Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ini Dia Contoh Bank Digital Di Indonesia

Dampak positif dari majunya perkembangan teknologi adalah dengan munculnya tren digitalisasi yang memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi. Hal ini terbukti dengan adanya bank digital yang sudah beroperasi di Indonesia.

Bank digital dikembangan dan didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Di Indonesia ini sendiri, ada sejumlah bank digital yang sudah beroperasi. Untuk itu, dalam artikel kali ini akan kami sebutkan berbagai bank digital di Indonesia yang sudah beroperasi. Namun sebelumnya mari ketahui terlebih dahulu apa itu bank digital.

Pengertian Bank Digital

Bank digital adalah salah satu layanan dari perbankan yang dibuat untuk memaksimalkan pemanfaatan data nasabah dalam upaya melayani nasabah dengan mudah, cepat sesuai dengan kebutuhan para nasabah. Selain itu, bank digital juga bisa dilakukan sendiri oleh nasabah dengan memperhatikan aspek keamanan yang berlaku.

Bank digital merupakan seluruh kegiatan perbankan yang dapat dilakukan dengan penuh menggunakan internet. Selain itu, saat ini juga lebih dimudahkan dengan adanya layanan mobile banking atau internet banking yang lebih memudahkan transaksi. Namun ternyata, kedua transaksi tersebut sangatlah berbeda. Tidak hanya itu saja, ada juga yang menggunakan sms dalam melakukan transaksi perbankan.

Kelebihan dan Kekurangan Bank Digital

Bank digital tentu memiliki banyak kemudahan bagi nasabahnya. Untuk itu, berikut merupakan kelebihan dan kekurangan dari bank digital yang wajib diketahui.

  • Kelebihan

Kelebihan dari adanya bank digital adalah transaksi menjadi lebih mudah, rekening online sangat mudah diakses dimanapun dan kapanpun selama Anda memiliki akses internet. Selain itu, semua hal dapat dilakukan dengan praktis tanpa harus menunggu jam operasional bank buka jika ingin melakukan transaksi secara penuh sehingga layanan online ini bisa lebih mempercepat kegiatan transaksi sehingga tidak perlu lagi Anda melakukan atri ke bank.

  • Kekurangan

Dibalik kelebihan yang cukup banyak, bank digital ternyata tidak luput dari kekurangan. Adapun kekurangan dari bank digital adalah jaringan internet. Apabila jaringan internet Anda bermasalah maka hal ini membuat Anda kesulitan mengakses bank digital Anda.

Contoh Bank Digital Di Indonesia

Setelah mengetahui apa itu bank digital, selanjutnya mari ketahui contoh bank digital yang sudah beroperasi di Indonesia, berikut diantaranya:

1. Jenius

Jenius adalah salah satu aplikasi bank digital yang dirilis PT. Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN) di tahun 2016. Aplikasi jenius memudahkan para nasabah untuk melakukan berbagai transaksi perbankan dan transaksi online lainnya.

Pendaftaran sebagai nasabah jenius cukup mudah, Anda bisa melakukan registrasi melalui akun di aplikasi. Pendaftarannya juga tidak dikenakan biaya atau gratis dengan demikian masyarakat semakin mudah untuk membuka rekening bank tanpa perlu datang ke kantornya secara langsung.

Selain itu, dalam aplikasi ini ada fitur ebrnama Jenius Pay yang dapat dimanfaatkan nasabah untuk melakukan transaksi online dari berbagai rekanan merchant jenis tanpa membutuhkan kartu debit, kartu kredit, transfer antar bank dan lain sebagainya.

2. Wokee

Woke adalah salah satu aplikasi bank digital yang dikembangkan Bank Bukopin sejak tahun 2018. Aplikasi ini memudahkan semua transaksi mulai dari mendaftar sebagai nasabah baru, melakukan transaksi, verifikasi data dan lain sebagainya. Menariknya semua transaksi tersebut gratis.

Aplikasi ini juga memudahkan nasabah untuk melakukan top up saldo OVO, Gopay, LinkAja dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, Wokee juga memudahkan transaksi transfer antar bank, beli pulsa dan lain sebagainya.

3. Digibank

Digibank adalah salah satu aplikasi bank digital milik Bank DBS yang sudah hadir sejak tahun 2018. Aplikasi ini dapat mempermudah proses transaksi apapun mulai dari transfer, membayar tagihan, kartu kredit dan lain sebagainya.

Selain itu, Digibank juga memudahkan nasabahnya untuk melakukan pembayaran saat belanja online. Aplikasi ini bisa dengan mudah di undur di Google Play Store dan Apple App Store.

4. TMRW

TMRW merupakan salah satu aplikasi bank digital milik Bank UOB sejak tahun 2020. Aplikasi ini memudahkan penggunanya untuk membuat kartu kredit melalui aplikasi TMRW ini. Aplikasi TMRW terdiri dari dua produk saat melakukan pendaftarannya, nasabah dapat memilih antara tabungan atau kartu kredit.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang contoh bank digital di Indonesia, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Bancassurance? Definisi Bancassurance
Kartu Kredit Bank Permata
Apa itu Real Interest Rate aka Suku Bunga Riil?
Apa Itu Bank Digital? Penjelasan Dan Contoh Bank Digital Di Indonesia
Perbedaan Transfer Uang Via LLG, RTGS, dan ATM Bersama
Apa itu Bank Investasi? Definisi Bank Investasi
Perbedaan Bank dan Asuransi
Apa Itu Mutual Saving Bank?
Apa Itu Bank BUKU 2? Ini Dia Bank dalam Kategori BUKU 2
Contoh-contoh Credit Card Scam (Penipuan Kartu Kredit)


Bagikan Ke Teman Anda