyediakan fitur untuk mengecek nomor penipuan;
    • Selain nomor hand phone anda juga bisa mengecek nomor rekening sesorang apakah rekening tersebut termasuk rekening yang pernah dilaporkan sebagai rekening penipuan atau tidak.

Sementara itu untuk tindakan skimming pastikan sebelum anda bertransaksi disebuah ATM atau Pom Bensin anda sudah mengamati sekitar dan tidak menemukan hal hal aneh. Umumnya alat skimming dipasang cukup dekat dengan tempat penggesekan kartu sehingga data kartu dapat direkam dengan jelas.

  • Sobek laporan tagihan kartu kredit dan rekening koran anda

Kedua dokumen tersebut umumnya mencantumkan data nasabah seperti nomor rekening, nama pemilik rekening dan saldo. Oleh karena itu setelah memperoleh informasi yang anda butuhkan, pastikan anda menyobek kedua laporan tersebut atau membakarnya sehingga tidak ada penipuĀ  yang mengambil keuntungan dari sampah rumah tangga anda.

  • Segera blokir kartu anda jika kartu tersebut hilang

Salah satu tindakan pertama yang harus anda lakukan ketika dompet anda beserta isinya hilang atau terselip adalah dengan menelpon pihak bank penerbit kartu dan meminta pihak bank untuk segera memblokir kartu tersebut. Tujuannya adalah untuk mencegah ada transaksi yang dilakukan di luar kendali anda oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

  • Amati laporan tagihan bulanan dan rekening koran anda

Pastikan anda tidak menemukan pengeluaran lain yang sebenarnya tidak anda lakukan. Tindakan ini adalah satu cara untuk mendeteksi adanya pencurian di kartu kredit anda atau tidak.

Apabila anda menemukan pengeluaran yang mencurigakan, segera lapor kepada pihak bank agar anda bisa mengetahui rincian pengeluaran terkait dan atau memblokir kartu anda.

  • Buat password anda sulit

Akhir akhir ini customer service di beberapa bank mengingatkan nasabah agar tidak menggunakan tanggal lahir mereka sebagai password baik untuk kartu debit maupun kartu kredit. Karena jika data anda dapat di akses oleh pencuri, biasanya informasi mengenai tanggal lahir turut didalamnya.

Selain dengan tidak menggunakan tanggal lahir sebagai password, pastikan password anda juga sulit untuk dihafal. Sehingga pencuri baik yang melalui mesin atau trik lain tidak mudah menghafal password anda.

  • Hati hati dalam menggunakan kartu kredit untuk transaksi online

Dengan perkembangan teknologi seperti ini, pencuri bisa saja membobol kartu anda melalui teknologi juga. Salah satu caranya adalah meretas komputer anda menggunakan virus atau meretas jaringan wifi anda.

Jadi berhati hatilah saat menggunakan kartu kredit untuk transaksi daring. Pastikan gawai anda bebas virus dan gunakan wifi yang sekiranya aman saja untuk anda bertransaksi.

Hal hal diatas adalah tips tips yang dapat anda gunakan untuk mencegah kartu kredit dan atau kartu debit anda dibobol. Perlu anda ingat bahwasanya sama seperti halnya pengguna teknologi biasa seperti anda dan saya, pencuri pun menggunakan teknologi untuk hal hal yang tidak bertanggung jawab. Jadi kita tetap perlu hati hati. Selamat Mencoba!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara mengantisipasi dan mencegah pembobolan kartu kredit, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Menghitung Marginal Cost untuk Menentukan Keuntungan Maksimal
10 Kesalahan Umum Pengguna Kartu Kredit
Apa Beda Kartu Kredit dan Kartu Debit?
Ini Lho, 18 Cara Agar Tidak Miskin
13 Cara Membuang-membuang Uang
Teknik untuk Mencegah Pemalsuan Uang dan Fitur yang Tidak Ada di Uang Palsu
Apa itu Cash Advance? Definisi Cash Advance
Melunasi Kartu Kredit Dengan KTA (Kredit Tanpa Agunan)?
20 Cara Mengurangi Pengeluaran saat Belanja
Mengenal Kartu Kredit AEON


Bagikan Ke Teman Anda