Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Menghemat Biaya Pengeluaran di Rumah

Mungkin pembaca ada yang memperoleh gaji yang kecil dan merasa tidak cukup untuk pengeluaran sehari-hari rumah tangga. Apalagi bagi mereka yang mendapat upah mingguan, dan ketika ada hari libur panjang tidak mendapatkan upah, pasti merasa kurang terus.

Apalagi ketika ada libur panjang seperti hari raya, ketika beberapa perusahaan meliburkan karyawannya selama 1 minggu. Dan karena upah anda mingguan, maka pendapatan perbulannya menjadi berkurang. Nah daripada mencari pekerjaan lain di sela libur anda, lebih baik anda beristirahat bukan?

Jika anda mengalami hal yang sama, maka anda berada di tempat yang tepat. Saya akan membawakan artikel mengenai bagaimana memotong biaya pengeluaran rumah tangga bagi yang berpendapatan kecil?

Sebenarnya ini adalah trik dasar. Namun kita bahas lebih mendalam mengenai hal ini.

Berikut beberapa cara untuk mengurangi biaya rumah tangga anda;

  • Potong TV Kabel

Anak zaman sekarang memiliki kecenderungan untuk lebih bermain HP daripada menonton  TV. Anak zaman sekarang lebih memilih mendapat hiburan lewat internet, daripada menonton TV. Karena itu potong TV kabelnya dan ganti dengan paket internet yang lebih murah.

Tidak usah menonton TV karena kita juga sudah bisa mendapatkan berbagai hal dari internet. Malah dari internet informasi jauh lebih lengkap dari pada TV.

Memotong TV kabel akan membuat pengeluaran anda berkurang. Anda harus mencobanya, seberapa bergunanya sih TV di jaman ini?

  • Berhenti memakan makanan di luar, berpuasalah jika perlu

Hindarilah membeli makan dari restoran, harga makan di restoran tentu mahal. Bila sering makan di restoran tentu banyak uang yang akan keluar.

Jika anda memiliki uang lebih, jangan pula menggunakan uang tersebut untuk memesan makanan dari luar. Bukan hanya karena kebersihan tidak terjamin, namun makanan dengan hasil olahan sendiri lebih hemat dan terjamin gizinya.

Sekarang contohnya adalah membeli sayur, di Pasar sayur hanya 1500/ikat itu pun bisa kita makan 2 kali. Jika anda membeli makanan diluar dengan hasil langsung jadi, maka anda akan membayar setidaknya 10.000 sekali makan.

Jika anda menghitung dan membeli bahan dasar yang sama, anda cukup mengeluarkan 3.750 untuk sekali makan. Bukankah anda dapat lebih menghemat dan memotong biaya makan anda.

Nah bila perlu, mungkin anda bisa berpuasa dengan melewatkan makan di hari-hari tertentu. Namun berpuasa ini tidak dianjurkan untuk semua orang, jangan dilakukan ketika lagi sakit; lakukan puasa bila dalam keadaan terdesak saja.

  • Kurangi tagihan listrik dan air

Jika pada musim panas listrik tidak bisa dikurangi karena harus memakai AC dengan sangat keras, maka belilah AC teknologi terbaru. AC teknologi terbaru terbukti lebih hemat energi dan cepat dingin.

Jangan lupa ganti lampu rumah dengan teknologi LED yang terbaru. Lampu LED dengan intensitas cahaya yang sama, terbukti lebih hemat dibanding lampu pijar atau lampu neon.

Selain itu jangan lupa matikan segala macam listrik jika tidak di gunakan, misalnya mematikan lampu dapur jika anda tidak memakai daput. Hal kecil yang di lupakan terkadang membuat pengaruh besar dalam menabung kita.

Dengan memakai listrik secara wajar, maka itu tidak menjadi sebuah masalah untuk keuangan anda. Ini adalah cara yang paling berefektif dalam memperketat pengeluaran anda selama masa liburan datang.

  • Berhenti berlangganan koran dan majalah

Kepada kalian yang masih berlangganan koran dan majalah, berhentilah berlangganan! Langganan ini akan membuat pengeluaran anda keluar banyak. Walaupun anda mengatakan hanya Rp. 3000 saja, namun, jika itu terjadi terus menerus dalam 1 bulan anda dapat menabung untuk anda gunakan keperluan lain.

Pakailah media berita online untuk membaca berita, seperti sekarang kita memiliki detik.com, liputan6.com, kompas.com, dan masih banyak lainnya.

Sekarang jamannya online, kita bisa dapat informasi dengan cepat dan murah.

  • Pakai semua peralatan anda di rumah untuk mencari hiburan

Jika anda anak muda atau pasangan baru, pastinya anda sering pergi ke bioskop untuk menonton film terbaru dan pastinya membutuhkan biaya yang banyak untuk menontonnya. Lebih baik anda berlangganan platform online seperti HOOQ, NetFlix, dan lainnya. Walaupun tidak bisa langsung nonton jika film lagi populer, kita bisa bersabar demi pengeluaran yang hemat.

Anda bisa nonton lewat komputer, bisa anda sambungkan ke TV; menjadi lebih mudah kan sekarang? Tidak perlu ke bioskop. Anda cukup membeli makanan kecil untuk bersantai sambil menonton.

Selain itu anda juga bisa memanfaatkan bermain Board Game di rumah anda, panggil teman anda. Atau anda bisa bermain dengan suasana yang anda inginkan juga, misalnya membangun tenda di halaman rumah anda, seakan anda sedang pergi di tengah hutan dan banyak lainnya.

Demikian adalah beberapa cara untuk memotong biaya pengeluaran agar menjadi lebih hemat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara menghemat biaya pengeluaran di rumah, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



6 Jenis Biaya yang Semestinya Bisa Dihindari
Tip Hidup Hemat dan Tidak Boros
Kesalahan Umum Pembeli Rumah Pertama
Berniat Hidup Hemat? Simak Tips Berikut
Biaya Tambahan yang Bisa Anda Hemat
Ingin Membeli Rumah Idaman? Ikuti Langkah-Langkah Berikut Ini!
Mengapa Banyak Orang Tidak Punya Tabungan?
Beberapa Biaya yang Tidak Perlu & Bisa Kita Hindari
Ini Dia Tips Cara Menghemat Ongkos Traveling
Cara Membiayai Kuliah dan Hidup di Luar Negeri


Bagikan Ke Teman Anda