Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Hal-hal yang Penting Diketahui Oleh Pebisnis

Semua orang rata-rata menghargai sebuah bisnis apabila bisnis itu telah berhasil. Padahal pada kenyataannya, rata-rata bisnis yang berhasil menghabiskan waktu bertahun-tahun dalam masa penuh perjuangan dan kesuraman. Bahkan seorang pernah berkata bahwa untuk memiliki bisnis yang berhasil, seorang pebisnis harus melewati banyak hal, termasuk diantaranya kegagalan, kondisi yang stagnan, hingga kebangkrutan.

Dengan segala tantangan yang akan anda hadapi, apakah anda masih tertarik untuk berbisnis? Jika anda masih tertarik menjadi pebisnis, beberapa hal-hal penting berikut perlu anda ketahui dalam menjalankan bisnis anda.

1. Belajar Setiap Hari

Bisnis bukanlah suatu entitas yang stagnan dan dapat anda biarkan begitu saja ketika anda sudah memulainya. Bisnis bersifat dinamis. Ia dituntut terus berubah menunjukkan perkembangan, pertumbuhan dan progress yang signifikan.

Sebagai pemilik bisnis, anda akan dituntut untuk terus mengikuti perubahan tersebut dengan cara belajar tiada henti. Hari ini bisa jadi anda belajar bagaimana cara membuat produk, esok anda harus belajar bagaimana inovasi produk dilakukan, esoknya lagi anda perlu belajar mengenai marketing, keuangan, hingga sumber daya manusia.

Karena itulah rata-rata pebisnis memiliki otak yang pintar dan pengetahuan yang lebih-karena mereka terus belajar dan melengkapi pengetahuan mereka untuk membuat bisnis mereka terus berjalan secara berkesinambungan.

2. Ide Bagus Belum Tentu Berhasil

Ketika anda memiliki suatu ide yang menurut anda cukup bagus anda aplikasikan pada bisnis anda, jangan terlalu yakin dahulu bahwa ide tersebut pasti berhasil. Lakukan riset terlebih dahulu apakah ide tersebut sudah diterapkan oleh pebisnis lainnya – hal ini penting agar anda tidak dituduh plagiat.

Beberapa pebisnis bahkan bertindak dengan sangat hati-hati dengan cara memberikan ruang dan waktu kepada ide bisnis tersebut apakah memiliki kesempatan yang baik di masyarakat. Salah dua cara yang mereka lakukan adalah dengan terlebih dahulu membuat produk secara limited edition atau mengadakan survei kepada end user sebelum melakukan launching atas ide bagus mereka.

Pada Intinya, seorang pebisnis juga dituntut untuk memiliki insting yang tajam dan kewaspadaan yang tinggi. Mereka tidak buru-buru mengeksekusi suatu ide hanya karena ide tersebut tampaknya bagus untuk dijalankan.

3. Inovasi Tiada Henti

Semua bisnis yang berhasil pasti sangat akrab dengan Inovasi. Google, Iphone, bahkan android terus memperbarui Operating Systemnya dari waktu ke waktu. Blackberry, Nokia dan Fuji Film adalah salah tiga brand besar yang harus undur diri dari kancah persaingan bisnis karena mereka tidak fleksibel dalam melakukan inovasi.

Blackberry bertahan dengan keyboard fisik dan OS asli dikala semua smartphone sudah beralih ke layar sentuh dan Android. Meski saat ini Nokia sudah beralih ke Android, namun brand besar ini sempat jatuh terseok karena mencoba bertahan dengan OS Symbian dikala semua smartphone sudah meninggalkan OS tersebut. Sementara Fuji Film tidak bisa memanfaatkan momen ketika semua kamera digital sudah tidak mencetak foto secara manual.

Dikala sebuah bisnis memutuskan terus bertahan tanpa melakukan inovasi yang berarti, maka ia sama saja dengan menunggu mati.

4. Target Marketing

Dalam menjalankan marketing dan pemasaran, anda harus memiliki target marketing yang jelas dan tertarget. Hal ini sangat penting karena dengan cara tersebut anda dapat menentukan siapa pasar anda, dimana anda akan memasarkannya, dan bagaimana cara produk anda dipasarkan.

Misalnya jika anda memiliki produk sepatu sneakers untuk remaja wanita, maka anda dapat menjadi sponsor dan terlibat pada banyak event yang mengikutsertakan banyak remaja putri. Halaman instagram anda pun sebaiknya tidak membosankan, melainkan penuh dengan warna pastel dan warna terang yang menggambarkan keceriaan.

5. Keuangan yang Baik

Keuangan yang baik merupakan nyawa suatu bisnis. Pastikan bisnis anda memiliki cash flow yang baik, keuangan yang terpantau dengan jelas, dan masalah keuangan yang selalu dapat anda antisipasi.

Pastikan juga anda memiliki sejumlah uang cash yang dapat anda gunakan untuk operasional bisnis anda. Karena sebuah bisnis tetap dapat berjalan tanpa mencetak profit selama waktu tertentu, namun ia memerlukan sejumlah cash yang dapat terus digunakan sepanjang waktu.

6. Buat Customer Bahagia

Pada akhirnya, jangan pernah meremehkan bagaimana pelayanan anda kepada end user. Terutama jika ada banyak produk serupa produk anda di pasaran, maka anda harus membuat customer merasakan menggunakan produk anda lebih baik dari produk lainnya.

Customer yang bahagia akan memberikan impact yang sangat besar bagi pertumbuhan bisnis anda. Kekuatan marketing word of mouth akan anda dapatkan dengan cara memberikan pelayanan yang sangat baik kepada customer. Terlebih saat ini banyak sekali sosial media tempat dimana customer anda bisa langsung memberikan review atau menumpahkan keluh kesah terhadap produk yang mereka gunakan dan layanan yang mereka dapatkan.

Sediakan layanan aftersales yang mumpuni, sehingga ketika customer anda bahagia, mereka tidak akan bisa berpaling dari produk dan brand anda.

7. Tetap Positif

Bisnis memerlukan seorang pemimpin yang selalu berfikir dan bersikap positif, karena bisnis merupakan satu hal yang penuh dengan tantangan. Modal utama selain uang adalah pikiran dan semangat positif dari pebisnis itu sendiri. Pikiran yang positif juga sangat membantu pebisnis tetap kuat untuk bangkit kembali ketika mengalami kegagalan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang hal-hal yang penting diketahui oleh pebisnis, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Ini Dia Beda Pebisnis dan Pengusaha
Tips Penting Menjalankan Bisnis untuk Pebisnis Baru
9 Tips Memajukan Usaha Bagi Pebisnis Pemula
Apa itu Devisa?
Bagaimana Modus Rekrutmen Perusahaan Palsu?
Kesalahan yang Sering Dilakukan di Bandara
Kesalahan Umum Pengusaha UMKM
Definisi Too Big to Fail
Sifat-sifat Umum yang Dimiliki Orang Kaya
Kesalahan Umum Pembeli Rumah Pertama


Bagikan Ke Teman Anda