Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ciri-ciri Orang Yang Hidup Sederhana

Semua orang tentu ingin hidup bahagia. Kunci untuk meraih kebahagiaan ada banyak macamnya, salah satunya dengan hidup yang sederhana. Orang yang hidup sederhana selalu bisa bersyukur dengan apa yang mereka miliki, meskipun tidak serba berlebih.

Lalu, apakah kamu termasuk orang yang hidup dengan sederhana? Cek dulu ciri-cirinya berikut ini, mana yang paling cocok denganmu!

  • Tidak tergiur budaya konsumerisme

Budaya konsumerisme sedang menjadi isu di seluruh dunia. Banyak orang tidak segan untuk menjadi konsumtif dengan membeli barang-barang mewah secara berlebihan meski tidak dibutuhkan.

Jika kamu tidak pernah tergiur untuk hidup konsumtif, itu artinya kamu adalah orang yang sederhana. Kamu cenderung menghindari kemewahan yang tidak perlu, tidak menghamburkan uang, dan selalu mengedepankan prioritas.

  • Melepaskan segala hal yang membuatmu tidak bahagia

Disadari atau tidak, kadang kita sulit melepaskan sesuatu, padahal hal tersebut tidak memberikan kita kebahagiaan. Sebut saja seperti hubungan dan pekerjaan.

Orang yang hidup secara sederhana juga memiliki pola pikir yang sederhana. Mereka mau melepaskan segala sesuatu yang membuat mereka tidak bahagia. Bagi orang yang sederhana, ketenangan hati jauh lebih penting dalam hidup mereka melebihi apapun.

  • Bersyukur dengan apa yang dimiliki

Sifat manusia adalah tidak pernah puas dan selalu mengejar sesuatu yang lebih. Di satu sisi, ini adalah sesuatu yang baik karena membuat kamu selalu ingin maju dan berkembang. Namun di sisi lain, sifat ini membuat kamu kurang bersyukur.

Orang yang hidup sederhana mensyukuri apa yang mereka miliki dan tidak pernah membandingkan diri mereka dengan orang lain dan tidak pernah merasa bahwa apa yang dimiliki orang lain jauh lebih baik dari apa yang kamu miliki. Kamu selalu ingin menjadi lebih baik, namun kamu juga bisa mensyukuri hidupmu.

  • Tidak pernah membuang waktu

Waktu adalah sebuah kemewahan yang tidak bisa terulang kembali. Karena itulah kamu selalu memanfaatkan waktumu untuk hal-hal yang berguna. Kamu tidak akan membuang waktu untuk hal yang tidak memberikan pengaruh positif dalam hidupmu.

Orang yang hidup sederhana tahu apa yang menjadi prioritas mereka dan selalu menjadikan prioritas tersebut keutamaan dalam hidup. Misalnya seperti menghabiskan waktu dengan keluarga, bekerja, dan membahagiakan diri sendiri.

  • Pandai mengelola keuangan

Seorang yang sederhana selalu memastikan bahwa uang yang mereka hasilkan digunakan secara efektif. Inilah mengapa mereka cenderung berhemat dan mampu mengelola keuangan dengan baik.

Orang yang hidup secara sederhana mementingkan kebutuhan pokok, menabung untuk masa depan, dan menghindari utang sebisa mungkin. Mereka juga tidak suka berfoya-foya, namun tetap bisa bersenang-senang secukupnya.

  • Memilih kualitas dibandingkan harga

Menjalani hidup dan sederhana dan berhemat bukan berarti kamu lebih suka membeli segala sesuatu yang murah tanpa memperhatikan kualitasnya. Justru orang sederhana suka membeli barang yang harganya sedikit mahal, namun kualitasnya terjamin dan bisa dipakai dalam waktu lama. Bagi mereka, membeli satu barang yang awet lebih hemat dibandingkan dengan membeli barang murah, namun mudah rusak setelah beberapa waktu.

  • Mengendalikan hidup, bukan sebaliknya

Mengendalikan hidup artinya adalah mampu menguasai dan mengelola semua aspek yang ada dalam hidup. Mulai dari keuangan, hubungan, dan kesehatan. Karena bagi orang yang sederhana, ketiganya adalah prioritas yang paling penting.

Mereka tidak hanya mampu mengelola keuangan dan menjalin hubungan yang sehat, namun juga bisa menjaga kesehatan dengan baik. Termasuk menjalani hidup sehat dan berolahraga adalah ciri orang yang hidup sederhana lho!

  • Menjaga hubungan baik dengan orang terdekat

Menjaga hubungan baik dengan orang terdekat yang kamu sayangi akan membuat hidupmu bahagia. Hal ini juga disadari oleh orang-orang sederhana. Mereka akan meluangkan waktu untuk pasangan, keluarga, dan sahabat yang berarti bagi mereka. Baik itu dengan bertemu secara langsung atau sekedar bertelepon.

Dengan demikian kamu juga tahu bahwa masih banyak orang yang menyayangi dirimu. Memiliki support system yang kuat sangat penting dalam hidup seseorang.

  • Terus belajar dan menambah ilmu

Selain waktu, ilmu dan pengetahuan adalah hal yang sangat berharga bagi orang yang sederhana. Mereka tidak merasa cukup memiliki pengetahuan, sehingga tidak segan untuk bertanya dan belajar.

Meskipun mereka sibuk dengan pekerjaan atau aktivitas lain, mereka akan tetap meluangkan waktu untuk mempelajari hal yang baru. Apa kamu juga demikian? Jika iya, maka kamu termasuk orang yang sederhana dan tahu mana yang penting bagi hidupmu!

  • Tidak mudah terbawa emosi

Tidak semua orang pandai mengendalikan emosi mereka. Padahal jika kita membiarkan emosi menjadi tidak terkendali, kita cenderung berbuat kesalahan yang nanti disesali. Orang yang bisa mengendalikan emosi mereka adalah orang yang sukses dalam hidup.

Ketika kamu menjalani hidup yang sederhana, kamu bisa mengelola emosimu dengan baik. Ini karena kamu tahu dampak negatif jika kamu membiarkan emosi menguasai dirimu. Sama seperti bagaimana kamu bisa mengelola keuangan dan menjaga kesehatan dengan baik, kamu juga bisa menahan emosimu agar tidak meledak-ledak.

  • Tidak terlalu banyak berekspektasi

Mengapa orang yang hidup sederhana dikatakan bahagia? Karena mereka tidak pernah membiarkan diri mereka berekspektasi terlalu tinggi. Semakin tinggi ekspektasi, maka semakin besar pula kekecewaan yang akan kamu rasakan. Jika kamu sering merasa kecewa, sulit bagi kamu untuk bisa mensyukuri hidupmu.

Itu dia berbagai ciri orang yang hidup sederhana. Menjalani hidup sederhana adalah sesuatu yang bisa kamu latih dan biasakan. Apabila kamu merasa hidupmu kurang bahagia, ada baiknya kamu mencoba cara hidup yang lebih sederhana.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang ciri-ciri orang yang hidup sederhana, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Yang Orang Sukses Lakukan di Umur 20an
Cara Mengajari Anak Hidup Sederhana
Alasan Mengapa Tidak Banyak Orang Memulai Bisnisnya
Apa yang Membuat Orang Tidak Disukai?
Ciri-ciri Orang yang Akan Sukses di Masa Depan
Mengapa Orang Yahudi Bisa Cerdas & Sukses?
10 Orang Terkaya 2019 di Indonesia
Karakter Orang Indonesia Menurut Mochtar Lubis
Ciri-ciri Toko Online Palsu
Berniat Hidup Hemat? Simak Tips Berikut


Bagikan Ke Teman Anda