Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Makan Makanan Sehat dengan Budget Rendah

Beberapa orang menyatakan bahwa sehat itu mahal. Mahal ini sendiri bukan hanya dari harga kesehatan atau biaya untuk berobat jika sakit. Memang itu juga memerlukan biaya yang sangat besar. Namun, untuk membeli makanan yang sehat kita perlu merogoh kocek lebih banyak dari pada kita membeli makanan tidak sehat.

Makanan tidak sehat ini sendiri biasanya tergolong pada beberapa hal, misalnya banyak kandungan micin, memang terasa lebih sedap dan enak, namun, apakah kesedapan ini membuat diri anda tetap sehat? Atau justru jika anda mengkonsumsinya anda memiliki resiko untuk terkena beberapa macam penyakit? Jelas penyakit yang tidak perlu.

Definisi yang lebih jelas mengenai makanan sehat adalah makanan yang kita konsumsi bermanfaat baik untuk diri kita, bukan merusak tubuh.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai bagaimana kita bisa memakan makanan yang sehat, namun tidak perlu mengeluarkan uang yang tinggi atau budget rendah?

Yuk, kita simak tipsnya!

1. Bekukan makanan!

Membekukan makanan anda akan lebih membuat makanan tersebut awet lama, jika ingin jauh lebih lama, anda dapat meletakan di Freezer atas pada kulkas anda. Namun resikonya itu akan membeku hingga menjadi es, anda memerlukan sedikit waktu lebih banyak untuk mencairkan makanan tersebut.

Salah satu cara penghematan adalah membeli buah dan sayuran dengan jumlah yang banyak, apalagi buah – buahan yang tidak ada pada musim tertentu, contohnya: Mangga, manggis, rambutan. Lalu meletakkannya di kulkas bagian atas. Anda perlu membeli juga kantong plastik Zip untuk menyimpannya agar tidak memiliki bau yang tercampur.

Pesan tambahan:

  • Bekukan buah yang segar, jangan buah yang mulai membusuk. Buah yang segar dapat bertahan 1 hingga 1,5 tahun dalam lemari
  • Beberapa cara membekukan:

1. Pisang : Mengupas Kulitnya terlebih dahulu
2. Sejenis beri : Kupas batang dan jangan lupa mencucinya.
3. Apel dan Pir : Beri lapisan air lemon

2. Mencari pengganti kandungan protein yang mahal

Daging memiliki harga yang relatif mahal. Anda bisa mengganti protein daging dengan protein dari ikan. Ikan harganya relatif lebih murah dibanding daging. Selain itu kandungan gizi dalam ikan malah lebih banyak daripada daging dengan jumlah yang sama.

Alternatif lain dari protein hewani adalah protein nabati. Protein nabati bisa diperoleh dari kacang-kacangan, seperti kacang panjang, buncis, kacang tanah, kacang polong dan masih banyak lainnya. Selain kandungan protein yang tinggi, kacang kaya akan protein ini juga rendah lemak dan kolesterol.

Selain kacang, ada pilihan lain untuk menghemat dan kaya akan protein yaitu telur. Telur harganya relatif murah, sehingga bisa dijadikan solusi murah pengganti daging.

3. Membeli buah & sayur lokal

Belilah sayuran dan buah-buahan yang banyak ditanam di daerah anda (Di kota anda atau di provinsi anda). Ini akan membuat anda irit dan memakan makan bergizi. Apalagi jika anda dapat menanam bibit tumbuhan buah itu sendiri, makin bagus, anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi!

Sesuaikan menu makan anda dengan sayuran dan buah–buahan yang ada di daerah anda. Atau masukan menu ini ke dalam resep makan sehat anda. Jika anda pergi ke supermarket, mulai lihat nama dan harga dari barang tersebut. Anda bisa membandingkan, jika anda membeli produk lokal, maka itu akan jauh lebih murah dari pada produk yang harus di terbangkan atau di kirimkan dari luar daerah.

Anda juga dapat memilih sayur dan buah-buahan yang langsung dari perkebunan. Namun buah dan sayur yang langsung dari perkebunan  biasanya kotor dan belum dicuci. Anda hanya perlu berkorban untuk mencuci dan membersihkan buah tersebut.

4. Ubah kebiasaan berbelanja Anda

Mulai sekarang kebiasan berbelanja anda harus berubah. Berikut adalah beberapa tip agar belanja anda sesuai budget:

  • Makan sebelum belanja. Ini akan banyak membuat anda tidak ingin membeli barang lain selain dari pada yang anda butuhkan. Jika anda berbelanja dalam keadaan lapar, maka anda akan memiliki alasan untuk membeli hal yang anda inginkan, bukan butuhkan.
  • Bawa daftar belanjaan anda. Ini akan menuntun anda untuk membeli sesuatu. Anda memiliki tujuan yang jelas dalam supermarket atau pasar sehingga fokuslah pada list belanjaan anda, jangan membeli barang lain di luar list anda.
  • Jangan tertutup untuk hal baru. Jangan menutup diri anda untuk tidak mau mencoba merek baru atau barang alternatif lainnya yang memiliki harga jauh lebih murah.
  • Berbelanja sendiri tanpa membawa anak. Jika anda memiliki anda, jangan bawa anda berbelanja, sebab pasti mereka ingin membeli banyak hal, supermarket bagaikan surga mereka juga.

Demikian adalah beberapa cara untuk membuat anda makan makanan sehat namun dengan harga yang relatif murah. Anda bisa coba terapkan hal ini pada diri anda. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang makan makanan sehat dengan budget rendah, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Orang Kaya Lebih Hemat Daripada Orang Miskin
Stop Boros! Tanyakan Hal Ini Sebelum Anda Membeli Suatu!
Perubahan Gaya Hidup yang Menghemat Uang
Cara Menghemat Biaya Pengeluaran di Rumah
Apa itu Budget dan Budgeting? Definisi Budget dan Budgeting
Tip Makan Buffet (All You Can Eat) Agar Tidak Rugi
Tip Menghemat Biaya Perkawinan/Pernikahan
Apa Beda antara Pelit dan Hemat?
Trik Menghemat Uang Saat Traveling
Apa itu Gaya Hidup “Creep” dan Bagaimana Menghindarinya


Bagikan Ke Teman Anda