Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kemampuan yang Harus Dimiliki Entreprenur

Wirausahawan atau entreprenur erat kaitannya dengan wiraswasta. Wiraswasta sendiri bermakna orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodelan operasinya. Nah untuk menjadi seorang entreprenur yang handal jelas harus ada bebarapa hal yang wajib dimiliki.

Dari beberapa sumber yang didapat dari orang-orang yang sukses menjalankan entreprenur-nya, berikut beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang entreprenur.

1. Rasa Ingin Tahu

Para entreprenur sangat lekat dengan rasa ingin tahu. Karena, rasa itu yang mendorong mereka untuk mengobservasi, meneliti, dan mencari tahu lebih dalam terhadap suatu fenomena atau masalah. Biasanya, mereka akan memetakan masalah dan melihat peluang solutif. Tak jarang jika mereka bisa memasarkan sebuah produk dan jasa dari masalah tersebut. Solutif adalah kunci keberhasilan seorang entreprenur.

2. Kreatif

Kreatif itu harga mati, siapa pun bisa memilikinya, termasuk para entreprenur. Biasanya para entreprenur malah memiliki daya cipta dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu lebih baik ketimbang orang-orang pada umumnya. Mereka juga bekerja mengandalkan kecerdasan dan imajinasi. Namun, melatih kreatifitas ini perlu dibantu dengan sering bergaul, mau mendengar, dan pastinya membaca buku ya!

3. Disiplin

Waktu sekolah, siswa diajarkan untuk selalu disiplin. Meski kesannya seperti dongeng dan bualan, ternyata disiplin memang kunci dalam menjalani kehidupan. Disiplin terdiri atas manajemen diri, uang, dan waktu. Selain itu, disiplin diaplikasikan dalam mengatur prioritas dan menentukan konsentrasi pikiran. Disiplin juga dekat dengan menyeleksi lingkungan dan pergaulan. Jadi, disiplin itu bisa membuka tabir kekuatan dan kelemahan dirimu.

4. Komunikatif

Kalau disiplin itu sangat penting, komunikatif tak kalah penting. Pasalnya, bagaimana mau bergaul dengan orang lain tanpa kemampuan bahasa dan adaptasi di lingkungan baru? Komunikatiflah andalannya.

Para entreprenur mampu mengungkapkan pikiran dengan gaya bahasa unik dan asyik. Mampu menceritakan hal-hal abstrak dan sulit ke bahasa yang lebih mudah. Tidak hanya itu, mereka yang komunikatif cenderung berpikiran terbuka dan mau mendengar atas masukan dan obrolan dari orang yang berbeda secara lingkungan, fisik, dan latar belakang hidup.

Komunikatif juga bukan soal mampu berbicara depan umum, tapi juga mampu mengekspresikannya dalam sebuah tulisan. Coba tengok para videografer, diplomat, jurnalis, dan fotografer, mereka mengkomunikasikan ide melalui medium gambar, tulisan, dan video dan orang mudah terpengaruh bukan? Mengasyikkan ya kalau jadi orang komunikatif!

5. Pikiran Terbuka

Para entreprenur tentu harus berpikiran terbuka. Karena mereka hidup saja penuh dengan lika-liku, sehingga harus adaptif, fleksibel, dan dinamis. Boleh saja santai kalau dilihat dari penampilan luar, tapi sebenarnya mereka sedang mengamati lingkungan sekitar.

Mereka yang berpikiran terbuka, mau banyak membaca dan menulis. Kadang, mau mengurai masalah-masalah dengan cara mereka sendiri. Mampu menghargai privasi orang jika itu berkaitan dengan usaha mereka, dan sebagainya. Jika tidak, para entreprenur tidak sanggup mengikuti zaman yang hampir masuk Revolusi Industri 4.0.

6. Inisiatif

Para entreprenur sangat inisiatif. Mereka kadang disebut inisiator, sehingga banyak disebut pengusaha sosial atau social entrepreneur. Terlepas dari itu, kemampuan inisiatif bisa dimiliki semua orang jika memiliki kepekaan sosial tinggi. Ini bisa dilatih kok.

7. Mau Mendengar

Para entreprenur sejatinya orang yang mau mendengar. Karena, ini berkaitan dengan keberlanjutan produk dan jasa. Mau mendengar artinya mau mendengar semua masukan, kritik, dan saran dari berbagai kalangan. Agar mampu mau mendengar, latihlah hati untuk berlapang dada. Berbesar hatilah jika melihat suatu masalah, oke?

8. Percaya Diri

Siapa bilang percaya diri itu sombong? Tidak, percaya diri itu artinya tahu kekuatan dan kelemahan, serta menghargai diri sendiri. Percaya diri pada entreprenur itu hukumnya kudu, karena merekalah yang akan mererpresentasikan diri, produk atau jasa, atau bahkan kebangsaan dan negara.

9. Tekad

Jika kreatif itu harga mati, maka tekad adalah kunci. Tanpa tekad, para entreprenur tidak akan mungkin menembus batas di luar bayangan kebanyakan orang. Bahkan, tidak akan mau berkorban hanya demi mengantarkan pesan atau memasarkan sebuah produk atau jasa.

Tekad itu pilihan, didasari semangat dan strategi tepat.

10. Kompetitif

Para entreprenur atau pengusaha saat ini memang sedang berkompetisi di berbagai bidang. Kemampuan berkompetisi ini diperlukan agar mampu mempertahankan pelanggan, pengguna, atau konsumen sebuah barang dan jasa. Namun, kemampuan ini harus didasari secara sehat. Wajib memperhatikan resiko dan mampu bertanggungjawab jika terjadi kerusakan. Untuk contoh kasus, berikut tes kemampuan kompetitif yang bisa kamu diskusikan.

Sebagai calon entreprenur, apakah kamu bisa mempertimbangkan usaha yang kamu bangun akan merusak lingkungan? Apakah, kemasan plastik dan kertas dalam kemasan bisa kamu daur ulang kembali mengingat kondisi laut sudah rusak dan bahkan sudah masuk dalam air minum dan garam?

Atau, kamu membangun sebuah aplikasi jejaring pertemanan alias media sosial. Kemudian kamu terpikir, bagaimana mengatur privasi data pengguna jika bocor atau server melemah. Bagaimana kamu akan menjamin itu pada pengguna?

Hayo, bagaimana kamu berkompetisi dengan perusahaan lain?

11. Passionate

Di antara 10 poin kemampuan yang harus dimiliki entreprenur, ada satu kemampuan yang membuatmu bertahan sampai jangka waktu tertentu. Kemampuan tersebut yaitu berkeinginan besar terhadap sesuatu. Disebut juga passion, dan orang yang memiliki kemampuan itu dinamakan passionate. Tidak sekedar passion, tetapi juga diwujudkan ya!

Itulah 11 kemampuan yang harus dimiliki entreprenur. Pekerjaan entreprenur itu menantang, jadi siapkanlah kematangan emosi dan mental agar mampu menghadapi masalah dengan bijak.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kemampuan yang harus dimiliki entreprenur, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Perbedaan Reseller vs Dropshipper?
5 Pengusaha Mancanegara yang Sukses Setelah Umur 40 Tahun
Faktor Apa yang Membuat Entrepreneur Sukses?
Apa Pandangan yang Salah Terhadap Entrepreneur?
Resolusi Tahun 2018? Ini Beberapa Cara agar Kemampuan Diri Meningkat di 2018!
7 Kesalahan Entrepreneur Generasi Milineal
Hal Tabu yang Tidak Boleh Dilakukan Entrepreneur
Apa Perbedaan Entrepreneur dengan Intrapreneur?
Orang Seperti Apa yang Seharusnya Tidak Menjadi Enterpreneur
Cara Networking Efektif untuk Entrepreneur Pemula


Bagikan Ke Teman Anda